Pahama

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Pahama adalah nama dari vokal grup asal Bandung. Nama yang merupakan akronim dari nama belakang para personel utamanya. Formasi baru dari grup ini terdiri dari Raymond Pattirane, Jefferey Pattirane, Denny Hatami, Bram Manusama, I Ketut Riwin, Dianne Carruthers, dan Ary Malibu. Pada tahun 1976 grup yang bergaya musik folk/ pop ini menjadi juara nasional Bintang Radio dan TV remaja berkat membawakan lagu " Pergi untuk Kembali" karya Minggoes Tahitu dan sebuah lagu rakyat Maluku "Waktu Hujan Sore - Sore".[1]

Selain nama Pahama mereka juga sering disebut sebagai Bimbo Ambon. Mengapa disebut demikian? Mungkin memang karena personelnya dominan orang Ambon, dan juga gaya musik mereka yang dinilai mirip dengan kelompok Bimbo. Tak heran, ayah Raymond, John Pattirane merupakan guru vokal ternama yang ada di Bandung yang telah sukses menggembleng Bimbo. Dengan alasan- alasan yang telah disebutkan tadi, maka bukan suatu kebetulan jika Pahama dan Bimbo memiliki "kekerabatan" tersendiri, hingga akhirnya Bimbo mau memproduseri album perdana mereka yang bertajuk Pahama Vol 1. Keistimewaan Pahama terletak pada teknik pembagian vokal yang detail dan akurat. Pantas saja jika album mereka ini masuk peringkat 108 dalam kategori 150 Album Indonesia Terbaik versi Rolling Stone edisi 31 Desember 2007.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Nugroho, Kelik M. (2015). Almanak Musik Indonesia 2005-2015. Jakarta: Yayasan Tali Kemanusiaan. hlm. 144. ISBN 978-602-73654-0-7.