Nanti Kita Cerita tentang Hari Ini (film)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Nanti Kita Cerita tentang Hari Ini
Poster Nanti Kita Cerita tentang Hari ini
Poster film
SutradaraAngga Dwimas Sasongko
ProduserAnggia Kharisma
Skenario
Berdasarkan
Nanti Kita Cerita tentang Hari Ini
oleh Marchella FP
Pemeran
Penata musikOfel Obaja Setiawan
SinematograferYadi Sugandi
PenyuntingHendra Adhi Susanto
Perusahaan
produksi
DistributorNetflix
Tanggal rilis
  • 2 Januari 2020 (2020-01-02) (Indonesia)
Durasi121 menit
NegaraIndonesia
BahasaBahasa Indonesia
Pendapatan
kotor
Rp90,3 miliar

Nanti Kita Cerita tentang Hari Ini (Inggris: One Day We'll Talk About Today) adalah film drama keluarga Indonesia tahun 2020 yang disutradarai oleh Angga Dwimas Sasongko. Film ini diadaptasi dari novel berjudul sama karya Marchella FP. Film ini dibintangi oleh Rachel Amanda, Rio Dewanto, Sheila Dara, Donny Damara, dan Susan Bachtiar.[1] Awalnya film ini ditayangkan pada 9 Januari 2020,[2] tetapi dipercepat menjadi 2 Januari 2020.[3] Film ini ditayangkan juga di Netflix pada 23 Mei 2020.

Alur[sunting | sunting sumber]

Angkasa (Rio Dewanto), Aurora (Sheila Dara), dan Awan (Rachel Amanda) adalah kakak beradik yang hidup dalam keluarga yang tampak bahagia. Setelah mengalami kegagalan besar pertamanya, Awan berkenalan dengan Kale (Ardhito Pramono), seorang cowok eksentrik yang memberikan Awan pengalaman hidup baru, tentang patah, bangun, jatuh, tumbuh, hilang, dan semua ketakutan manusia pada umumnya. Perubahan sikap Awan mendapat tekanan dari orang tuanya. Hal tersebut mendorong pemberontakan ketiga kakak beradik ini yang menyebabkan terungkapnya rahasia dan trauma besar dalam keluarga mereka.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Pemeran Peran
Rachel Amanda Awan Narendra Putri
Rio Dewanto Angkasa Narendra Putra
Sheila Dara Aurora Narendra Putri
Donny Damara Narendra
Susan Bachtiar Ajeng
Oka Antara Narendra muda
Niken Anjani Ajeng muda
Ardhito Pramono Kale
Agla Artalidia Lika
Alleyra Fakhira Kurniawan Awan Narendra Putri remaja
Sinyo Riza Angkasa Narendra Putra remaja
Nayla D. Purnama Aurora Narendra Putri remaja
M. Adhiyat Angkasa Narendra Putra kecil
Syaqilla Afiffah Putri Aurora Narendra Putri kecil
Isyana Sarasvati Anak Awan (tahun 2047)
Gween Natusha Ellvania Bayi Awan Narendra Putri
Umay Shahab Uya
Sivia Azizah Revina
Chicco Jerikho Anton Irianto
Joe P Project Pak Rifai
Arswendi Nasution Dokter Bambang
Khiva Iskak Pelatih renang
Farishad Latjuba Bang Ator
Tegar Satrya Jovan
Ruth Marini Ibu Ina
Dayu Wijanto Suster
Gary Iskak Montir
Monica Hapsari Penampilan khusus
Amalia Wirjono
ARAH (Tanta Ginting, Roy Sungkono, Gilbert Pohan, Azizah Hanum)
Hindia
Bagaskara Aji Rifai Dani (tidak tertulis di kredit)
M. Daffa Marshal Teman Kale (tidak tertulis di kredit)

Produksi[sunting | sunting sumber]

Pada 11 Februari 2019, Visinema mengumumkan akan mengalihwahana novel Nanti Kita Cerita tentang Hari Ini menjadi film berjudul sama.[1] Angga Dwimas Sasongko diumumkan menjadi sutradara film ini. Jenny Jusuf yang terlibat dalam penulisan naskah skenario ini merupakan sosok di balik sejumlah film yang cukup sukses seperti Filosofi Kopi dan Critical Eleven. IDN Media, Blibli.com, dan XRM Media ikut terlibat dalam produksi film ini sebagai produser eksekutif.[4] Pemeran film ini diumumkan pada 7 Agustus 2019.[5]

Penayangan[sunting | sunting sumber]

Pada 14 Juli 2019, film ini direncanakan ditayangkan pada Januari 2020. Pada November, tanggal pasti penayangan film diumumkan pada 9 Januari 2020,[6] yang kemudian dimajukan ke 2 Januari 2020 beberapa minggu kemudian.[3]

Pemasaran[sunting | sunting sumber]

Trailer film ini diluncurkan pada 13 Desember 2019.[7]

Penerimaan[sunting | sunting sumber]

Pencapaian[sunting | sunting sumber]

Pada hari pertama, Nanti Kita Cerita tentang Hari Ini ditonton sekitar 118 ribu penonton di 261 layar; pencapaian ini menyebabkan jumlah layar meningkat hingga hampir dua kali lipat, tepatnya sekitar 500 layar.[8] Hingga hari kedua, film ini ditonton sekitar 275 ribu penonton. Pada akhir pekan pembukaan pertama, film ini ditonton 446.089 penonton dan 568.332 penonton. Hingga hari kelima, film ini ditonton 720 ribu penonton. Hingga hari keenam, film ini ditonton 850 ribu penonton. Hingga hari ketujuh, film ini ditonton 1 juta penonton, sehingga menjadi film Indonesia pertama yang berhasil menyentuh angka sejuta penonton. Hingga hari kedelapan, film ini ditonton 1,082 juta penonton. Hingga hari kesembilan, film ini ditonton 1,195 juta penonton. Pada akhir pekan kedua, film ini ditonton 1,34 juta penonton. Hingga hari keduabelas, film ini ditonton 1.546.136 penonton. Hingga hari ketigabelas, film ini ditonton 1.626.828 penonton.[9] Hingga hari ke-20, film ini ditonton lebih dari 2 juta orang dan menjadi film Indonesia terlaris pertama di sepanjang 2020.[10] Hingga saat ini, film ini ditonton 2.256.908 orang dan menduduki posisi kedua film Indonesia terlaris 2020, setelah Milea: Suara dari Dilan (3.157.817 penonton).

Tanggapan[sunting | sunting sumber]

Penilaian profesional
Skor ulasan
Sumber Nilai
Cultura 4/5 stars[11]

Arnidhya Nur Zhafira dari Antara memuji penokohan yang sangat kuat dari seluruh aktor utama, sehingga menimbulkan kedekatan bagi penonton.[12] Rieska Utami yang menulis untuk Cultura memuji sutradara, penulis naskah, aktor, dan aktris karena melakukan peran dengan baik sehingga bait-bait puisi dalam novel dapat disampaikan dengan luwes.[11]

Soundtrack[sunting | sunting sumber]

Seri web dan Sempalan[sunting | sunting sumber]

Seri web[sunting | sunting sumber]

Rumah Produksi Visinema mengeluarkan web series Nanti Kita Cerita tentang Hari Ini (NKCTHI). Sutradara Angga Dwi Sasongko mengatakan web series ini merupakan prolog dari kisah besar yang ada di film NKCTHI.Dalam serial ini, ceritanya merupakan setelah filmnya. Jadi bukan prekuelnya.

Dari segi penggarapan, Angga mengatakan pendekatan untuk membuat film dan web series mengambil jalur berbeda. Film berangkat dari karakter. Dalam series, tema satu episode diambil dari satu halaman (kutipan). Jadi setiap cerita ditutup dengan quote.Ada tiga halaman kutipan dipakai dalam series sebagai tema. Tapi, ada beberapa kutipan di halaman lain yang dijadikan dialog.

Pemeran Awan, Rachel Amanda mengatakan pembawaannya di web Series NKCTHI lebih dewasa dari di film.

Serial web yang diproduksi oleh Visinema Pictures dan Toyota. Serial web ini ditayangkan perdana pada 27 Oktober 2019 di YouTube. Film Nanti Kita Cerita tentang Hari Ini Ini menayangkan versi web series terlebih dahulu sebelum rilis filmnya pada 2020 dan diangkat dari buku best-seller Marchella FP dengan judul sama yang pertama kali terbit pada tahun 2018.

Spin off[sunting | sunting sumber]

Film Nanti Kita Cerita tentang Hari Ini yang diadaptasi dari buku best seller karya Marchella FP yang tayang Januari lalu berhasil meraup lebih dari 2 juta penonton.Film ini juga menuai respon positif dari kalangan kritikus film. Hal ini dibuktikan dengan sejumlah penghargaan yang diraih film tersebut.

Di ajang Indonesia Movie Awards 2020 beberapa waktu lalu, Ardhito Pramono berhasil meraih penghargaan sebagai Pemeran Pendatang Baru Terfavorit melalui perannya sebagai Kale di film Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini.

Tak lama berselang, pengumuman spin off film Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini pun diumumkan ke sosial media.[13]

Sekuel[sunting | sunting sumber]

Jalan yang Jauh, Jangan Lupa Pulang[sunting | sunting sumber]

Sekuel berjudul Jalan yang Jauh, Jangan Lupa Pulang resmi diumumkan lewat akun Instagram resmi pada 7 November 2022, dan rilis pada 2 Februari 2023 di Indonesia.

Film ini berlatar belakang di London dan berfokus kepada Aurora.

Hari Ini Akan Kita Ceritakan Nanti[sunting | sunting sumber]

Film ke-lima sekaligus film terakhir dari seri NKCTHI akan tayang tanggal 27 Juli 2023 di Netflix.

Film ini berfokus pada Angkasa dan Narendra.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b "Buku Nanti Kita Cerita tentang Hari Ini akan dijadikan film". Antaranews.com. 11 Februari 2019. Diakses tanggal 1 Januari 2020. 
  2. ^ Rosary, Regina Kunthi (14 November 2019). Pramantie, Caroline; Sadino, Anissa, ed. "Film Nanti Kita Cerita tentang Hari Ini Tayang 9 Januari 2020". Kumparan. Diakses tanggal 14 November 2019. 
  3. ^ a b "Jadwal Rilis Film NKCTHI Angga Dwimas Sasongko Dimajukan". Detik. 26 November 2019.  [pranala nonaktif permanen]
  4. ^ Subangkit, Windari. "Diangkat dari Buku Best Seller, Simak 5 Fakta Unik Film NKCTHI". Popbela.com. Diakses tanggal 2020-02-20. 
  5. ^ "Rachel Amanda hingga Putri Marino Bintangi Film Adaptasi NKCTHI". Kumparan.com. 7 Agustus 2019. Diakses tanggal 1 Januari 2020. 
  6. ^ Rosary, Regina Kunthi (14 November 2019). Pramantie, Caroline; Sadino, Anissa, ed. "Film Nanti Kita Cerita tentang Hari Ini Tayang 9 Januari 2020". Kumparan.com. Diakses tanggal 14 November 2019. 
  7. ^ Yuniar, Nanien (13 Desember 2019). "Nanti Kita Cerita tentang Hari Ini (NKCTHI) rilis trailer baru". Antara. Diakses tanggal 13 Desember 2019. 
  8. ^ Tionardus, Melvina (3 Januari 2020). Setuningsih, Novianti, ed. "Banjir Peminat, Film NKCTHI Tambah Layar di Bioskop, Jadi Dua Kali Lipat". Kompas.com. Diakses tanggal 3 Januari 2020. 
  9. ^ Saputra, Aditia (16 Januari 2020). "NKCTHI Menjadi Film Indonesia dengan Jumlah Penonton Terbanyak di Awal 2020". Liputan 6. Diakses tanggal 16 Januari 2020. 
  10. ^ Diananto, Wayan (22 Januari 2020). "Film NKCTHI Akhirnya Tembus 2 Juta Penonton". Liputan 6. Diakses tanggal 23 Januari 2020. 
  11. ^ a b Utami, Rieska (3 Januari 2020). "Nanti Kita Cerita tentang Hari Ini Review". Diakses tanggal 3 Januari 2020. 
  12. ^ Zhafira, Arnidhya Nur (21 Desember 2019). "NKCTHI, film keluarga untuk kita berkaca". Antara. Diakses tanggal 21 Desember 2019. 
  13. ^ "Story of Kale Siap Dirilis tapi Nggak Tayang di Bioskop, Trus Nonton Dimana?". USS Feed. 2020-09-09. Diakses tanggal 2020-09-15. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]