Museum Kerang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Museum Kerang adalah salah satu museum yang ditetapkan sebagai lembaga konservasi dalam bentuk sebuah museum zoologi.

Museum ini dikelola oleh Oentoeng Sutomo kepada CV. Bali Shell Museum. Museum ini terletak di Jl. Sunset Road 819, Br. Abian Base, yang terletak di kecamatan Kuta, Kabupaten Badung, Provinsi Bali. Museum Kerang berdiri sejak tahun 2009 dan ditetapkan sebagai museum zoologi melalui SK Menteri Kehutanan Republik Indonesia No. SK.630/Menhut-II/2010 tanggal 11 November 2010. Museum ini menempati luas sekitar 1.500 m2, pengunjung dapat melihat ribuan jenis koleksi kerang yang berada di Indonesia. Museum ini dibagi menjadi tiga lantai.

Lantai pertama berisi pajangan dinding, lampu dan pernak pernik berbahan dasar kerang. Pada bagian lantai dua dan tiga terdapat berbagai koleksi kerang dalam berbagai ukuran dan umur, kerang-kerang tersebut diambil dari perairan Indonesia dan ada juga beberapa dari luar Indonesia. Bahkan di museum ini juga menyimpan koleksi fosil Orthoceras (kerang panjang berbentuk pipih) yang terkenal serta diperkirakan telah berumur 395 juta tahun. Sedangkan pada lantai tiga juga dilengkapi dengan beberapa koleksi fosil aneka jenis bulu babi, hiu, bintang laut, dan lain-lainnya.[1]

Museum Kerang memiliki beberapa fasilitas, seperti perpustakaan, ruang administrasi, penyimpanan koleksi, ruang pamer tetap, ruang pamer temporer, toilet, dan tempat parkir.

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ DIREKTORI MUSEUM INDONESIA. Jakarta: Sekretariat Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementrian Pendikan dan kebudayaan. 2012. hlm. 504–507.