Museum Huta Bolon Simanindo

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Museum Hutabolon)
Suasana kompleks Museum Huta Bolon, Simanindo pada tahun 1993.

Museum Huta Bolon Simanindo merupakan rumah tradisional Batak warisan dari Raja Sidauruk sejak tahun 1969. Museum ini terletak di Desa Simanindo, Kecamatan Simanindo, Kabupaten Samosir, Provinsi Sumatera Utara.

Koleksi[sunting | sunting sumber]

Koleksi di museum ini terdiri dari sejumlah rumah tradisional dengan Huta Bolon Simanindo sebagai pemiliknya. Koleksinya berupa peninggalan leluhur orang batak dari Samosir yang terdiri antara lain parhalaan, pustaha laklak, tunggal panaluan dan solu bolon.

Waktu kunjung museum[sunting | sunting sumber]

Waktu kunjungan museum setiap hari dari pukul 09.00 -17.00. Tiket masuk museum untuk desawa dan anak-anak sama seharga Rp 30.000,- per orang. Jarak tempuh untuk menuju museum berbeda-beda. Dari Bandara Polonia Medan sejauh 210 km, dari Pelabuhan Laut Belawan sejauh 260 km, dari Terminal Bus Amplas sejauh 245 km, sedangkan dari Stasiun kereta Api Medan sejauh 220 km.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Sekretariat Direktorat Jenderal Kebudayaan (2012). Album Budaya: Direktori Museum Indonesia (PDF). Jakarta: Sekretariat Direktorat Jenderal Kebudayaan. hlm. 650–652.