Meta L. Anderson

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Meta L.Anderson)


Meta L. Anderson (1876-1942), di samping sebagai guru pada sekolah umum di New York, ia juga mendaftarkan diri pada sebuah kursus pendidikan anak-anak bermental terbelakang pada Training School di Vineland, New Jersey. Di situ, Edward R. Johnstone dan Henry H. Goddard melihat kemampuannya yang luar biasa sehingga merekomendasikan namanya kepada Dewan Pendidikan New Jersey di Newark, yang kemudian menugaskan Anderson untuk memulai dengan kelas khusus untuk anak-anak bermental terbelakang. Di tempat kursus tersebutlah dia mendapatkan rekomendasi untuk memulai kelas khusus untuk anak -anak bermental terbelakang dari Dewan Pendidikan New Jersey di Newark.[1]

Pada tahun 1910, ia mendirikan dua kelas khusus dan kelas-kelas lainnya di Newark kemudian menggabungkan sistem sekolah dengan kelas-kelas yang memberikan program bagi siswa yang berkelainan.

Anderson mengembangkan pendekatan instruksional yang berdasar pada analisis teliti dari kemampuan dan keterbatasan seiap siswa, juga memprakasai kelas dalam ilmu perdagangan dan program pengalaman kerja guna memberi persiapan mata-pencaharian. Bukunya, Education of Defectives in the Public Schools (1917) menguraikan tentang program tersebut dan menambah kekuatan yang memotivasi gerakan dari kelas masyarakat tertentu yang sedang tumbuh di Amerika Serikat.

Dalam bulan- bulan menjelang berakhirnya Perang Dunia I, ia ditunjuk mengepalai bantuan rekonstruksi di Eropa. Seusai perang, Anderson bekerja satu tahun di Serbia. Pada tahun 1920 ia kembali ke sekolah-sekolah Newark menjadi direktur dari program pendidikan khusus yang diselenggarakan kota itu. Ia menerima gelar Ph.D. dari Universitas New York pada tahun 1922. Ia kemudian menjabat sebagai presiden dari American Association on Mental Deficiency pada tahun 1941.[2][3]

Anderson mengembangkan pendekatan instruksional yang berdasarkan pada analisis teliti dari kemampuan dan keterbatasan setiap siswa, juga memprakasai kelas dalam ilmu perdagangan dan program pengalaman kerja yang diharapkan dapat mempersiapkan siswa ketika mencari pekerjaan.

Anderson menulis buku yang berjudul " Education of Defectives in the Publik Schools" yang diterbitkan tahun 1971,buku ini menjelaskan secara rinci tentang pendekatan instruksional . pada pendidikan.

Pada tahun 1920,ia menjadi direktur dari program pendidikan khusus di Newark.Ia mendapatkan gelar Ph.D. dari Universitas New York pada tahun 1922,dan pada tahun 1941 menjabat sebagai presiden dari American Association on Mental Deficiency.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Baihaqi, MIF (2014). Ensiklopedia Tokoh. Bandung: Nuansa Cendeia. hlm. 43. 
  2. ^ Anderson, M. L. (1917). Education of defectives in the public schools. Yonkers, New York: Worl Book.
  3. ^ Whitney, E. A. (1953). "Some stalwarts of the past," American Journal of Mental Deficiency, 57, hlm. 345-360.