Masjid Asal Penampaan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Masjid Asal Penampaan adalah sebuah masjid yang terletak di pusat kota Blangkejeren, tepatnya di pinggiran sungai Blah Penampaan, dusun Muleng, kampung Penampaan, kecamatan Blangkejeren, kabupaten Gayo Lues. Masjid ini dibangun di atas tanah masyarakat kampung Penampaan. Di sebelah utara masjid ini berbatasan dengan sungai Penampaan, sebelah selatan berbatasan dengan rumah penduduk, sebelah timur dibatasi dengan jalan desa Penampaan, dan sebelah barat dibatasi dengan sungai Penampaan.

Sejak awal didirikan, masjid ini dipergunakan sebagai tempat umat Islam melaksanakan shalat lima waktu dan shalat Jumat. Di samping itu, masjid ini juga difungsikan sebagai tempat untuk melakukan kegiatan keagamaan lainnya, seperti tempat pembelajaran ilmu agama, pembinaan mental keagamaan, perayaan hari-hari besar, rapat musyawarah, penyaluran bantuan sosial, zakat, berkurban, dan pusat informasi.[1]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Masjid Asal Penampaan didirikan pada tahun 815 H/1412 M, pada masa Kesultanan Pasai. Masjid ini dinamakan masjid Asal karena merupakan masjid yang pertama sekali dibangun di wilayah sekitar Gayo Lues dan Tanah Alas. Masyarakat sekitar menyebutnya sebagai "Masjid Asal" yang maknanya adalah asal-muasal pendirian masjid di seluruh Gayo Lues dan sekitarnya. Selain itu, masjid ini juga menjadi dasar pemberian nama kampung di mana masjid itu berada.

Nama sesa Penampaan berasal dari kata penampaan yang artinya "penampakan/tampak" atau "terlihat". Konon menurut riwayat, di masa lalu masjid ini bisa dilihat dari berbagai wilayah di Gayo Lues. Mungkin hal ini disebabkan oleh kondisi wilayah sekitar masjid Asal yang merupakan daerah datar dan masih minim dihuni penduduk. Dengan demikian ia bisa dilihat dari berbagai arah yang umumnya berdataran tinggi. Oleh karena itu, daerah di mana masjid Asal berada disebut desa Penampaan (yang tampak dari berbagai arah).[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Dra. Khairiah (2017-05-23). "Masjid Asal Penampaan di Kabupaten Gayo Lues". Balai Pelestarian Cagar Budaya Banda Aceh (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-01-26.