E.K.M Masinambouw

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Masinambouw, E.K.M)
Prof. Dr. Eddy K.M. Masinambouw

E.K.M Masinambouw adalah seorang Ahli Peneliti Utama LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia) yang berasal dari Minahasa, Sulawesi Utara. Nama lengkapnya Eduard Karel Markus Masinambouw. Pria kelahiran Kakas 26 Maret 1931 merupakan anak sulung dari tiga bersaudara, dari Gottlieb Arie Toon Masinambouw, bekas kepala kantor pos dan telegram di Banjarmasin dengan istrinya Anastasia Sumayku. Saat masih SMA, pria yang akrab di sapa Eddy senang dengan pelajaran Kimia. Karena tidak ada laboratorium, reaksi unsur kimia dihafalnya saja dari buku. Dalam perjalanannya, pria jangkung ini akhirnya memutuskan mengambil jurusan bahasa dan sastra Inggris di Fakultas Sastra Universitas Indonesia. Gelas Master ia raih di Universitas Yale, New Haven, AS, 1965. Sedangkan gelar doktor bidang antropologi diperolehnya di Universitas Indonesia (UI), 1976, dengan disertasi berjudul Konvergensi Etnolinguistik di Halmahera Tengah.[1]

Eddy merupakan anggota Executive Committee Southeast Asia Studies Program, Singapore (sejak 1979); Anggota Executive Committee Asian Studies (sejak 1984). Ia juga guru besar luar biasa, Jurusan Antropologi FISIP UI (sekarang); Pengajar Luar Biasa Fakultas Pasca Sarjana FISIP UI (sekarang).[1]

Dalam perjalannya di dunia penelitian, Eddy pernah meneliti di pedalaman Halmahera. Saat penelitian di Halmahera, Eddy jatuh sakit akibat tidak mendengarkan nasihat untuk tidak sembarang minum air pemberian orang. ia demam tinggi, sebelum berlayar ke Tidore dan dinyatakan sembuh setelah disuntik mantri. Meskipun begitu, pria jangkung dengan berat 70 kg ini mendapatkan hal yang menarik

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b APA & SIAPA sejumlah orang Indonesia 1985-1986. Tempo (Jakarta, Indonésie) (edisi ke-Cet. 1). Jakarta: Grafiti Pers. 1986. ISBN 979-444-006-X. OCLC 37095471. 

Pustaka[sunting | sunting sumber]

  • Harimurti, Kridalaksana. (1968) Linguistic activities in Indonesia, Notices. Oceanic Linguistics Vol. 7, No. 2 (Winter, 1968), pp. 172–177 (6 pages). Published By: University of Hawai'i Press.
  • Masinambouw, E.K.M. 2004. Masyarakat Austronesia: Fakta atau Fiksi. Dalam Polemik tentang Masyarakat Austronesia Fakta atau Fiksi. Prosiding Kongres Ilmu Pengetahuan 2003. Jakarta, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia.
  • Masinambouw, E.K.M. (1980) Kata Majemuk Beberapa Sumbangan Pikiran . Jakarta: Fakultas Sastra Universitas Indonesia.
  • Masinambouw, E.K.M. 1983. Halmahera dan Raja Ampat sebagai kesatuan majemuk; Studi-studi terhadap suatu daerah transisi Jakarta: Lembaga Ekonomi dan Kemasyarakatan Nasional, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia.
  • Masinambouw, E.K.M. Editor. (1994) Maluku dan Irian Jaya. 460 halaman. Jakarta: Lembaga Ekonomi dan Kemasyarakatan Nasional-LIPI.
  • Bellwood, Peter. (2017) First Islanders: Prehistory and Human Migration in Island Southeast Asia. 384 pp. Hoboken (NJ), Wiley Blackwell.