Masdar Husin

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Masdar Husin merupakan pencetus terbentuknya Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Bina Harapan, Lahir di Bengkalis 26 Mei 1965. Ayah empat orang anak ini memiliki cerita kehidupan yang menarik untuk di jadikan motivasi. Tahun 1983, saat itu Masdar Husin duduk dikelas I SMA Rumbai tahun 1983 dan dinyatakan tidak naik kelas. Saat mengetahui sang anak tinggal kelas, Ayah Masdar Husin mengambil keputusan untuk memindahkan Masdar ke Makassar, Sulawesi Selatan. Hal yang menyebabkan Masdar tinggal adalah pergaulan dengan preman di usia yang terbilang sangat dini. Berbeda ketika dipindahkan kemakasar, Masdar menjadi lebih bersemangat bersekolah. Bercita-cita menjadi seorang guru, Masdar masuk ke Sekolah Tinggi Ilmu Keguruan dan Pendidikan, Ujung Pandang. Meski sempat mandek karena tahun 1999 ia menikah tak menyurutkan cita-cita Masdar. Pertemuan dengan Kepala Cabang Pendidikan Sungai Apit memberikan peluang baginya mengajar program paket B untuk anak-anak SMP di sungai Apit. Mengajar 18 orang siswa tanpa honor, membuat kesan sendiri bagi masdar, saat itu ia menjadi tahu banyak warga Sungai Apit yang belum pernah menyentuh bangku pendidikan dan putus sekolah.[1]

Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Bina Harapan di Mengkapan adalah PKBM pertama di Kabupaten Siak yang Masdar bentuk pada tahun 2002. Lembega tersebut memberikan pengajaran secara gratis di beberapa kampung dengan Program Paket A (setara SD), B dan C (setara SMA). Biaya operasional ia sisihkan dari honor bekerja sebagai guru bantu di beberapa sekolah. Pada tahun yang sama SMP Negeri 3 Mengkapan yang saat itu baru di buka menerima Masdar menjadi guru honor dan setahun kemudian ia di angkat menjadi pegawai negeri sipil.[1]

Pekerjaan PKBM Bina Harapan pada tahun 2006 sudah tidak sesulit dahulu, pendanaan mulai di bantu oleh Pemerintah Kabupaten Siak, mencari tenaga pengajar tidak lagi sulit dan tercatat sampai tahun 2017 PKBM Masdar berhasil menamatkan sekitar 1.800 orang siswa dalam program Paket A, B dan C.

Pendidikan[sunting | sunting sumber]

Masdar Husin memulai pendidikan di SD Al Ittihad Pekanbaru tahun 1980, SMP Nurul Falah Pekanbaru tahun 1983, SMAN 3 Makassar tahun 1986, STKIP Yayasan Pendidikan Ujungpandang tahun 1999.

Riwayat Jabatan[sunting | sunting sumber]

Masdar Husin mengawali pekerjaan dengan menjadi guru honor, kemudian membentuk Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Bina Harapan, Guru SMPN 3 Mengkapan (2002-2012), Guru SMPN Tanjung Kuras (2012-2013), Guru SMAN 3 Sungai Apit (2013), Guru SMAN 1 Sungai Apit (2013-2018), Kepala SMAN 2 Lalang, sampai sekarang.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b kompas.id (2018-08-14). "Masdar Husin Memilih Mengajar di Jalur Informal – Kompas.Id". Kompas.Id (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2018-09-27. Diakses tanggal 2018-09-27.