Margarita Aliger

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Margarita Aliger

Margarita Aliger (nama lengkap: Margarita Iosifovna Aliger) adalah seorang penyair, penulis, dan jurnalis. Dia lahir pada 7 Oktober 1915 di Odessa, Ukraina (saat itu termasuk Kekaisaran Rusia) dan meninggal pada Agustus 1992 di Peredelkino, Rusia.[1] Dia lahir dalam keluarga Yahudi miskin yang sangat dekat dengan dunia seni. Ayahnya adalah seorang pemain biola amatir, sementara ibunya sering membacakannya puisi klasik Rusia. Aliger pun menjadi tertarik pada dunia puisi. Pada usia 16 tahun, dia belajar mengenai literatur di Moskow.[2] Dua tahun kemudian (1933), puisi pertamanya diterbitkan. Buku pertamanya diterbitkan pada 1938, yaitu God rozhdeniya (Tahun Kelahiran). Karya ini berisi pujian mengenai kondisi Rusia di bawah Stalin, menghasilkan tanda jasanya yang pertama dari Soviet pada 1939.[3] Untuk pertama kali Aliger beralih ke tema agama dan mengumumkan bahwa tiada nilai cinta untuk tanah kelahirannya, kepahitan yang dirasakan mengenai sejarah ketidakadilan di Jerman dan Rusia. Suami pertamanya seorang komposer Konstantin Makarov-Rakitin. Anak perempuan mereka menjadi seorang penyair dan penterjemah. Dia berselingkuh dengan Alexander Fadeyev yang bekerja sebagai seorang penulis. Dengan Alexander dia mempunyai seorang anak perempuan yang diberi nama Maria. Maria menikah dengan Hans Magnus dan tinggal di luar negeri selama dua puluh tahun. Tidak lama dia kembali ke Rusia, dia bunuh diri. Suami terakhirnya adalah seorang ofisial komite pusat. Dia bertahan hidup dengan suaminya. Pada akhirnya dia meninggal setelah anak perempuannya Maria Enzensberger. Dia di makamkan di samping kuburan anak perempuannya.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Margarita Iosifovna Aliger | Russian writer, and Soviet propagandist". Encyclopedia Britannica (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2018-03-10. 
  2. ^ "Aliger, Margarita Iosifovna (1915–1992)". encyclopedia.com. Diakses tanggal 10 Maret 2018. 
  3. ^ "Aliger, Margarita Iosifovna (1915–1992) - Dictionary definition of Aliger, Margarita Iosifovna (1915–1992) | Encyclopedia.com: FREE online dictionary". www.encyclopedia.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2018-03-10.