Laurent Clerc

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Laurent Clerc

Laurent Clerc (1785 - 1869),adalah seorang tunarungu pertama yang berpendidikan dan berada di Amerika Serikat. Ia dapat membuktikan mengenai adanya potensi pendidikan bagi orang pengidap tunarungu, dan memiliki pengaruh dalam gerakan untuk mendirikan pertanggungjawaban bagi pendidikan untuk tunarungu.

Clerc pindah ke Amerika Serikat bersama Thomas Hopkins Gallaudet untuk membuka sekolah bagi penderita tunarungu yang pertama. Sekolah itu dinamakan Sekolah Amerika Untuk Orang Tuli (American School For The Deaf) yang berlokasi di Hartford, Connecticut yang didirikan pada tahun 1817. Setelah belajar berbagai metode mengajar dari Epee dan Sicard, menjadikan Clerc sebagai guru pertama dari sekolah tersebut yang bertanggungjawab dalam pelatihan para guru baru.[1]

Pendidikan[sunting | sunting sumber]

Clerc merupakan guru sekaligus pembuka sekolah bagi orang tunarungu yang pertama di Amerika Serikat. Ia menjadi seorang tunarungu saat berusia satu tahun. Ia mendapat pendidikan di Lembaga Nasional Bisu Tuli (Institution Nationale de Sourdes Muets ) di Paris dan setelah lulus bekerja menjadi guru tempat dia belajar.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Baihaqi, MIF; Reynolds, Cecil; Mann, Lester (2014). Ensiklopedi Tokoh Pendidikan Luar Biasa. Bandung: Nuansa Cendekia. hlm. 125. ISBN 9786028395755.