Jerome Sattler

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Jerome M. Sattler adalah seorang profesor di bidang psikologi. Lahir pada tahun 1931 di New York. Sebagai profesor psikologi di Universitas San Diego,penelitian Sattler menjadikannya sebagai orang yang berwewenang dalam bidang pengujian intelegensi,pengaruh pengeksperimen rasial,pengujian minoritas etnik, dan faktor-faktor rasial di dalam konsultasi dan psikoterapi. Teks pendahuluannya ,yang berjudul : " Asessmentof Children's Intelligence and Special Abilities" merupakan buku teks standar yang digunakan dalam bidang psikologi-sekolah dan psikologi klinis, dan tetapmerupakan teks acuan klasik dalam bidang pendidikan khusus.

Sattler adalah seorang dosen Fulbright di Universitas Kebangsaan,Malaysia dari tahun 1972-1973, dan profesor pertukaran Katholieke Universiteit, Instiuut voorOrthopedagogiek, Nijtmegen, Belanda, dari tahun 1983 sampai 1984. Ia dipilih menjadi anggota Asosiasi Psikologi Amerika pada tahun 1979.

Sattler merupakan seorang saksi ahli dan konsultan pada California Attorney General's untuk kasus Larry P. (dan kawan-kawan) melawan Wilson Riles (dan kawan-kawan), dari September 1977 sampai April 1978, dalam bidang prasangka Kebudayaan. Selain itu ia adalah anggota tim pengembangan, yang meliputi R.E.Thorndike dan E. Hagan, yang merevisi Stanford-Binet Intelligence Scale ke dalam revisi ke-4, yang diterbitkan pada tahun 1986. Sattler menerbitkan lebih dari 85 artikel dalam bidang psikologi dan menjadi peninjau khusus dari 30 buku, artikel, dan proposal permintaan bantuan maupun sebagai editor jurnal-jurnal seperti : Journal of Consulting andClinical Psychology, Psychology in the schools, Journal of Psychoeducational Assesment, dan Psychological Reports.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Baihaqi, MIF (2014). Ensiklopedi Tokoh Pendidikan Luar Biasa. Bandung: Nuansa Cendekia. hlm. 350-351. ISBN 9786028395755.