H. Rutherford Turnbull

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

H.R Thurnbull adalah seorang profesor hukum masyarakat dan pemerintah. Juga profesor pendidikan-khusus dan hukum di Universitas Kansas. Ia memiliki gelar BA bidang ilmu Politik dari Universitas John Hopkins tahun 1959, memiliki gelar L.L.B/J.D. dari Universitas Maryland Law School tahun 1964.

Aktivitas Thurnbull pada bidang hukum pendidikan-khusus dan hak orang-orang mengantarkan pada isu-isu untuk menetapkan dan menata ulang konsep perizinan, peran serta orang tua dalam pendidikan anak-anak yang terbelakang mentalnya, serta pengurus profesional mengenai perawatan anak-anak dan orang-orang yang terbelakang mentalnya.

Thurnbull pernah sebagai konsultan khusus pada asisten sekertaris Departemen Pendidikan Amerika Serikat dan anggota American Bar Association Task Force on Mental Health-Criminal Justice Standards.[1] Ia pernah sebagai presiden dari American Association on Mental Deficiency ( 1985-1986). Sampai sekarang Thurnbull merupakan pejabat senior sejak 1980. Educator of the Year Award 1982 dari Association for Retarded Citizens of the United States merupakan prestasi yang diperoleh saat ia sebagai sekertaris nasional (tahun 1989-1983).

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Biahaqi, MIF (2014). Ensiklopedi Tokoh Pendidikan Luar Biasa. Bandung: Nuansa Cendekia. hlm. 388. ISBN 9786028395755.