Gulai ikan asam padeh

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Gulai ikan asam padeh adalah suatu masakan Minangkabau yang memiliki cita rasa pedas dan asam. Gulai ikan asam padeh ini merupakan salah satu kuliner dari Sumatera Barat. Masakan ini biasanya menggunakan ikan laut seperti ikan tongkol, ikan tuna, ikan salmon, dan lain sebagainya. Asam padeh itu sendiri memiliki arti yaitu kuah yang diolah memiliki rasa pedah dan kaya akan rasa rempah-rempah.Bahan yang digunakan untuk membuatnya ialah ikan tongkol, daun serai, daun kunyit, daun salam, asam kandis kecil, bawang putih, bawang merah, kemiri, cabe merah, tomat, lengkuas, dan jahe.

Asam padeh memiliki kandungan gizi yang sangat baik untuk anak-anak maupun dewasa. Manfaatnya sangat besar karena merupakan sumber protein, lemak, vitamin, dan mineral. Keunggulan utama pada ikan adalah tingginya kadar protein dan asam amino esensial. Asam amino esensial adalah unit terkecil dari protein yang tidak bisa diproduksi oleh tubuh manusia. Protein sangat penting bagi perkembangan sel tubuh, pertumbuhan otak anak dan berfungsi untuk sistem kekebalan tubuh. Protein yang terkandung dalam ikan merupakan 9 asam amino esensial super lengkap yang dibutuhkan manusia. Selain protein, ikan mengandung kalsium, fosfor, lemak, dan zat besi. Lemak dalam ikan adalah jenis lemak baik yang mampu meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh serta berfungsi untuk menormalkan detak jantung sekaligus memperbaiki pembuluh arteri yang menyempit.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ eva, sari (20 Oktober 2018). [aditya20_blogspot "kuliner"] Periksa nilai |url= (bantuan). Gulai Ikan Asam Padeh. Medankulinerblog. Diakses tanggal 20 Oktober 2018.