Free Basics

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Internet.org adalah kemitraan antara tujuh perusahaan telekomunikasi yang dimotori oleh jejaring sosial Facebook.[1] Internet.org didukung oleh perusahaan teknologi yang fokus pada industri perangkat mobile, seperti Ericsson, MediaTek, Opera Software, Samsung, Nokia, dan Qualcomm. Facebook kembali membuat perubahan kontroversial pada layanan Internet.org dengan mengganti namanya menjadi Free Basics. Facebook pun juga menggandeng vendor jaringan dan operator seluler untuk terus mengkampanyekan program internet.org ini. Perubahan tersebut karena banyaknya masukan-masukan dari pengguna kepada CEO Facebook, Mark Zuckerberg.

          CEO Facebook, Mark Zuckerberg, mengumumkan perubahan tersebut melalui laman Facebook pribadinya. Perubahan pertama, membuka platform Internet.org. Kedua, perbaikan sistem keamanan dan privasi Internet.org. Ketiga, berubahnya nama aplikasi.[2]
          Platfrom terbuka Internet.org diharapkan bisa dimanfaatkan para pengembang untuk layanan yang bersifat lokal. Internet.org merupakan kampanye yang diinisiai Facebook dengan visi membuat semua orang di dunia terhubung dengan koneksi internet.[3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Yusuf, Oik (2015-05-04). Hidayat, Wicak, ed. "Lewat Internet.org, Siapapun Bisa Bikin Layanan "Gratis"". Kompas.com (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-07-08. Diakses tanggal 2018-09-07. 
  2. ^ Anestia, Corry. Ningrum, Dewi Widya, ed. "Internet.org Berubah Nama Jadi Free Basics". Liputan6.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-07-08. Diakses tanggal 2018-09-07. 
  3. ^ "Internet.org, Kampanye Internet Murah ala Zuck". detikcom (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-07-08. Diakses tanggal 2018-09-07.