Eric Samola

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Eric Frits Hermanus Samola
Informasi pribadi
Lahir(1936-08-26)26 Agustus 1936
Hindia Belanda Minahasa, Sulawesi Utara, Hindia Belanda
Meninggal10 Oktober 2000(2000-10-10) (umur 64)
Singapura Singapura
Suami/istriDorothea Sara Luntungan
Orang tuaPaul Samola
Pekerjaan
Dikenal karena
Sunting kotak info
Sunting kotak info • L • B
Bantuan penggunaan templat ini

Eric Frits Hermanus Samola, S.H.(26 Agustus 1936 – 10 Oktober 2000)[1] adalah eksekutif puncak dari Grup Pembangunan Jaya dan direktur PT. Grafiti Pers (Tempo Inti Media) yaitu penerbit majalah Tempo dan eksekutif Jawa Pos Grup. Ia berhasil mengembangkan "konglomerat" baru dalam bidang pers di Indonesia sehingga ia dijuluki "Raja Pers" dan "Rupert Murdoch Indonesia". Julukan itu diberikan para pengamat kepada Eric Samola atas kepeloporannya dalam membina dunia pers Indonesia menjadi sebuah arena bisnis yang komersial serta menguntungkan.

Kehidupan awal[sunting | sunting sumber]

Eric Frits Hermanus Samola (dengan nama kecil Eric) lahir di Rerewokan, Tondano Barat, Minahasa, Sulawesi Utara pada tanggal 26 Agustus 1936. Ayahnya, Paul Samola, berpulang saat Eric berusia satu tahun dan adiknya masih dalam kandungan.

Setamat SMA Eric pergi ke Jawa dengan cita-cita menjadi polisi. Akan tetapi, setiba di Jakarta, ia beralih ingin menjadi hakim. Oleh karenanya, ia memilih kuliah di Fakultas Hukum dan Pengetahuan Masyarakat Universitas Indonesia (sekarang FH-UI) dan lulus pada tahun 1964. Semasa kuliah Eric aktif dalam kepengurusan organisasi mahasiswa Kristen GMKI. Dari sanalah ia mengenal dunia politik dan bertemu Dorothea Sara Luntungan, calon jodohnya.

Karir[sunting | sunting sumber]

Berbekal gelar sarjana hukumnya, Eric Samola kemudian bekerja di Depertemen Kehakiman. Karena tidak mau ditempatkan di luar Pulau Jawa, Eric lalu bekerja di Depertemen Perdagangan sembari mengajar di Fakultas Hukum Universitas Indonesia (FH-UI) hingga tahun 1966. Lalu, ia pindah ke Grup Pembangunan Jaya, yang kemudian dikenal dengan nama Jaya Group sebagai karyawan paruh waktu di bagian Hubungan Masyarakat. Tak lama kemudian, ia diangkat sebagai Kepala Bagian Humas merangkap Kepala Biro Hukum. Keberhasilan Eric menangani kasus-kasus hukum di perusahaannya, terutama berkaitan dengan pembebasan tanah, mengantarkan kariernya sebagai jajaran eksekutif puncak grup tersebut.[2] Eric juga pernah menjabat Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia dan di DPP Golkar, Eric menjadi Ketua Departemen Koperasi dan Wiraswasta.[3]

Tempo dan Jawa Pos[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1982, Eric Samola, yang pada waktu itu adalah Direktur Utama PT. Grafiti Pers (Tempo Inti Media) yaitu penerbit majalah Tempo Indonesia, mengambil alih Jawa Pos dan membentuk manajemen baru, Eric mengangkat Dahlan Iskan, yang sebelumnya adalah kepala biro Tempo di Surabaya untuk memimpin Jawa Pos. Dengan manajemen baru ini, menjadikan Jawa Pos yang waktu itu hampir mati dengan oplah 6.000 eksemplar, dalam waktu 5 tahun menjadi surat kabar dengan oplah 300.000 eksemplar. Kemudian pada tahun 1997, Jawa Pos yang sebelumnya berada di Jl. Karah Agung 45, berpindah kantor ke Gedung Graha Pena, gedung berlantai 21 yang berada di Jl. Ahmad Yani 88 Surabaya.[4]

Lima tahun kemudian terbentuklah Jawa Pos News Network (JPNN), salah satu jaringan surat kabar terbesar di Indonesia, di mana memiliki lebih dari 80 surat kabar, tabloid, dan majalah, serta 40 jaringan percetakan di Indonesia.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ https://www.liputan6.com/news/read/1933/tokoh-pengusaha-pers-telah-meninggal-dunia Eric Samola Meninggal Dunia
  2. ^ Lumbantoruan, Magdalena; Suwartoyo (1992). Ensiklopedi Ekonomi, Bisnis, & Manajemen Jilid 2. Jakarta: PT Cipta Adi Pustaka. hlm. 272-273. ISBN - Periksa nilai: length |isbn= (bantuan). 
  3. ^ https://ahmad.web.id/sites/apa_dan_siapa_tempo/profil/E/20030617-42-E_1.html
  4. ^ LIE, RAVANDO (1 Juli 2021). Ginanjar, Dhimas, ed. "Jawa Pos Diiklankan 24 Juni, Diresmikan 26 Juni, Dirayakan 1 Juli". JawaPos.com. Diakses tanggal 7 Juli 2021.