Elizabeth Blackburn

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Elizabeth Blackburn
Lahir26 November, 1948
Hobart, Tasmania
Tempat tinggalUS
KebangsaanAustralia
AlmamaterUniversity of Melbourne, University of Cambridge
PenghargaanHeineken Prize, Lasker Award, Louisa Gross Horwitz Prize, L'Oréal-UNESCO Award for Women in Science (2008) Penghargaan Nobel dalam Fisiologi atau Kedokteran (2009)
Karier ilmiah
BidangAhli Biologi
InstitusiYale University, University of California, Berkeley, University of California, San Francisco, Salk Institute
Mahasiswa doktoralCarol W. Greider

Elizabeth (Liz) Helen Blackburn lahir 26 November 1948 adalah seorang ahli biologi dari University of California, San Francisco, Amerika Serikat. Ia mempelajari biokemistri di Universitas Melbourne dan meraih gelar doktornya di bidang biologi molekul dari Cambridge di Inggris pada tahun 1975. Ia kemudian pindah ke Amerika Serikat yang menjadi tempatnya menetap hingga saat ini setelah ia mengganti kewarganegaraannya pada september 2003. Elizabeth Blackburn melakukan sebuah riset yang melibatkan struktur DNA Tetrahymena untuk meraih gelar profesornya di Universitas Yale. Ia melanjutkan kariernya di departemen Biologi Molekul di Unversitas California, San Francisco pada tahun 1993. Kini ia mengajar di departemen Biokemistri dan Biofisika di mana ia memiliki laboratoriumnya sendiri. Elizabeth Blackburn mendapat hadiah Nobel untuk bidang Fisiologi atau Kedokteran tahun 2009 bersama-sama dengan Carol W. Greider dan Jack W. Szostak atas penemuan enzim telomerase, rangkaian akhir dari sebuah kromosom. Selain meraih Nobel Prize, dia juga mendapatkan hampir semua penghargaan besar dari disiplin ilmu seperti the Lasker, Gruber dan Gairdner prizes. Namanya juga tercatat dalam majalah TIME sebagai 100 orang berpengaruh di dunia tahun 2007.[1]

Pada tahun 2001, ia menerima tawaran dari Presiden George Bush untuk menjadi anggota Dewan Bioetik. Setelahnya, ia secara rutin mengikuti debat publik mengenai kloning terapis dan riset sel batang. Dikarenakan banyaknya protes dari media Amerika dan luar negeri, pemerintah Amerika Serikat tidak memperbaharui kontrak dengan Blackburn sebagai anggota dewan.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Nobel laureate Elizabeth Blackburn named Salk Institute president - Salk Institute for Biological Studies". Salk Institute for Biological Studies (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2018-03-10. 
  2. ^ "Elizabeth H. Blackburn (1948), USA — KNAW". knaw.nl. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2019-03-24. Diakses tanggal 2019-03-24. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]