Apuse

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Apuse adalah sebuah lagu yang berasal dari daerah Kampung Kabouw, Wondiboy, Teluk Wondama, Provinsi Papua Barat. Lagu "Apuse" diciptakan oleh Tete Mandosir Sarumi dalam bahasa Biak dan dipopulerkan oleh Corry Rumbino, serta dinyanyikan dalam lomba Bintang Radio. Lagu Apuse kemudian dikenal di tingkat nasional. Lagu ini memiliki irama yang indah dan sederhana sehingga lagu ini sering dipelajari dalam pelajaran kesenian di tingkat Sekolah Dasar.[1]

Apuse menceritakan tentang seorang cucu yang berpamitan kepada kakek dan neneknya. Cucu tersebut berpamitan karena hendak pergi merantau yaitu ke Teluk Doreri di Manokwari. Memang Teluk Doreri sempat menjadi pelabuhan penting dengan bukti banyaknya kapal yang karam di dalamnya.[2]

Teluk Doreri adalah pintu masuk menuju Manokwari melalui jalur laut. Dalam sejarahnya, teluk ini berperan penting dalam penyebaran agama Kristen di tanah Papua. Saat ini Teluk Doreri menjadi salah satu pelabuhan untuk kapal domestik, nasional, dan antarpulau di Papua.

Penggunaan[sunting | sunting sumber]

Irama lagu Apuse dipakai untuk mendukung tim nasional sepakbola Indonesia tiap kali bertanding, dengan mengubah liriknya. Lagu tersebut, yang kemudian dikenal dengan nama Garuda di Dadaku, menjadi populer di Indonesia.

Lirik[sunting | sunting sumber]

Bahasa Asli Arti dalam Bahasa Indonesia
Apuse Kokondao

Yarabe Soren Doreri

Wuf lenso bani nema baki pase


Arafabye aswarakwar

Arafabye aswarakwar

Kakek-Nenek, Aku pergi

Ke negri sebrang, Teluk Doreri

Membawa saputangan dan melambaikan tangan


Kasihan aku, selamat jalan cucuku

Kasihan aku, selamat jalan cucuku

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Pencipta Lagu Apuse Tete Mandosir Sarumi Meninggal Dunia". CNN Indonesia. 2022-09-14. Diakses tanggal 2023-01-30. 
  2. ^ "Mengenal Teluk Doreri Lewat Lagu Apuse". CNN Indonesia (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2017-06-16. Diakses tanggal 2017-06-26.