Adidharma

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Adidharma adalah dirigen dari Indonesia, lulusan di Sekolah Musik Amerika (Julliard School of Music) dan Belanda (Amsterdam Concervatorium), belajar di bidang Biola.

Nama aslinya Lie Eng Liong, putra dari seorang guru musik Lie Soen Liang yang mendidiknya untuk memiliki disiplin yang ketat, yang dianggapnya bahwa musik bukanlah hal untuk bermain-main dan untuk beliau musik merupakan suatu ladang pekerjaan serius, paduan antara seni dan ilmu pasti, didikan dari sang ayah.

Awal mula karier di Negeri Belanda bekerja di konservatori dan bermain di Orkes Utrecht Stedelijk dan juga sebagai anggota orkes gesek Lestro Armonico Amsterdam, serta World Symphony Orchestra untuk PBB di New York. Tahun 1961 ia memimpin Orkes Simfoni Jakarta (OSJ), setelah 20 tahun mengabdi beliau diangkat sebagai pegawai negeri.

Di sebuah wawancara dengan majalah Vista, 9 Februari 1985, beliau mengatakan bahwa agar Musik tidak berhenti maka perlu adanya inovasi seiring mengikuti perkembangan zaman. Sekarang ini musik Indonesia semakin maju karena semakin banyak berdirinya sekolah musik di kota-kota besar seperti AMI (Akademi Musik Indonesia) di Yogyakarta dan LPKJ (Lembaga Pendidikan Kesenian Jakarta). tapi tetap saja bermain musik semuanya tergantung bakat.

[1]

Diskografi[sunting | sunting sumber]

  1. 1957 concert master Orkes Radio Jakarta
  2. 1986 Orkes Simfoni Jakarta di TIM

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Ensiklopedi Musik. Jakarta: Pt. Cipta Adi Pustaka. 1992. hlm. 5.