American Pit Bull Terrier

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari American pit bull terrier)
.
Nama lain
  • Pit Bull
  • Pitbull Terrier
Nama panggilan
  • Pit
  • APBT
Negara asal Banua Hanyar
Ciri-ciri
Berat Jantan 158–272 kg (348–600 pon)
Betina 136–226 kg (300–498 pon)
Tinggi Jantan 45–53 cm (18–21 in)
Betina 43–50 cm (17–20 in)
Bulu smooth
thin
single
Warna Beragam (kecuali merle).
merah, hitam dan pada umunya buckskin
Jumlah anak 5-10
Masa hidup 8-15 tahun
Catatan
ADBA standard
American Pit Bull Terrier

American Pit Bull Terrier (APBT)[1][2] adalah merupakan salah satu ras anjing pit bull yang merupakan ras yang asli sekaligus tertua. Ras anjing ini memiliki kelebihan dibandingkan dengan ras jenis lain, berupa tenaga yang paling besar dibandingkan dengan ras lain, tahan terhadap rasa sakit, sifat pantang menyerah, dan temperamen stabil. Kelebihan tersebut didapatkan dari leluhur APBT yang dahulunya digunakan sebagai anjing petarung.

Leluhur APBT yang diadu dengan sesama anjing ataupun dengan banteng dan beruang mau tidak mau mengharuskan leluhur APBT beradaptasi dengan keadaan tersebut. Adaptasi yang dilakukan oleh leluhurnya tersebut membuat keturunan APBT memiliki sifat-sifat yang hampir menyerupai leluhurnya. Pada zaman sekarang adu anjing dilarang, maka untuk mengetahui sifat-sifat dasar APBT digunakan berbagai cara dengan mengadakan adu tarik tali, adu tarik beban, dan lainnya.

Karakter[sunting | sunting sumber]

Dibalik keganasan mereka saat beraksi sebenarnya APBT merupakan salah satu anjing yang memiliki temperamen yang lembut. Menurut riset Temperament Testing Society APBT memiliki tingkat temperamen sebesar 83,9% ini merupakan paramenter anjing ini dapat dipelihara oleh anak kecil, bahkan APBT mendapatkan angka yang lebih baik dibandingkan dengan beagle 78,2% dan golden retriever 83,2% dimana nilai yang lebih tinggi akan lebih baik.

Keunggulan dari APBT yaitu mereka mempunyai daya fokus melebihi anjing lainnya. Fokus tersebut yang membantu anjing ini memiliki gigitan yang sangat kuat. APBT juga dikenal sebagai anjing yang sensitif. Ketika pemiliknya mendidiknya sebagai anjing baik maka karakter anjing ini akan menyesuaikan dengan latihannya, tetapi begitu juga sebaliknya jika pemilik mendidiknya menjadi anjing petarung maka APBT akan menjadi sangat beringas.

Ciri fisik[sunting | sunting sumber]

  • Kepala : Bentuk kepala APBT tidak proposional dengan bentuk badannya yang lebih kecil dari kepala.
  • Hidung: APBT memiliki hidung yang berlubang besar dan mempunyai varian warna yang variatif beragam.
  • Mata: Banyak sekali warna yang dimiliki oleh APBT, jika berwarna biru kemungkinan APBT mempunyai kelainan mata.
  • Berat: Berat rata-rata anjing APBT jantan dewasa adalah 15 kg - 27 kg, sedangan betina dewasa biasanya memiliki berat 13 kg-27 kg.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Bullock, Tyler (2018-01-27). "Heritage American Pit Bull Terrier Conformation Standard®". American Dog Breeders Association (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2019-04-12. 
  2. ^ "Breed Standards : American Pit Bull Terrier | United Kennel Club (UKC)". www.ukcdogs.com. Diakses tanggal 2019-04-12.