Zulkifeli Mohd. Zin

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Zulkifeli Mohd. Zin
PGAT
Panglima Angkatan Tentara Malaysia
Mulai menjabat
15 Juni 2011
Penguasa monarkiSultan Abdul Halim
Sebelum
Pendahulu
Jenderal Azizan Ariffin
Pengganti
Petahana
Sebelum
Kepala Staf Angkatan Darat Malaysia
Masa jabatan
21 Mei 2010 – 14 Juni 2011
Sebelum
Pendahulu
Jenderal Muhammad Ismail Jamaluddin
Pengganti
Jenderal Zulkifli Zainal Abidin
Sebelum
Informasi pribadi
Lahir14 Juni 1956 (umur 67)
Pasir Mas, Kelantan, Federasi Malaya
Kebangsaan Malaysia
Suami/istriUmi Kalsom Wan Awang
Alma materAkademi Militer Sandhurst
PekerjaanTentara
Penghargaan sipilGrand Commander of the Armed Forces
Karier militer
Pihak Malaysia
Dinas/cabang Angkatan Darat Malaysia
Masa dinas1974–2016
Pangkat Jenderal
KomandoSemua unit
MissionIMT Mission - Mindanao
Sunting kotak info
Sunting kotak info • L • B
Bantuan penggunaan templat ini

YBHG. Jenderal Tan Sri Dato' Sri (DR.) Zulkifeli bin Mohd. Zin, (lahir 14 Juni 1956, di Pasir Mas), adalah seorang Jenderal dan merupakan Panglima Angkatan Tentara Malaysia saat ini.[1]

Latar belakang[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1974, setelah menyelesaikan pelatihan kadet di Sandhurst, ia pertama kali ditugaskan sebagai Letnan untuk 2 orang Resimen Kerajaan Melayu sebagai Komandan Peleton pada 9 Agustus 1974.

Dia meraih gelar Magister Ilmu Pengetahuan dari Universitas Pertahanan Nasional tersebut.

Da juga merupakan lulusan dari Sekolah Staf Angkatan Bersenjata Malaysia (MTAT) dan Sekolah Pertahanan Angkatan Bersenjata Malaysia (MPAT). Kedua perguruan tinggi ini telah dikonsolidasi sebagai satu institusi di bawah Studi Pertahanan Pusat Nasional (Puspahanas).

Karier[sunting | sunting sumber]

Sepanjang karier militernya, dia telah memegang berbagai posisi mulai dari Komandan Peleton ke Komandan.

Da juga memegang posisi staf di Markas Besar Angkatan Darat dan Lembaga Pelatihan. Ini termasuk menjalankan tugas sebagai Staf Officer Markas Besar Angkatan Darat serta Trainer Trick di Army Training Centre dari Johor Bahru. Antara 1999 dan 2000, ia adalah Direktur Infanteri dari Markas Besar Angkatan Darat.

Saat dia naik pangkat menjadi Kolonel, ia adalah Komandan Pusat Pelatihan Tempur Tentara dan Sumber Daya di Markas Besar Angkatan Darat Malaysia.

Dia kemudian dipromosikan ke pangkat Brigadir Jenderal pada tahun 2002 setelah memegang jabatan Asisten Panglima Cadangan Divisi Jasa. Dia juga memimpin Brigade Infanteri ke-8 pada tahun 2003 hingga 2004 di Kelantan. Da kemudian dipromosikan menjadi Mayor Jenderal dan dipercayakan oleh komando tinggi militer untuk memimpin International Team Monitoring Mission - Mindanao sebagai Komandan Tim Pemantau antara 9 Oktober 2004 dan 31 Agustus 2005.

Kemudian, dia menjadi Komandan Divisi Infanteri ke-3 dari 17 Oktober 2005 sampai 31 Januari 2007. Dia juga menjadi Komandan Lapangan Markas Besar Angkatan Darat dari 2 Januari 2007 sampai 1 Juni 2008.

Sebagai pemimpin yang berdedikasi, dia diangkat menjadi Wakil Panglima Angkatan Darat pada tanggal 2 Juni 2008 sampai 20 Mei 2010, dan kemudian diangkat menjadi Panglima Angkatan Darat.

Karena keyakinan tinggi dalam dirinya, ia diangkat sebagai Panglima Angkatan Tentara Malaysia secara efektif pada 15 Juni 2011.[2]

Penghargaan[sunting | sunting sumber]

Untuk pelayanan di Mindanao, dia dianugerahi Legion of Honour oleh pemerintah Filipina.

Dia juga merupakan seorang penerima PGAT, PSM, PJN, dhms, SSAP, SIMP, SPTS, SPMP, SSTM, SpKK, DPPN, PSAT, DGMK, DSDK, DPKK, DMSM, PMW, PAT, JMN, SDK, KMN, AMK, ASK, Amim, MSc (NDU), mpat, LMT dan psc, diberikan terutama oleh pemerintah Malaysia.

Kehidupan pribadi[sunting | sunting sumber]

Dia menikah Puan Sri Datin Sri Umi Kalsom Wan Awang dan bersama-sama telah dikaruniai 2 anak perempuan.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Panglima Angkatan Tentera Malaysia" (dalam bahasa Malay). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2011-11-08. Diakses tanggal 1 March 2012. 
  2. ^ Nizam, Yatim (14 June 2011). "Jeneral Tan Sri Dato' Sri Zulkifeli Mohd. Zin dilantik secara rasmi sebagai Panglima Angkatan Tentera Malaysia (ATM)". Utusan Malaysia (dalam bahasa Malay). Diakses tanggal 1 March 2012. [pranala nonaktif permanen]