Zofia Albinowska-Minkiewiczowa

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Potret Zofia Albinowska-Minkiewiczow

Zofia Albinowska-Minkiewiczowa (Klagenfurt, Kadipaten Kärnten, Austria-Hungaria 1886-1971, Lviv, Soviet Ukraina) adalah seorang seniman, pelukis dan pengukir Polandia dan Ukraina yang terikat pada lingkaran seniman Lviv, dan untuk bertahun-tahun presiden Persatuan Seniman Polandia (Zwiazek Artystów Polskich). Terlahir sebagai Zofia Albinowska, dia menandatangani lukisannya dengan cara ini. Dia kemudian menikah Witold Minkiewicz, profesor arsitektur di Lviv dan Wrocław.

Ia lahir di Klagenfurt, Kadipaten Carinthia, Austria-Hungaria. Dia memulai pendidikannya pada tahun 1901 pertama di sekolah swasta di Wina, di mana dia mengambil pelajaran pertama dari Heindrich Strehblow dan kemudian, mulai tahun 1902, dari Franz Hohenberg dan Ferdinand Kruis . Selama 1906–1912 ia belajar di Paris di Académie Colarossi dan École des Beaux Arts. Belajar di Paris, dia memiliki hubungan dekat dengan Olga Boznańska dan menerima banyak petunjuk artistik darinya. Saat ini dia melakukan banyak perjalanan di dalam Perancis dan ke Inggris, Belgia, Belanda dan Italia.

Selanjutnya pada tahun 1909–1912 Albinowska belajar di Wina Kunstgewerbeschule, dan setelah itu dia kembali secara permanen ke Lviv dan tinggal di sana selama sisa hidupnya. Saat ini Lviv milik Polandia (provinsi Galicia) (menjadi bagian dari Kekaisaran Austria-Hungaria), kemudian ke Polandia (merdeka sejak 1918) dan Ukraina (menjadi bagian dari Uni Soviet). Selama bertahun-tahun antara Perang Dunia I dan Perang Dunia II Zofia Albinowska-Minkiewiczowa adalah presiden Persatuan Seniman Polandia (Związek Artystów Polskich). Dia berpartisipasi dalam banyak pameran domestik dan internasional, termasuk Praha, Paris dan New York.

Karya awalnya biasanya potret, tetapi setelah tahun 1920 ia melukis terutama komposisi kecil yang menunjukkan interior ruangan, benda mati dan bunga. Karya-karyanya kadang-kadang digambarkan sebagai lukisan dengan cara pasca-impresionis. Dia menolak melukis komandan Soviet dengan mengatakan bahwa dia hanya bisa melukis bunga. Dia meninggal di Lviv pada tahun 1971.

Karya[sunting | sunting sumber]

  • Kwiaty na oknie (Flowers in window), 1912 - auction price: 6300zł (=ca.US$2100)
  • Kwiaty w dwóch wazonach (flowers in two vases) - 6000zł (US$2000)
  • Bukiet kwiatów (Bouquet of flowers) - 4000 zł (US$1300)
  • Bukiet róż z winogronami (Roses bouquet with grapes) - 3000 zł (US$1000)
  • Martwa natura z kwiatami (Still life with flowers) - 3000 zł
  • Wnętrze saloniku (Parlour Interior) - 3500zł (US$1100)
  • Martwa natura (Still life) 4800 zł (US$1600)
  • Róże (The roses) - 1800 zł (US$600)
  • Martwa natura z hiacyntem i porcelanowym wschodnim talerzem

Pranala luar[sunting | sunting sumber]