Ziemomysł dari Inowrocław

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Ziemomysł[1] dari Inowrocław (bahasa Polandia: Ziemomysł inowrocławski; skt. 1245 – Oktober/24 Desember 1287), merupakan seorang pangeran Polandia, ia berasal dari Wangsa Piast, Adipati Inowrocław selama tahun 1267-1271 dan 1278-1287, dan memerintah atas Bydgoszcz selama tahun 1267-1269 dan 1278-1287.

Ziemomysł adalah putra kedua Kazimierz I dari Kuyavia dan istri keduanya, Konstancja, putri Henryk II Pobożny.

Kehidupan[sunting | sunting sumber]

Tahun-tahun awal[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1257 ibundanya meninggal, dan ayahandanya segera menikah untuk yang ketiga kalinya dengan Eufrozyna, putri Kazimierz I dari Opole. Ibu tiri Ziemomysł segera menimbulkan konflik dalam keluarga dengan usahanya untuk mendapatkan manfaat teritorial untuk anak-anaknya sendiri (anak tertua dari mereka adalah calon raja Polandia, Władysław I yang Pendek) yang merugikan Ziemomysł dan kakanda kandungnya Leszek Czarny; Beberapa kronik bahkan menuduh Eufrozyna mencoba meracuni kedua pangeran tersebut, namun hal ini tidak terbukti.

Adipati Inowrocław[sunting | sunting sumber]

Pemerintahan pertama[sunting | sunting sumber]

Setelah kematian ayahandanya pada tahun 1267 Ziemomysł mewarisi distrik Inowrocław. Pada awal masa pemerintahannya di kepangeranan kecil, ia berhasil bertahan dalam serangan kekuatan besar Raja Ottokar II dari Bohemia, yang terikat pada sebuah Perang Salib melawan Lithuania. Mungkin pada saat inilah Ziemomysł menjalin kontak erat dengan Ordo Teutonik dan Sambor II, Adipati Pommern, aliansi yang segera membawa masalah serius untuknya - pemberontakan anak buahnya sendiri.

Konflik tersebut jelas muncul setelah Sambor II (ayah mertuanya sejak tahun 1268) meminjamkan Ziemomysł beberapa ksatria Jerman. Preferensi untuk orang asing ini tidak menyukai ksatria pribumi,[2] dan menyebabkan sebuah konflik bersenjata yang dipimpin oleh Uskup Włocławek, Wolimir, pada tahun 1269. Para pemberontak tersebut memanggil Bolesław Pobożny yang anti-Jerman untuk membantu mereka. Bolesław mengambil Radziejów, Kruszwica dan kastil di Bydgoszcz. Hanya melalui tindakan cepat yang dilakukan Ziemomysł dan hibah untuk mendapatkan hak istimewa lebih jauh kepada Uskup Wolimir memungkinkannya mendapatkan kembali kendali sementara atas tanah-tanahnya.

Pada tahun 1271, Ziemomysł terlibat di dalam urusan-urusan Pommern, di mana ia mendukung ayah mertuanya Sambor II melawan Mściwój II. Keputusan ini memicu serangan lain Bolesław, ditambah dengan pemberontakan anak buahnya yang memaksa Ziemomysł untuk melarikan diri.

Pemerintahan kedua[sunting | sunting sumber]

Ziemomysł memulihkan tanah-tanahnya hanya pada tahun 1278 sebagai hasil kesepakatan di antara Bolesław dan Leszek II di Ląd, di mana Leszek II mengembalikan Inowrocław ke tangan saudaranya hanya setelah ia berjanji untuk menjauhkan diri dari semua penasihat Jermannya. Meskipun konflik berakhir, Bolesław menyimpan Radziejów dan Kruszwica.

Normalisasi yang keliru dari pemerintahannya terjadi dua tahun kemudian di Kongres Rzepka, di mana setelah kesepakatan dengan Mściwój II, ditetapkan bahwa setelah kematiannya, kastil Wyszogród harus kembali ke Inowrocław. Keputusan terakhir dengan kebijakan pro-Jermannya pada tahun 1284, ketika Ziemomysł mendukung saudaranya Leszek II di dalam perang melawan Ordo Teutonik. Rincian konflik tersebut tidak diketahui.

Ziemomysł juga memulai proses pemberian Hak istimewa kota kepada anak buahnya, memberi mereka penghargaan atas Gniewkowo.

Ziemomysł meninggal di antara bulan Oktober dan 24 Desember 1287.[3] Tidak diketahui di mana ia dimakamkan, meskipun diduga bahwa itu terjadi di ibu kota kadipaten, Inowrocław.

Pernikahan dan keturunan[sunting | sunting sumber]

Pada tanggal 29 Februari 1268, Ziemomysł menikahi Salome, putri Sambor II, Adipati Pommern.[4] Mereka memiliki enam orang anak:

  1. Eufemia (meninggal semasa kecil, 3 Maret 1268/78).
  2. Fenenna (skt. 1268/77 – 1295) menikah dengan András III dari Hongaria.
  3. Konstancja (1268/80 – 8 Agustus 1331), seorang suster.[5]
  4. Leszek (1275/76 – setelah 27 April 1339).
  5. Przemysł (skt. 1278 – November 1338/16 Februari 1339).
  6. Kazimierz III (1280/84 – 22 Agustus 1345/13 Mei 1350).

Karena putra-putranya masih bocah ketika ia meninggal, jandanya dan saudara tirinya, Władysław yang Pendek menjadi pemangku takhta atas nama mereka.

Silsilah[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ The spelling Ziemomysł is more common than Siemomysł. It is in this form that it appears on the seal of his daughter, Fenenna. Cf. Kazimierz Jasiński, Rodowód Piastów małopolskich i kujawskich, Poznań - Wrocław 2001, p. 105.
  2. ^ Benedykt Zientara: Społeczeństwo Polski od X do XX wieku, 1999, p. 198.
  3. ^ Siemomysł (Siemaszko) Inowrocławski (Kujawski) in poczet.com [retrieved 18 February 2015].
  4. ^ Ziemomysl Piast
  5. ^ POLAND, Medieval Lands