Zhou Xuan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Zhou Xuan
Nama Tionghoa 周璇
Pinyin Zhōu Xuán (Mandarin)
Nama Lahir Su Pu (蘇璞)
Lahir 1 Agustus 1918
Changzhou, Jiangsu, China
Wafat 22 September 1957 (umur 39)
Shanghai
Pekerjaan Penyanyi, aktris
Genre Shidaiqu
Tahun aktif 1935-57

Zhou Xuan (1 Agustus 1918 atau 1920 – September 22, 1957), juga diromanisasikan sebagai Chow Hsuan, adalah seorang aktris film dan penyanyi Tiongkok ikonik. Pada 1940an, ia menjadi salah satu dari tujuh bintang nyanyi terbesar di China.[1] Ia adalah orang yang paling terkenal dari ketujuh bintang tersebut, yang berjuluk "Suara Emas", dan berkarier dalam dunia film sampai 1953. Ia membuat lebih dari 200 lagu dan tampil dalam lebih dari 40 film dalam kariernya.[2]

Kehidupan awal[sunting | sunting sumber]

Zhou lahir dengan nama Su Pu (蘇璞), namun dipisahkan dari orangtua kandungnya pada usia muda dan dibesarkan oleh orangtua angkat. Ia menjalani hidupnya untuk mencari orangtua biologisnya namun orangtua angkatnya tidak pernah memberitahukannya sampai kematiannya.[3]

Menurut penelitian keluarga, seorang kerabat yang merupakan seorang pemakai candu memindahkannya pada usia 3 tahun ke kota lain dan menjualnya ke sebuah keluarga yang bermarga Wang, yang menamakannya Wang Xiaohong. Ia kemudian diangkat oleh sebuah keluarga bermarga Zhou, yang mengubah namanya menjadi Zhou Xiaohong.[4]

Pada usia 13 tahun, ia mengambil nama Zhou Xuan sebagai nama panggungnya, 'Xuan' () artinya jade indah dalam bahasa Tionghoa.

Karier[sunting | sunting sumber]

Pada 1932, Zhou mulai berakting sebagai anggota dari Kelompok Tari dan Lagu Bright Moon yang dipimpin oleh Li Jinhui. Ketika ia berusia empat belas tahun, ia memenangkan penghargaan kedua dalam sebuah kontes menyanyi di Shanghai dan diberi julukan "Suara Emas" (金嗓子).[2]

Zhou memulai karier filmnya pada 1935, dan meraih ketenarannya pada 1937 ketika sutradara Yuan Muzhi menjadikannya sebagai salah satu pemeran utama sebagai gadis yang menyanyi dalam Street Angel. Zhou menjadi penyanyi terkenal pada era gramofon sampai kematiannya karena menyanyikan berbagai nada terkenal dari filmnya sendiri.

Antara 1946 dan 1950, ia sering pergi ke Hong Kong untuk membuat film-films seperti "All-Consuming Love" (長相思), "Hua wai liu ying" (花外流鶯), "Qinggong mishi" (清宮秘史), dan "Rainbow Song" (彩虹曲). Setelah memperkenalkan "Shanghai Nights" (夜上海) pada 1949, Zhou kembali ke Shanghai. Ia menjalani beberapa tahun berikutnya dengan keluar masuk institusi mental. Pada tahun-tahun tersebut, Zhou mengalami komplikasi dan kehidupan yang tak bahagia yang ditandai oleh pernikahannya yang gagal, anak tak sah, dan upaya bunuh diri.

Tampil dalam 43 film, film kesukaannya adalah Street Angel. Film tersebut berisi dua lagu pembuka: "Four Seasons Song" (四季歌) dan "The Wandering Songstress", yang mengalami popularitas dalam waktu yang lama.[4] Lagu karya Zhou Xuan yang terkanal lainnya meliputi "When Will You Return?", "Shanghai Nights" (lagu pembuka dari film dengan nama yang sama), "Yellow Leaves Dancing in Autumn Wind" (黃葉舞秋風), "Forever Smile" (永遠的微笑), "Hundred Flower Song" (百花歌), "Advice" (叮嚀), "Where Can the Soul Mate be Found" (知音何處尋), dan "Picking Betal Nuts" (採檳榔).

Kematian[sunting | sunting sumber]

Pada 1957, ia meninggal di Shanghai karena tekanan mental pada usia 39 tahun saat Gerakan Anti-Sayap Kanan.[5]

Zhou Xuan meninggalkan 2 putra, Zhou Wen[6] dan Zhou Wei, yang lahir dari ayah yang berbeda. Menurut biografi Zhou Wen, putra bungsunya, Zhou Wei, adalah putra dari Tang Di (唐棣), sementara ayah Zhou Wen tidak diketahui.

Zhou Wei sekarang tinggal di Toronto tampil pada beberapa waktu di subway-subway TTC, dan berpartisipasi dalam berbagai proyek musik, termasuk mengajar. Ia dikenal sebagai seorang flautist.[7][8] Ia memiliki dua putri, keduanya musisi. Anak sulung dari dua bersaudari tersebut, Zhou Xiaoxuan, adalah seorang pianis klasik yang terlatih di Universitas Concordia dan sekarang tinggal di Beijing.

Warisan budaya[sunting | sunting sumber]

Pada saat ini, lagu-lagu Zhou Xuan masih tetap ada di beberapa koleksi musik populer Mandarin Golden Oldies.

Terdapat 2 biografi yang ditulis oleh anggota keluarga Zhou Xuan yang masih hidup. Buku My Mother Zhou Xuan (我的媽媽周璇) yang ditulis oleh Zhou Wei dan istrinya Chang Jing (常晶); sementara buku yang lainnya, Zhou Xuan Diary (周璇日記), ditulis oleh Zhou Wen.

Televisi[sunting | sunting sumber]

Sebuah adaptation dari kehidupan Zhou Xuan adalah Song Bird di TVB pada 1989, yang dibintangi oleh Nadia Chan sebagai Zhou Xuan dan Leon Lai sebagai kekasihnya. Dalam serial ini, lagu-lagu Xuan ditulis ulang dalam bahasa Kanton dan dinyanyikan oleh Chan. Ia menyanyi duet bersama dengan Lai dalam program tersebut ketika dibawah label Crown Records (娛樂唱片). Deric Wan menggantikan vokal Lai pada album soundtrack-nya.

Adaptasi lainnya, yang berdasarkan pada biografi Zhou Wei, adalah serial berbahasa Tionghoa yang berjudul Zhou Xuan (周璇), yang dibintangi oleh Cecilia Cheung.[9]

Filmografi[sunting | sunting sumber]

Zhouxuan.jpg
  • 狂歡之夜 (1935)
  • Street Angel (馬路天使, 1937)
  • 西廂記 (1940)
  • 孟麗君 (1940)
  • Dream of the Red Chamber 红楼梦 (1944)
  • Night Inn 夜店 (1947)
  • 長相思 (1947)
  • 清宮秘史 (1948)
  • 花外流鶯 (1948)
  • 歌女之歌 (1948)
  • 莫負青春 (1949)
  • 花街 (1950)

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Baidu. "Baidu." Bai Guang. Retrieved on 2007-04-28.
  2. ^ a b Emilie Yueh-yu Yeh. "Chapter 12 - China". Di Corey Creekmur, Linda Mokdad. The International Film Musical (Traditions in World Cinema). ISBN 978-0748634767. 
  3. ^ 周璇身世越发离奇 原名苏璞竟是苏轼后人
  4. ^ a b "Golden Voice" Zhou Xuan, CRI, 2004-3-31, page 1.
  5. ^ Atkins, Taylor. Jazz Planet. University Press of Mississippi, 2003. ISBN 1-57806-609-3
  6. ^ 周璇两儿子爆出几十年恩怨纠葛(图)
  7. ^ 越洋连线专访周璇次子周伟:真实的周璇 (图)
  8. ^ “地铁王子”---周璇之子在加拿大
  9. ^ 张淳 (2006-03-28). "张柏芝版"周璇"面目全非 周家后人三大不满". Xinhua News. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]