Zhang Zeduan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Detail dari lukisan "Sepanjang Sungai Saat Perayaan Qingming" asli karya Zhang Zeduan, awal abad ke-12
Detail dari lukisan "Sepanjang Sungai Saat Perayaan Qingming", yang dibbuat ulang pada abad ke-18.

Zhang Zeduan (Hanzi Sederhana: 张择端; Hanzi Tradisional: 張擇端; Pinyin: Zhāng Zéduān; Wade–Giles: Chang Tse-tuan; 1085–1145),[1] alias Zheng Dao, adalah seorang pelukisan Tiongkok terkenal dari Dinasti Song. Ia hidup pada masa transisi dari Song Utara ke Song Selatan, dan menjadi instrumental pada sejarah awal dari gaya seni landskap Tiongkok yang dikenal sebagai shan shui.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Zhang berasal dari Dongwu (sekarang Zhucheng, Shandong). Ia adalah seorang pelukis dewan dari Dinasti Song Utara, dan setelah keruntuhan dinasti tersebut, lukisan-lukisannya sering digunakan untuk menggambarkan keadaan sosial pada zaman tersebut.

Lukisan karya Zhang Zeduan yang paling terkenal adalah Sepanjang Sungai Saat Perayaan Qingming, sebuah lukisan tangan yang menggambarkan kehidupan di sebuah kota. Lukisan ini menjadi menjadi terkenal di seluruh China, ketika seorang kaisar dari Dinasti Yuan (1279–1368) menulis sebuah puisi yang memuji karya seni tersebut.[2] Sebuah pembuatan ulang populer dari lukisan tersebut dibuat pada abad ke-18, pada masa Dinasti Qing.

Panorama Sepanjang Sungai Saat Perayaan Qingming, lukisan asli pada abad ke-12 karya Zhang Zeduan

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ China Online Museum, article on Zhang Zeduan
  2. ^ Needham, Volume 4, Part 3, 463.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • Needham, Joseph (1971). Science and Civilisation in China: Volume 4, Physics and Physical Technology, Part 3, Civil Engineering and Nautics. Cambridge: Cambridge University Press.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]