Zero Dark Thirty

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Zero Dark Thirty
ZeroDarkThirty2012Poster.jpg
Poster film Zero Dark Thirty
SutradaraKathryn Bigelow
ProduserKathryn Bigelow
Mark Boal
Megan Ellison
SkenarioMark Boal
PemeranJessica Chastain
Jason Clarke
Joel Edgerton
MusikAlexandre Desplat
SinematografiGreig Fraser
PenyuntingDylan Tichenor
William Goldenberg
Perusahaan
produksi
First Light Production
Annapurna Pictures
DistributorColumbia Pictures
Tanggal rilis
  • 19 Desember 2012 (2012-12-19) (terbatas di Amerika Serikat)
  • 11 Januari 2013 (2013-1-11) (secara luas di Amerika Serikat)
Durasi
157 menit[1]
NegaraAmerika Serikat
BahasaInggris
Anggaran$40 juta
Pendapatan kotor$132.820.716[2]

Zero Dark Thirty adalah film drama thriller Amerika Serikat tahun 2012 yang disutradarai oleh Kathryn Bigelow dan diproduseri oleh Kathryn Bigelow, Mark Boal dan Megan Ellison. Naskah film ini ditulis oleh Mark Boal. Film ini dibintangi oleh Jessica Chastain, Jason Clarke dan Joel Edgerton.

Film Zero Dark Thirty dirilis di Amerika Serikat pada tanggal 19 Desember 2012 secara terbatas dan 11 Januari 2013 secara luas.[3] Film ini mendapatkan review positif dari para kritikus.

Plot[sunting | sunting sumber]

Maya (Jessica Chastain) merupakan seorang analis CIA Amerika Serikat, yang direkrut "di luar sekolah formal" sekitar tahun 1999, yang bertugas untuk menemukan pemimpin Al-Qaeda Osama bin Laden (Ricky Sekhon). Pada tahun 2003, ia ditempatkan di Kedutaan Besar Amerika Serikat di Islamabad, Pakistan. Maya dan rekannya, Dan (Jason Clarke), mendatangi interogasi Ammar al-Baluchi (Reda Kateb) di lokasi hitam. Ammar merupakan seorang tahanan yang diduga memiliki hubungan dengan beberapa pembajak dalam serangan 11 September 2001 yang dikenakan teknik interogasi penyiksaan yang disetujui. Ammar memberikan informasi yang tidak dapat dipercaya mengenai dugaan serangan di Arab Saudi, tetapi ia memberitahu Maya nama kurir pribadi yang sebelumnya tidak diketahui untuk Osama bin Laden, Abu Ahmed al-Kuwaiti. Intelijen tahanan lainnya memantau lalu lintas yang dilakukan oleh Abu Ahmed antara Abu Faraj al-Libbi (Yoav Levi) dan Osama bin Laden. Pada tahun 2005, Abu Faraj menyangkal mengetahui tentang seorang kurir bernama Abu Ahmed. Maya memperkirakan hal ini sebagai upaya Abu Faraj untuk menyembunyikan kepentingan Abu Ahmed.

Pada tahun 2009, ketika serangan Camp Chapman terjadi, rekan dan teman Maya, Jessica (Jennifer Ehle), terbunuh. Pada hari yang sama, seorang manajer kasus, yang menyukai kepemimpinan Abu Ahmed, menyerahkan kepada Maya sebuah interogasi dengan seorang tahanan Jordania yang mengklaim telah mengubur Abu Ahmed secara pribadi pada tahun 2001. Maya mengetahui apa yang dikatakan CIA lima tahun sebelumnya bahwa orang Maroko menangkap Ibrihim Sayeed yang sedang berjalan-jalan atas nama Abu Ahmed al-Kuwaiti. Menyadari pemimpin Maya mungkin masih hidup, Maya menghubungi Dan, yang sekarang menjadi perwira senior di markas besar CIA. Maya berspekulasi bahwa foto "Abu Ahmed" dari CIA adalah foto saudaranya, Habeeb, yang terbunuh di Afghanistan. Maya memberitahu bahwa janggut dan pakaian asli mereka membuat semua saudaranya terlihat sama. Hal ini akan membuktikan catatan Ammar tentang "kematian" Abu Ahmed pada tahun 2001.

Maya menginginkan nomor telepon ibu Ibrihim Sayeed yang berasal dari seorang pangeran Kuwait sebagai harga sebuah Lamborghini. Mata-mata CIA menggunakan metode elektronik untuk mengetahui penelepon di dalam kendaraan yang terus-menerus menunjukkan perilaku tradecraft yang menunda konfirmasi identitasnya. Kendaraan tersebut dilacak secara fisik ke sebuah kompleks perkotaan yang besar di Abbottabad, Pakistan, dekat Akademi Militer Pakistan. Pasukan bersenjata menyerang Maya saat ia berada di dalam kendaraannya. Tindakan tersebut menunjukkan kepada agensi bahwa identitas Maya diketahui sehingga ia dipanggil kembali ke Washington, D.C.

Ketika suatu kompartemen diletakkan di bawah pengawasan, adat dan budaya penduduk dianalisis namun tidak ada identifikasi foto konklusif Osama bin Laden yang didapat. Penasihat Keamanan Nasional Amerika Serikat (Stephen Dillane) menugaskan CIA untuk membuat rencana menangkap atau membunuh Osama bin Laden. Dua helikopter siluman dari Area 51 diterbangkan oleh Resimen Penerbangan Operasi Khusus Angkatan Darat ke-160 dan memerintahkan anggota DEVGRU dan anggota SAD/SOG dari CIA untuk memasuki Pakistan dan menyerang kompleks tersebut. Sebelum memberitahu Presiden Barack Obama, direktur CIA (James Gandolfini) mengadakan pertemuan dengan perwira seniornya, yang menilai bahwa Osama bin Laden yang berada di sana adalah peluang mereka sekitar 60% sampai dengan 80% dan bukan target bernilai tinggi lainnya. Maya, yang juga hadir di sana, menggunakan intelinjen "adat" untuk menunjang kesimpulannya hingga 100% bahwa Osama bin Laden berada di sana.

Penggerebekan tersebut disetujui dan dieksekusi pada tanggal 2 Mei 2011. Salah satu helikopternya mengalami kecelakaan, Navy SEAL masuk dan membunuh sejumlah orang di dalam kompleks tersebut, di antaranya seorang pria di gedung yang diyakini sebagai Osama bin Laden. Di pangkalan Amerika Serikat di Jalalabad, Afghanistan, Maya secara visual menegaskan identitas mayat tersebut. Maya terakhir terlihat menaiki sebuah angkutan militer untuk kembali ke Amerika Serikat dan duduk di pedalaman yang luas sebagai satu-satunya penumpang. Pilot bertanya ke mana ia ingin pergi, tetapi ia tidak menjawabnya.

Saat pintu kargo pesawat tertutup, Maya mulai menangis pelan.[4]

Pemeran[sunting | sunting sumber]

CIA

  • Jessica Chastain sebagai Maya, analis intelijen CIA[5]
  • Jason Clarke sebagai Dan, staf intelijen CIA
  • Jennifer Ehle sebagai Jessica, analis senior CIA
  • Mark Strong sebagai George, pengawas senior CIA[5]
  • Kyle Chandler sebagai Joseph Bradley, kepala cabang CIA di Islamabad
  • James Gandolfini sebagai direktur CIA
  • Harold Perrineau sebagai Jack, analis CIA
  • Mark Duplass sebagai Steve, analis CIA
  • Fredric Lehne sebagai 'The Wolf', kepala bagian CIA
  • John Barrowman sebagai Jeremy, eksekutif CIA
  • Jessie Collins sebagai Debbie, analis CIA
  • Édgar Ramírez sebagai Larry, mata-mata (SAD/SOG) CIA
  • Fares Fares sebagai Hakim, mata-mata SAD/SOG CIA
  • Scott Adkins sebagai John, mata-mata SAD/SOG CIA

US Navy

  • Joel Edgerton sebagai Patrick, pemimpin tim DEVGRU (SEAL Team 6)
  • Chris Pratt sebagai Justin, operator DEVGRU
  • Callan Mulvey sebagai Saber, operator DEVGRU
  • Taylor Kinney sebagai Jared, operator DEVGRU
  • Mike Colter sebagai Mike, operator DEVGRU
  • Frank Grillo sebagai petugas komando DEVGRU
  • Christopher Stanley sebagai wakil laksamana Bill McRaven

Tokoh lain

Tanggapan Kritikus[sunting | sunting sumber]

Film Zero Dark Thirty mendapatkan review positif dari para kritikus. Berdasarkan Rotten Tomatoes, film ini memiliki rating 91%, berdasarkan 273 ulasan, dengan rating rata-rata 8,6/10.[6] Berdasarkan Metacritic, film ini mendapatkan skor 95 dari 100, berdasarkan 46 kritik, menunjukkan "pengakuan universal".[7] Berdasarkan CinemaScore, film ini mendapatkan nilai "A-" dari penonton film untuk skala A+ sampai F.[8]

Box Office[sunting | sunting sumber]

Film Zero Dark Thirty mendapatkan $95.720.716 di Amerika Utara dan $37.100.000 di negara lain. Total pendapatan yang dihasilkan oleh film ini mencapai $132.820.716, melebihi anggaran produksi film $40 juta.[2]

Pada pembukaan akhir pekan secara terbatas, film ini mendapatkan $417.150, menempati posisi ke-21 di box office. Namun, pada pembukaan akhir pekan secara luas, film ini mendapatkan $24.438.936, menempati posisi teratas di box office.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Zero Dark Thirty (15)". British Board of Film Classification. November 28, 2012. Diakses tanggal November 28, 2012. 
  2. ^ a b c "Zero Dark Thirty (2012)". Box Office Mojo. Diakses tanggal March 3, 2018. 
  3. ^ Derschowitz, Jessica (December 11, 2012). "'Zero Dark Thirty' premieres in Los Angeles". CBS News. Diakses tanggal March 3, 2018. 
  4. ^ Rothman, Lily (January 28, 2013). "Zero Dark Thirty, Declassified: Bigelow Dishes on Deeper Meaning of Closing Scene". Time. Diakses tanggal March 3, 2018. 
  5. ^ a b Cieply, Michael; Barnes, Brooks (November 23, 2012). "Bin Laden Film's Focus Is Facts, Not Flash". The New York Times. Diakses tanggal November 26, 2012. 
  6. ^ "Zero Dark Thirty (2012)". Rotten Tomatoes. Diakses tanggal March 3, 2018. 
  7. ^ "Zero Dark Thirty reviews". Metacritic. Diakses tanggal March 3, 2018. 
  8. ^ "CinemaScore". cinemascore.com. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]