Zenit-2

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Zenit-2 rocket ready for launch.jpg

Zenit-2 adalah roket pembawa sekali pakai Ukraina, yang sebelumnya Soviet. Pertama diterbangkan pada tahun 1985, telah diluncurkan 37 kali, dengan enam kegagalan. Ini adalah anggota dari keluarga roket Zenit, dan dirancang oleh Yuzhnoye Design Bureau. Sebuah versi modifikasi, Zenit-2S, digunakan sebagai dua tahap pertama dari roket Sea Launch Zenit-3SL. Peluncuran dari roket Zenit-2 dilakukan dari Kosmodrom Baikonur Site 45/1 . Sebuah pad kedua, 45/2, juga dibangun, tetapi hanya digunakan untuk dua peluncuran sebelum hancur dalam ledakan. Sebuah pad ketiga, Site 35 di Kosmodrom Plesetsk tidak pernah selesai, dan pekerjaan ditinggalkan setelah pembubaran dari Uni Soviet .

Zenit-2 saat ini sedang digantikan oleh Zenit-2M, yang menggabungkan perangkat tambahan yang dibuat selama pengembangan Zenit-3SL, dan tidak jelas apakah tetap akan diluncurkan. Zenit-2 memiliki tingkat penerbangan yang cukup rendah sebagai pemerintah Rusia biasanya menghindari peraturan muatan roket pada roket Ukraina.

Selama 1990-an, Zenit-2 dipasarkan untuk meluncurkan komersial. Hanya satu peluncuran tersebut dilakukan, dengan sekelompok satelit Globalstar, yang berakhir dengan kegagalan setelah kesalahan komputer menyebabkan cutoff dini dari tahap kedua.

Kegagalan[sunting | sunting sumber]

Pada tanggal 4 Oktober 1990, peluncur Zenit-2 ke-15 lepas landas dari Situs 45/2, Kosmodrom Baikonur. Namun, pada T+3 detik, peluncur meledak dan jatuh kembali ke landasan peluncuran, yang benar-benar hancur oleh ledakan tersebut.

Investigasi menyimpulkan bahwa kemungkinan penyebab kecelakaan adalah rusaknya pipa pasokan gas ke ruang bakar No. 2 mesin RD-171. Kehancuran ini mungkin merupakan konsekuensi dari masuknya partikel asing ke dalam mesin setelah uji bangku.

Tanggal 20 Mei 1997, peluncur Zenit-2 ke-28 meluncur dari Situs 45/1. Membawa satelit intelijen elektromagnetik (ROEM) kelas Tselina-2 ( 11F644 n ° 813 ). Pada T+41, peluncur berhenti mengirim telemetri, dan pada T+48 perintah penghentian mesin darurat (AVD) RD-171 dikirim secara otomatis. Peluncur jatuh dan meledak 9 km dari titik tembak n ° 2, tetapi tidak menimbulkan korban jiwa.

Referensi[sunting | sunting sumber]