Zaman Peralihan (buku)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Buku Zaman Peralihan (Gagas Media,2005)

Zaman Peralihan adalah buku yang berisi kumpulan tulisan-tulisan Soe Hok Gie tentang kondisi Indonesia pada era peralihan kekuasaan Soekarno ke Soeharto. Tulisan-tulisan tersebut merupakan tulisan Soe Hok Gie yang biasa dijumpai di media massa terbitan tahun 60-an, seperti Kompas, Harian Kami, Sinar Harapan, Mahasiswa Indonesia, dan Indonesia Raya. Jumlah artikel tulisan Soe Hok Gie yang dibukukan tersebut mencapai sepertiga bagian dari keseluruhan tulisan yang pernah ia buat.

Mengenai Tulisan-tulisan[sunting | sunting sumber]

Tulisan-tulisan Soe Hok Gie yang tersirat dalam buku Zaman Peralihan merupakan serapan dari permasalahan-permasalahan yang ia temui pada hari-hari kehidupannya. Kritiknya yang tajam, menusuk hingga ke jeruji-jeruji para pelaku ketidakadilan. Bahkan sering kali Soe Hok Gie menyebutkan nama orang-orang yang dianggapnya tidak bisa menegakkan keadilan, termasuk teman-teman seperjuangan dalam demonstrasi yang ia pelopori.

Pada buku Zaman Peralihan, terdapat 4 bagian yang mendasari keseluruhan buku tersebut. Keempat bagian tersebut merupakan bagian-bagian yang saling berhubungan, baik dalam kehidupan pribadinya, hingga urusan pemerintahan yang berkaitan dengan hasil pemikiran-pemikirannya.

Bagian I: Masalah Kebangsaan[sunting | sunting sumber]

Bagian ini berisi tentang masalah-masalah yang melingkupi negara, seperti peralihan pemerintahan dari Orde Lama ke Orde Baru, tokoh-tokoh sejarah yang berpengaruh pada zaman perjuangan, serta lebih banyak berbicara tentang permasalahan organisasi massa.

Bagian II: Masalah Kemahasiswaan[sunting | sunting sumber]

Lebih banyak berisi tulisan-tulisan tentang kehidupannya sebagai mahasiswa, dan membahas masalah-masalah yang timbul dari dalam kampus.

Bagian III: Masalah Kemanusiaan[sunting | sunting sumber]

Berisi tentang pelanggaran HAM, peperangan, serta kondisi sosial yang menentukan Indonesia dikemudian hari. Hasil pemikiran Soe Hok Gie yang mengandung kontroversi lebih banyak dituangkan di bagian ini.

Bagian IV: Catatan Turis Terpelajar[sunting | sunting sumber]

Menceritakan pengalaman-pengalaman dia ketika melawat ke negeri Paman Sam, Amerika Serikat. Diceritakan juga pertemuannya dengan muda-mudi pelajar Amerika dan hasil diskusi-diskusi yang terjadi disana.

Untuk memahami tulisan-tulisan Soe Hok Gie, ada baiknya memahami situasi pada saat dia menjalani kehidupannya yaitu situasi dan kondisi pada tahun-tahun 1962 sampai dengan 1969.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]