Zaid Shakir

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Zaid Shakir
LahirRicky D. Mitchell
24 Mei 1956 (umur 67)
Berkeley, California, A.S.
PekerjaanCendekiawan Muslim, Profesor, Penulis
Situs webNew Islamic Directions.com

Zaid Shakir Salim (lahir 24 Mei 1956) adalah seorang cendekiawan muslim dan penulis Amerika yang merupakan co-founder (bersama Hamza Yusuf dan Hatem Bazian), dan anggota fakultas dari Zaytuna College di Berkeley, California, Amerika Serikat, tempat ia mengajar kursus bahasa Arab, fikih, sejarah, dan spiritualitas Islam.

Awal kehidupan[sunting | sunting sumber]

Lahir di Berkeley, California, dan dengan tahun-tahun formatifnya di Connecticut, ia menerima Islam pada tahun 1977 ketika bertugas di Angkatan Udara Amerika Serikat dan tak lama setelah mengubah namanya menjadi Zaid Shakir Salim.[1] Sebuah lulusan summa cum laude, ia memperoleh gelar BA Hubungan Internasional di Universitas Amerika, Washington, D.C. dan kemudian memperoleh gelar MA di bidang Ilmu Politik di Universitas Rutgers.[1] Sementara di Rutgers, ia berhasil memimpin kampanye untuk penarikan investasi dari Afrika Selatan, dan membantu mendirikan pusat Islam setempat, Masjid al-Huda.[2] Setelah setahun belajar bahasa Arab di Kairo, Mesir, ia menetap di New Haven, Connecticut dan melanjutkan aktivitas kemasyarakatannya, membantu mendirikan Masjid al-Islam, Tri-State Muslim Education Initiative, dan Connecticut Muslim Coordinating Committee.[1] Sebagai Imam Masjid al-Islam tahun 1988 hingga 1994 ia memimpin sebuah pembaharuan masyarakat dan upaya akar rumput anti-narkoba. Dia juga mengajar ilmu politik dan bahasa Arab di Southern Connecticut State University.[1] Ia menjabat sebagai pemuka agama dewan antaragama di Universitas Yale dan mengembangkan Pelatihan Sensitivitas Kerohanian untuk dokter di Rumah Sakit Yale New Haven. Zaid Shakir berpartisipasi sebagai pembicara di konferensi tahunan Masyarakat Islam Amerika Utara.[3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d "Media List – Imam Zaid Shakir Professor, Writer, and Scholar". newislamicdirections.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2012-05-01. Diakses tanggal October 22, 2011. 
  2. ^ "salatomatic". Diakses tanggal October 22, 2011. 
  3. ^ "Speakers – Short Biographies – Zaid Shakir". Islamic Society of North America. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2013-01-13. Diakses tanggal October 22, 2011.