Yvonne Printemps

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Printemps, 1943

Yvonne Printemps (bahasa Prancis: [pʁɛ̃tɑ̃]; 25 Juli 1894 – 19 Januari 1977) adalah seorang penyanyi dan aktris asal Prancis yang mencapai ketenaran di atas panggung dan layar di Prancis dan internasional.

Printemps naik ke panggung di Paris pada usia 12, dan pada usia 21 dia dipilih oleh aktor, sutradara dan penulis naskah Sacha Guitry sebagai pemeran utama wanita. Pada tahun 1919 mereka menikah, dan bekerja sama hingga tahun 1932, ketika mereka bercerai. Printemps tidak pernah menikah lagi, tetapi memiliki kemitraan pribadi dan profesional dengan aktor Pierre Fresnay yang berlangsung sampai kematiannya pada tahun 1975.

Sebagai seorang penampil, Printemps terkenal karena kualitas suaranya yang menyanyi dan pesona pribadinya. Di antara mereka yang menggubah untuknya adalah André Messager, Reynaldo Hahn, Noël Coward dan Francis Poulenc. Suaranya bisa membawanya ke karir opera, tetapi dipandu oleh Guitry dia berkonsentrasi pada operetta dan jenis pertunjukan musik lainnya, bersama dengan drama dan film non-musikal. Selain banyak keberhasilannya di Paris, ia juga mendapat pujian besar di West End London, dan di Broadway di New York.

Réferensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]