Yunita Triwardani Winarto

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search

Prof. Dr. Yunita Triwardani Winarto (lahir di Malang, 1 Juni 1950; umur 68 tahun) adalah antropolog Indonesia. Ia merupakan guru besar dari Departemen Antropologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Indonesia.[1]

Pada tahun 2006-2011, ia adalah pengampu pertama Academy Professor Indonesia dalam bidang Ilmu Sosial-Humaniora di bawah naungan Akademi Ilmu Pengetahuan Belanda (KNAW– the Royal Netherlands Academy of Arts and Sciences) dan Akademi Ilmu Pengetahuan Indonesia (AIPI). Pada tahun 2013, ia diangkat menjadi anggota Komisi Kebudayaan, AIPI.

Penelitiannya fokus pada dialektika pengetahuan lokal dan ilmiah melalui program pemberdayaan bagi petani, kreativitas dan pembentukan pengetahuan, interaksi manusia dan lingkungan hidupnya, serta adaptasi pada konsekuensi perubahan iklim. Penelitian dilaksanakan tidak hanya di Indonesia, tetapi juga di Kamboja, Thailand, dan Vietnam.

Sejak tahun 2008, ia mengembangkan pendekatan kajian antropologi kolaboratif dan antropologi publik, untuk memfasilitasi petani mengembangkan kemampuan adaptasinya pada perubahan iklim. Science Field Shops atau Warung Ilmiah Lapangan menjadi produk yang dihasilkannya bersama dengan mitra kerja dari disiplin ilmu agrometeorologi

Ia memperoleh gelar pertama (Sarjana, 1980) dan kedua (Magister, 1984) dalam bidang antropologi dari Universitas Indonesia, Master of Science dalam bidang environmental technology (1985) dari the Centre for Environmental Technology, Imperial College of Science, Technology, and Medicine (UK), dan Ph.D. dalam bidang antropologi (1997) dari the Research School of Pacific and Asian Studies, the Australian National University.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "https://www.aipi.or.id/index.php?pg=detilanggota&mid=126&mit=3". www.aipi.or.id. Diakses tanggal 2018-09-16.  Hapus pranala luar di parameter |title= (bantuan)