Yuet Wai Kan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Yuet Wai Kan
簡悅威
Lahir 11 Juni 1936 (umur 82)
Hong Kong
Kewarganegaraan Amerika Serikat
Kanada
Bidang genetika manusia
kedokteran
Institusi Universitas Hong Kong
Rumah Sakit Queen Mary
Rumah Sakit Wanita dan Brigham
Universitas Pittsburgh
MIT
Universitas McGill
Penn
Rumah Sakit Anak Boston
Sekolah Kedokteran Harvard
Rumah Sakit Umum San Francisco
HHMI
UCSF
Alma mater Universitas Hong Kong
Dikenal karena penyakit darah manusia
diagnosis pralahir
diagnosis DNA
polimorfisme DNA
Penghargaan Penghargaan Allan (1984)
Penghargaan Gairner Int' (1984)
Penghargaan Lasker (1991)
Penghargaan Shaw (2004)

Yuet Wai Kan FRS (簡悅威, juga ditulis sebagai Yuet-Wai Kan) (lahir 11 Juni 1936) adalah ilmuwan kedokteran dan dokter berkebangsaan Kanada dan Amerika Serikat.[1] Dia adalah Profesor Hematologi Louis K. Diamond saat ini dan kepala Divisi Pengobatan Molekuler dan Diagnostik di Universitas California, San Francisco. Dia merupakan mantan Presiden American Society of Hematology (ASH).

Biografi[sunting | sunting sumber]

Kan lahir di Hong Kong pada tahun 1936. Saudaranya, Sir Yuet Keung Kan, merupakan Anggota Tidak Resmi Senior Dewan Legislatif dan Dewan Eksekutif Hong Kong.

Kan lulus dengan gelar M.B.B.S. (tahun 1958) dan M.D. (tahun 1980) dari Fakultas Kedokteran Universitas Hong Kong. Dia mengikuti pelatihan medis di Rumah Sakit Queen Mary, kemudian pergi ke Amerika Serikat untuk studi lanjutan.[2]

Sejak 1976, Kan telah menjadi peneliti di Institut Kedokteran Howard Hughes. Kan menjabat sebagai presiden American Society of Hematology (ASH) pada tahun 1990. Kan saat ini adalah seorang profesor di Departemen Laboratorium Kedokteran di Universitas California, San Francisco. Kan juga duduk di Dewan Adjudikator dan Panitia Penyeleksi untuk Ilmu Kehidupan dan Kedokteran yang memilih pemenang dari Penghargaan Shaw.

Penelitian[sunting | sunting sumber]

Kan dianggap sebagai pelopor penerapan biologi molekuler dan genetika menjadi pengobatan klinis. Kan merupakan orang pertama yang menetapkan bahwa mutasi DNA tunggal dapat menyebabkan penyakit manusia, dan yang pertama melakukan diagnosis penyakit manusia dengan menggunakan DNA.[3]

Kan telah membuat banyak kontribusi mendasar untuk pemahaman mengenai penyakit darah manusia. Kan merupaka orang pertama yang menemukan delesi pada gen talasemia alfa manusia, menemukan mutasi titik yang menyebabkan talasemia beta manusia, dan dengan bantuan Golbus, melakukan diagnosis pralahir (untuk hemoglobinopati).[4]

Kan terkenal karena karya terobosannya pada anemia sel sabit dan talasemia. Dia adalah orang pertama yang menggunakan teknik diagnosis DNA janin untuk mempelajari penyakit ini. Pekerjaan Kan mengarah pada inovasi diagnosis DNA.[5]

Kan menemukan polimorfisme DNA, yang saat ini banyak digunakan dalam analisis genetik untuk penyakit manusia.[6]

Penghormatan dan penghargaan[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Supplement to Who's who in America. 44. Marquis Who's Who. 1987. Diakses tanggal 13 April 2015. 
  2. ^ "The University of Hong Kong – International Advisory Board: KAN Yuet-Wei". cchi.com.hk. Diakses tanggal 13 April 2015. 
  3. ^ UCSF News Office: UCSF genetics pioneer Y.W. Kan earns Lifetime Achievement Award
  4. ^ Kazazian HH (1986). "The William Allan Memorial Award presented to Yuet Wai Kan". Am. J. Hum. Genet. 38: 1–3. PMC 1684715alt=Dapat diakses gratis. PMID 3511682. 
  5. ^ "United States National Academies – Yuet Wai Kan, CHR Member". Archived from the original on 9 November 2008. Diakses tanggal 25 November 2008. 
  6. ^ "American Society of Hematology: Legend -> Yuet Wai Kan". Archived from the original on 22 September 2008. Diakses tanggal 25 November 2008. 
  7. ^ Hong Kong masuk Republik Rakyat Tiongkok pada tanggal 1 Juli 1997, dan secara resmi menjadi Hong Kong SAR