Your Lie in April (film)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Your Lie in April
Poster
Nama lain
Jepang四月は君の嘘
SutradaraTakehiko Shinjō
ProduserTakashi Ishihara
Kōhei Furukawa
Minami Ichikawa
SkenarioYukari Tatsui
Berdasarkan
Your Lie in April
oleh Naoshi Arakawa
PemeranSuzu Hirose
Kento Yamazaki
Penata musikRyō Yoshimata[1]
SinematograferMitsuru Komiyama
PenyuntingJunnosuke Hogaki
Perusahaan
produksi
C&I entertainment
Fuji TV
Kodansha
Toho
DistributorToho
Tanggal rilis
  • 10 September 2016 (2016-09-10)
Durasi122 menit[2]
Negara Jepang
BahasaJepang
Pendapatan
kotor
¥1,42 miliar (US$13,05 juta)[3]

Your Lie in April (四月は君の嘘) (atau dikenal dengan "Shigatsu wa Kimi no Uso") adalah film roman musik remaja Jepang. Yang disutradarai oleh Takehiko Shinjō, ditulis oleh Yukari Tatsui [ja], dibintangi oleh Suzu Hirose dan Kento Yamazaki, berdasarkan pada seri manga dengan nama yang sama ditulis dan diilustrasikan oleh Naoshi Arakawa [ja].[1][4] Album ini dirilis di Jepang oleh Toho pada 10 September 2016.[2]

Plot[sunting | sunting sumber]

Kosei Arima adalah seorang pianis yang telah memenangkan banyak penghargaan dan pengakuan karena ketepatan, waktu, dan kemampuannya untuk beralih di antara tempo dengan mudah, membuatnya mendapatkan " metronom manusia" moniker. Namun, dia sampai sejauh ini ke posisinya karena dia diajar dengan cermat oleh ibunya yang sakit parah, Saki, yang kasar dan banyak menuntut. Ketika, ketika berusia tujuh tahun, dia menamparnya setelah kemenangan yang dia anggap tidak beralasan, dia menyatakan penolakannya untuk bermain piano lagi dan berharap dia mati. Memang, Saki meninggal pada hari berikutnya; ini menyebabkan Kosei mengalami gangguan mental, membuatnya tidak dapat mendengar suara dari piano serta melihat semuanya sebagai hitam dan putih. Kosei kemudian keluar dari venue.

Suatu saat di bulan April masa remajanya, Kosei diminta oleh teman-teman masa kecilnya, Tsubaki Sawabe dan Ryota Watari, untuk pergi kencan ganda dengan mereka dan Kaori Miyazono, yang menurut Tsubaki tertarik pada Watari. Kaori, ternyata, adalah pemain biola ceria anak-anak. Dia memainkan biola dengan cara yang tidak ortodoks, menolak untuk mengikuti isyarat dan bukannya menciptakan alirannya sendiri yang mengesankan penonton. Salah satu kompetisi mengharuskan pianis bermain dengannya, jadi Kaori memaksa Kosei untuk pensiun dan membantunya. Selama kompetisi, Kosei mengalami gangguan lagi, tetapi Kaori mendorongnya untuk memulai kembali resital, terlepas dari kenyataan bahwa itu akan mendiskualifikasi dirinya. Dia berhasil dan sementara Kaori didiskualifikasi, dia diundang untuk bermain di konser gala. Untuk pesta, Kaori mengambil Love's Sorrow , lagu yang Saki mainkan sebagai lagu pengantar tidur untuk putranya. Kosei awalnya ragu-ragu, tetapi teman pianis ibunya, Hiroko Seto, memberitahunya bahwa itu akan menjadi kesempatan yang baik untuk membuktikan kepada ibunya betapa pianisnya dia.

Selama konser, Kaori tiba-tiba dirawat di rumah sakit, jadi Kosei memainkan peran solo. Kaori kemudian dilepaskan dan memaksa Kosei untuk "menggantikan" Watari untuk kencan yang telah dibuat keduanya, sebagai hukuman karena dia tidak muncul untuknya selama dirawat di rumah sakit. Keduanya mengunjungi sekolah malam itu, di mana Kaori mengungkapkan bahwa dia telah berbohong tentang tanggal tersebut, karena dia masih dirawat di rumah sakit, tetapi dia tidak ingin penyakitnya membuatnya tidak berdaya. Ketika dia pingsan, Kosei membawanya ke rumah sakit tetapi sebaliknya tidak bisa mengatakan apa-apa lagi. Watari dengan tepat menyimpulkan bahwa dia jatuh cinta padanya dan mendorongnya untuk bertemu dan mengakuinya. Sementara itu, Tsubaki dengan sedih menyatakan cintanya sendiri untuk Kosei dan mengungkapkan bahwa dia setuju untuk memperkenalkan Kaori karena dia berharap itu akan membuat Kosei menoleh padanya. Setelah itu, Kosei mengaku kepada Kaori karena keduanya berbagi makanan di atap, juga mengatakan bahwa ia telah mengikuti kompetisi piano. Mendengar keinginannya untuk bermain lagi dengannya, Kaori memutuskan untuk menjalani operasi yang berisiko. Selama kompetisi, Kosei dibantu oleh gambar Kaori bermain biola di sampingnya.

Pada musim semi tahun berikutnya, Kosei membuka surat yang ditulis oleh Kaori, yang tidak selamat dari operasinya. Dia mengetahui bahwa Kaori telah mengaguminya sejak masih sangat muda dan memutuskan untuk mengambil biola sehingga suatu hari nanti dia bisa bermain dengannya. Ketika dia mengetahui bahwa penyakitnya adalah terminal , dia mengubah citra dan kepribadiannya secara drastis. Memberitahunya untuk meminta maaf kepada Tsubaki dan Watari di tempatnya. Dia mengatakan kepadanya bahwa dia telah mencintainya selama ini dan bukan Watari, yang merupakan kebohongannya di bulan April.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Produksi[sunting | sunting sumber]

Lagu tema dari film ini adalah "Last Scene" oleh Ikimono-gakari.[4] Pada 29 Januari 2016, diumumkan bahwa Your Lie pada bulan April akan mendapatkan film laga hidup yang dirilis pada 10 September 2016.[5]

Box Office[sunting | sunting sumber]

Film ini berada di urutan ketiga pada akhir pekan pembukaannya, dengan ¥ 244,6 juta dalam penerimaan bruto dari 200.036.[6] Pada akhir 2016, film ini meraup ¥ 1,42 miliar ( $ 13,06 juta ) di Jepang.[3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b "四月は君の嘘(2016)". allcinema (dalam bahasa Japanese). Stingray. Diakses tanggal September 4, 2016. 
  2. ^ a b c d e f g h i j "四月は君の嘘". eiga.com (dalam bahasa Japanese). Diakses tanggal September 4, 2016. 
  3. ^ a b "2016". Eiren. Motion Picture Producers Association of Japan. Diakses tanggal 26 May 2019. 
  4. ^ a b "Your Lie in April Live-Action Film's New Clip Shows Kōsei, Kaori's On-Stage Performance". Anime News Network. September 1, 2016. Diakses tanggal September 4, 2016. 
  5. ^ "Live-Action Your Lie in April Film Opens in September". Anime News Network. January 29, 2016. Diakses tanggal February 2, 2020. 
  6. ^ "Japan Box Office Report – 9/10~9/11". tokyohive. 6Theory Media, LLC. September 13, 2016. Diakses tanggal September 15, 2016. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]