Yotsugana

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Seluruh Huruf dari Yotsugana
Ilustrasi dari Seluruh Huruf Yotsugana

Yotsugana (四つ仮名) adalah sebutan untuk empat kana yang hampir sama pelafalannya.[1] Dalam bahasa tertulis Jepang pada daftar huruf kana, terdapat dua pasang huruf yang pelafalannya nyaris sama. Dua pasang huruf tersebut dalam hiragana adalah huruf じ dan ぢ yang sama-sama dilafalkan sebagai 'ji' serta huruf ず dan づ yang sama-sama diucapkan sebagai 'zu'. Sedangkan, dalam katakana dikenal sebagai huruf ジ dan ヂ yang sama-sama dilafalkan sebagai 'ji' serta huruf ズ dan ヅ yang sama-sama diucapkan sebagai 'zu'.

Secara asal usul dari setiap pasang kana tersebut berasal dari pelafalan yang berbeda. Misalnya, じ berasal dari し 'shi' yang diberi tanda ( ゙) sedangkan ぢ berasal dari ち 'chi' yang diberi tanda ( ゙). Cara membedakan kedua pelafalan tertulis itu dalam romaji dengan menambahkan huruf 'd' didepan dalam bentuk romaji-nya pada huruf ぢ/ヂ maupun づ/ヅ. Perhatikan huruf yang ditandai tebal pada Tabel berikut ini dalam kolom 'bentuk romaji'.

Perbandingan Bentuk Romaji pada Yotsugana
Bentuk Kana Bentuk Romaji Bentuk Kanji Arti
あじ aji rasa
じぶん jibun 自分 diri
ちぢみ chidjimi 縮み penyusutan
はなぢ hanadji 鼻血 mimisan
すずき suzuki 鈴木 [sebuah nama umum di Jepang]
ずつう zutsuu 頭痛 pusing
つづく tsudzuku 続く bersambung
みかづき mikadzuki 三日月 bulan sabit

Sedangkan untuk perbedaan bunyi pelafalan antara 'ji' dengan 'dji' maupun 'zu' dengan 'dzu' umumnya pelafalan 'ji' dan 'zu' beraksen lebih tinggi dibandingkan pelafalan 'dji' maupun 'dzu'.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Alfarobbi, M. B. (2022). Fundamental Aksara Jepang. Yogyakarta: Deepublish. hlm. 10. ISBN 978-623-02-5213-6.