Yohanes Surya

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Yohanes surya)
Yohanes Surya
Prof. Yohanes Surya, Ph.D.
Direktur Peneliti Surya Research Education Center
Masa jabatan
2011 – Petahana
Sebelum
Pendahulu
Pendiri
Pengganti
Petahana
Sebelum
Direktur Surya Institute
Masa jabatan
2006 – petahana
Sebelum
Pendahulu
Jabatan Awal
Pengganti
Petahana
Sebelum
Dekan Fakultas Sains dan Matematika Universitas Pelita Harapan
Masa jabatan
2001–2004
Sebelum
Pendahulu
TBA
Pengganti
Petahana
Sebelum
Informasi pribadi
Lahir6 November 1963 (umur 60)
Jakarta, Indonesia
Suami/istriChristina
Anak3
Alma mater
Pekerjaan
Sunting kotak info
Sunting kotak info • L • B
Bantuan penggunaan templat ini

Prof. Yohanes Surya, Ph.D. (lahir 6 November 1963) adalah seorang Ilmuwan, fisikawan dan Matematikawan berkebangsaan Indonesia. Selain itu ia dikenal juga sebagai pembimbing Tim Olimpiade Fisika Indonesia/TOFI. Saat ini Yohanes Surya aktif dalam berbagai pelatihan Matematika dan Fisika GASING (Gampang Asyik dan Menyenangkan)[1][2] . Yohanes Surya adalah pendiri dan pemilik Universitas Surya dan STKIP Surya [3] Dimana Universitas Surya dan STKIP Surya adalah lembaga pendidikan yang diselenggarakan oleh Yayasan Surya Institute, yang juga dimiliki oleh Yohanes Surya[4]. Sejak tahun 2016-2024, Yohanes Surya adalah staff khusus Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi Republik Indonesia.[5][6]

Latar belakang pendidikan dan kecintaan pada fisika[sunting | sunting sumber]

Selepas dari SMA 12, Ia mulai memperdalam fisika pada jurusan Fisika MIPA Universitas Indonesia hingga tahun 1986 dan mengajar di SMAK I Penabur Jakarta hingga tahun 1988. Selanjutnya dengan didorong oleh Para dosen pembimbingnya, ia menempuh program master dan doktornya di College of William and Mary, Virginia, Amerika Serikat. Program masternya diselesaikan pada tahun 1990 dan program doktornya pada tahun 1994 dengan predikat cum laude. Selepas mendapatkan gelar Ph.D., Ia sempat menjadi Consultant of Theoretical Physics di TJNAF/CEBAF (Continous Electron Beam Accelerator Facility) VirginiaAmerika Serikat (1994). Walaupun sudah punya Greencard (izin tinggal dan bekerja di Amerika Serikat), Yohanes Surya akhirnya pulang ke Indonesia dengan tujuan ingin mengharumkan nama Indonesia melalui olimpiade fisika (semboyannya waktu itu adalah “Go Get Gold”) serta mengembangkan fisika dan ilmu sains di Indonesia.

Karier[sunting | sunting sumber]

Pelopor TOFI (Tim Olimpiade Fisika Indonesia)[sunting | sunting sumber]

Keterlibatan Yohanes Surya dalam Olimpiade Fisika, dimulai ketika ia masih menjadi kandidat doktor Fisika di College of William and Mary. Ia tertarik ketika melihat pengumuman bahwa akan diadakan Olimpiade Fisika International (IPhO - International Physics Olympiad ke-24) di kampus William and Mary. Bersama dengan rekannya Agus Ananda, ia meminta bantuan Universitas Indonesia untuk mengadakan seleksi bagi 5 orang siswa SMA Indonesia. Selanjutnya 5 orang siswa ini diundang untuk dilatih olehnya di Amerika Serikat. Universitas Indonesia, melalui Fakultas MIPA akhirnya terseleksi 5 orang siswa, yaitu: Oki Gunawan (SMAN 78 Jakarta), Jemmy Widjaja (SMAK 1 Jakarta), Yanto Suryono (SMAK 1 Jakarta), Nikodemus Barli (SMAN 5 Surabaya), dan Endi Sukma Dewata (SMAN 2 Kediri). 5 Orang inilah yang menjadi cikal bakal berdirinya Tim Olimpiade Fisika Indonesia (TOFI). Akhirnya mereka berhasil mengikuti IPhO dan berhasil menyabet medali perunggu untuk Indonesia atas nama Oki Gunawan.[7]

Tahun 1994 akhir, Ia memutuskan untuk pulang ke Indonesia untuk melatih dan memimpin Tim Olimpiade Fisika Indonesia (TOFI). Selain itu Yohanes Surya juga menjadi pengajar dan peneliti pada program pasca sarjana UI untuk bidang fisika nuklir (tahun 1995–1998). Pada tahun 1995, akhirnya Yayasan TOFI resmi berdiri, Yayasan ini merupakan wadah yang melakukan pelatihan dan pencarian tunas-tunas bangsa untuk berlomba di IPhO. Dari tahun 1993 hingga 2007 siswa-siswa binaannya berhasil mengharumkan nama bangsa dengan menyabet 54 medali emas, 33 medali perak dan 42 medali perunggu dalam berbagai kompetisi Sains/Fisika Internasional.[8] Pada tahun 2006 [9] seorang siswa binaannya, Jonathan Pradana Mailoa,[10] berhasil meraih predikat "The Absolute Winner" (Juara Dunia) dalam International Physics Olympiad (IPhO) XXXVII di Singapura.

Sejak tahun 2000, Yohanes Surya banyak mengadakan pelatihan untuk guru-guru fisika dan matematika di hampir semua kota besar di Indonesia, di ibu kota kabupaten/kotamadya, sampai ke desa-desa di seluruh pelosok Nusantara, termasuk pesantren-pesantren. Untuk mewadahi pelatihan-pelatihan ini Yohanes Surya mendirikan Surya Institute. Pada tahun 2009 Surya Institute bekerja sama dengan pemerintah daerah, World Vision Internasional, serta Lembaga Nobel Indonesia mempersiapkan sejumlah siswa dari beberapa daerah di Provinsi Papua untuk mengikuti olimpiade sains atau matematika di tingkat nasional dan internasional.[11] Di bawah bimbingannya, tim Indonesia telah meraih 54 medali emas, 33 medali perak, dan 42 medali perunggu di berbagai kompetisi Fisika dan Matematika internasional[12].

Dalam dunia pendidikan Indonesia[sunting | sunting sumber]

Yohanes Surya merupakan penulis produktif untuk bidang Fisika/Matematika. Ada 68 buku sudah ditulis untuk siswa SD sampai SMA. Selain menulis buku, ia juga menulis ratusan artikel Fisika di jurnal ilmiah baik nasional maupun internasional, harian KOMPAS, TEMPO, Media Indonesia[13] dan lain-lain. Ia juga pencetus istilah MESTAKUNG[14] dan tiga hukum Mestakung, serta pencetus pembelajaran Gasing (Gampang, Asyik, Menyenangkan).

Selain sebagai penulis, Yohanes Surya juga sebagai narasumber berbagai program pengajaran Fisika melalui CD ROM untuk SD, SMP dan SMA. Ia juga ikut memproduksi berbagai program TV pendidikan di antaranya Petualangan di Dunia Fantasi dan Tralala-trilili di RCTI.

Yohanes Surya adalah guru besar fisika dari Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga. Ia pernah menjadi Dekan Fakultas Sains dan Matematika Universitas Pelita Harapan, Kepala Promosi dan Kerjasama Himpunan Fisika Indonesia (2001-2004), juri berbagai lomba sains/matematika (XL-com, L’oreal, UKI dsb.), anggota Dewan Kurator Museum Iptek Taman Mini Indonesia Indah, salah satu founder The Mochtar Riady Institute, anggota Dewan Wali Amanah Sekolah Tinggi Islam Assalamiyah Banten. Selain itu Prof. Yohanes Surya pernah menjabat sebagai Rektor Universitas Multimedia Nusantara (Kompas Gramedia Group) hingga akhir 2010, serta aktif mengkampanyekan Cinta Fisika (Bali Cinta Fisika, Kalbar Cinta Fisika dsb) di seluruh Indonesia.

Sejak pertengahan 2009, Prof. Yohanes Surya merintis berdirinya Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Surya (STKIP Surya) di Tangerang.

Dalam organisasi internasional[sunting | sunting sumber]

Yohanes Surya berkiprah dalam berbagai organisasi internasional sebagai Board member of the International Physics Olympiad, Vice President of The First step to Nobel Prize (1997-sekarang), penggagas dan president Asian Physics Olympiad (2000-sekarang), Chairman of The first Asian Physics Olympiad, di Lippo Village, Karawaci, Tangerang (2000), Executive member of the World Physics Federation Competition, Chairman of The International Econophysics Conference di Bali 2002, Chairman the World Conggress Physics Federation 2002, Board of Experts di majalah National Geographic Indonesia serta menjadi Chairman of Asian Science Camp 2008 di Denpasar, Bali.

Selama berkarier di bidang pengembangan fisika, Yohanes Surya pernah mendapatkan berbagai award/fellowship antara lain CEBAF/SURA award AS ’92-93 (salah satu mahasiswa terbaik dalam bidang fisika nuklir pada wilayah tenggara Amerika), penghargaan kreativitas 2005 dari Yayasan Pengembangan Kreativitas, anugerah Lencana Satya Wira Karya (2006) dari Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono. Pada tahun yang sama, ia terpilih sebagai wakil Indonesia dalam bidang pendidikan untuk bertemu dengan Presiden Amerika Serikat, George W. Bush. Pada tahun 2007, ia menulis buku “Mestakung: Rahasia Sukses Juara Dunia” yang mendapatkan penghargaan sebagai penulis Best Seller tercepat di Indonesia.

Selain itu, Yohanes Surya juga memprakarsai beberapa kegiatan internasional yang berhubungan dengan pengembangan sains, matematika dan fisika, di antaranya adalah:

Pendirian Surya Research Education Center[sunting | sunting sumber]

Surya Research Education Center (2013-2016)

Pada tahun 2010, Prof. Yohanes Surya mulai merintis pembangunan gedung Surya Research Education Center, sebuah gedung pusat penelitian dan pendidikan, khususnya di bidang Matematika dan Fisika. Gedung ini berada di kawasan Summarecon Serpong, Tangerang dan diresmikan pada 29 Maret 2011. Gedung ini kemudian dipakai untuk pelatihan bagi mereka yang ikut olimpiade sains atau matematika, pelatihan guru dan pelatihan anak-anak Papua.[22]. Namun, pada tahun 2016-2017, gedung Surya Research Education Center dijual ke PT Summarecon. Sekarang, gedung tersebut dimanfaatkan menjadi SMP Al Azhar 41 Summarecon Serpong[23]. Kemudian STKIP Surya pindah ke kawasan Gading Serpong, Tangerang, Banten.

Novel TOFI[sunting | sunting sumber]

Selain aktif sebagai penulis buku fisika, Prof. Yohanes Surya bersama timnya, Ellen Conny dan Sylvia Lim juga menerbitkan novel fiksi ilmiah Petualangan Tofi yang berjudul "Perburuan Bintang Sirius". Novel yang bercerita tentang seorang tokoh benama Tofi ini memakan waktu penulisan selama tiga tahun dan sebagian besar nama karakter tokohnya menggunakan istilah‐istilah sains yang memang sesuai dengan sifat dan karakter para tokohnya.[24][25]

Surya University[sunting | sunting sumber]

Surya University, Scientia Garden, Summarecon Serpong (2014-2016)

Pada tahun 2013, Yohanes Surya mendirikan universitas berbasis riset, Surya University yang kampusnya berlokasi di Summarecon Serpong, Tangerang. Universitas baru ini memiliki 3 fakultas dan 10 jurusan dan memulai perkuliahannya pada bulan september 2013. Pada 9 Maret 2013, Surya University mengadakan Grand Launching di Grand Hyatt Hotel, Jakarta. Pada kesempatan itu Surya University pertama kali diperkenalkan sebagai universitas berbasis riset kepada publik oleh Prof. Yohanes Surya, Ph.D.[26][27][28].

Matematika GASING[sunting | sunting sumber]

Melalui wadah Surya Institute, ia mengembangkan sebuah metode pembelajaran matematika secara Gampang, aSyIk dan MenyenaNGkan, disingkat GASING. Metode ini dibuat agar anak-anak lebih mudah dalam berhitung matematika dan mencintai ilmu matematika. Beberapa aktivitasnya untuk Matematika Gasing adalah

  • 1 Oktober 2012, Surya Institute bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten/Kota Ambon, mengadakan acara "AMBON PANDAI MATEMATIKA".[29] Sekitar 39.000 siswa dari 206 Sekolah Dasar Negeri dan swasta sekota Ambon berkumpul di Stadion Mandala Remaja, Karang Panjang untuk belajar matematika metode GASING. Acara ini juga memecahkan rekor Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) untuk pembelajaran Matematika GASING dengan peserta terbanyak.[30]
  • 23 Mei 2015, Surya Institute bekerjasama dengan Super Bimbel GSC dan Kompas Gramedia mengadakan Pemecahan Rekor Dunia (Guiness World Record) untuk Gerakan Keluarga Pintar Matematika di Palembang Sports and Convention Center, Kota Palembang. Pada kesempatan itu Prof. Yohanes Surya, Ph.D. mengajar berhitung Matematika dengan Metode Gasing selama 2 jam dihadapan 2905 peserta, yang terdiri dari murid SMA, Guru-guru di daerah Palembang dan sekitarnya dan para pejabat daerah.[31][32]

Penasihat Khusus Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi[sunting | sunting sumber]

Yohanes Surya dipercaya oleh Menteri Koordinator Maritim dan Investasi Republik Indonesia, Luhut Binsar Pandjaitan, untuk menjadi salah seorang Penasihat Khusus Menteri sejak tahun 2016.

Penghargaan[sunting | sunting sumber]

  • SUPERSEMAR Fellowship 1982/1983.
  • Summer School Fellowship HUGS at CEBAF, Amerika Serikat pada tahun 1989,1990,1991.
  • Summer School Fellowship Dronten, Belanda 1992.
  • Summer School Felloship di TRIUMF Kanada 1993.
  • CEBAF/SURA award Amerika Serikat 1992 - 1993 (one of the best students in nuclear physics at the south east area of the USA).
  • Zable Fellowship Amerika Serikat 1993 – 1994.
  • Yayasan Pengembangan Kreativitas, Penghargaan Kreativitas 2005 Atas Karya- karya Kreatifnya di Bidang Pendidikan, 1 Mei 2005.
  • Satyalancana Wira Karya, berhasil membina Tim Olimpade Fisika Indonesia dalam memperoleh 4 medali emas, 1 medali perak dan penghargaan Absolute Winner pada Olimpade Fisika Internasional ke-37 di Singapura serta 1 penghargaan The First Step to Nobel Prize, Juli 2006.
  • Menteri Negara Pemuda dan Olah Raga Republik Indonesia, Partisipasi dan Sumbangsihnya untuk Kemajuan Bidang Kepemudaan dan Olah Raga Nasional, 18 April 2007.
  • Metro TV Award
  • Harian Merdeka Award
  • Radio Elshinta Award
  • Penghargaan sebagai Best writer (penulis buku tercepat) dari Penerbit Mizan (Buku Mestakung) 2007
  • Award Pahlawan Masa Kini pilihan Modernisator dan Majalah Tempo 2008
  • Penghargaan “Icon Anak Muda” Radio TRAX FM 2009
  • Koran Jakarta Award dalam bidang Iptek dan Pendidikan 2009
  • Award “Tokoh Perubahan 2009” dari Harian Republika
  • Penghargaan Seputar Indonesia Social Transformer 2011
  • Penghargaan Kategori Tokoh Pendidikan Akademisi BNSP Competency Award 2012
  • Soegeng Sarjadi Award on Good Governance 2013 kategori Tokoh Inspirator Publik untuk Kemajuan Sains

Galeri Foto[sunting | sunting sumber]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Kompas.com: "GASING", Konsep Mereformasi Matematika
  2. ^ "Yohanes Surya: Boosting brilliant minds". The Jakarta Post. 
  3. ^ University, Surya. "Surya University". Surya University. Diakses tanggal 2023-09-07. 
  4. ^ "Beranda". Surya Institute (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2023-09-07. 
  5. ^ "Tingkatkan Kualitas Pendidikan Buton, Pj. Bupati Buton Gandeng Prof Yohanes Surya". Pemerintah Kabupaten Buton. 
  6. ^ "Biodata Yohanes Surya yang Dipercaya Jenderal Andika Perkasa Membantu Serda Aprilio Manganang". Surya.co.id. Diakses tanggal 2023-09-07. 
  7. ^ "Artikel:"Tim Olimpiade Fisika Indonesia" di yohanessurya.com". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2012-10-31. Diakses tanggal 2012-10-15. 
  8. ^ 2002-3 emas, 1 perak, 1 perunggu[pranala nonaktif permanen]
  9. ^ "The Absolute Winner"
  10. ^ Profil Jonathan Pradana Mailoa di Situs web diknas[pranala nonaktif permanen]
  11. ^ Kompas.com, Yohanes Surya Gembleng Anak Papua
  12. ^ "Yohanes Surya: Indonesia Berpotensi Jadi Superpower Tahun 2045". Liputan6.com. 
  13. ^ Pojok Fisika
  14. ^ "MESTAKUNG". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2012-06-06. Diakses tanggal 2011-02-14. 
  15. ^ "Artikel:"Anak Papua berjaya di olimpiade ASMOPS (tidak ada yang tidak mungkin)." di yohanessurya.com". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2011-12-12. Diakses tanggal 2011-12-16. 
  16. ^ Situs resmi WoPhO I, Mataram, Lombok
  17. ^ Artikel:"Inovasi Indonesia dalam Olimpiade Fisika" di Kompas.com
  18. ^ Artikel:"13 Pelajar Indonesia Ikuti APCYS 2012" di Kompas.com
  19. ^ Artikel:"Pelajar Indonesia Borong Gelar Juara International Conference of Young Scientists" di Detik.com
  20. ^ Artikel:"Putri Malu Antarkan Natasha Kristie Raih Medali Emas di APCYS 2013" di tribunnews.com
  21. ^ Artikel:"8 Siswa Peserta APhO 2013 Tanpa Campur Tangan Pemerintah" di http://news.liputan6.com
  22. ^ "Surya Research Education Center". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2011-04-06. Diakses tanggal 2011-03-31. 
  23. ^ "Sekolah Kita". sekolah.data.kemdikbud.go.id (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2023-09-23. 
  24. ^ Artikel:"Demi Sains, Yohanes Surya Bikin Novel" di Kompas.com
  25. ^ "Artikel:"NOVEL ILMIAH: Yohannes Surya Rilis Novel "Tofi Perburuan Bintang Sirius"" di bisnis.com". Bisnis.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2013-02-02. Diakses tanggal 2012-11-30. 
  26. ^ Artikel:"Universitas Berbasis Riset Resmi Diluncurkan" di Kompas.com
  27. ^ "Artikel:"Dongkrak Riset, Yohanes Surya Dirikan Universitas" di Tempo.co". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2013-12-12. Diakses tanggal 2013-03-11. 
  28. ^ "Artikel:"Yohanes Surya Bangun Universitas Berbasis Riset" di metrotvnews.com". Metrotvnews.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2013-12-13. Diakses tanggal 2013-03-11. 
  29. ^ Artikel "Program Ambon Pandai Matematika" di RadarAmbon.co[pranala nonaktif permanen]
  30. ^ Artikel:"Siswa Diajak Mencintai Matematika dan Sains" di Kompas.com
  31. ^ Artikel:"Konsep Perkalian Mudah dengan Sistem Gasing Matematika" di http://palembang.tribunnews.com
  32. ^ Artikel:"Sumsel Berhasil Pecahkan Rekor Nigeria" di http://palembang.tribunnews.com

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Didahului oleh:
-
Rektor Universitas Multimedia Nusantara
2006-2010
Diteruskan oleh:
Ninok Leksono
Didahului oleh:
-
Rektor Surya University
2013 - Sekarang
Diteruskan oleh:
Pertahana