Yoasobi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Yoasobi
Asal Jepang
GenreJ-pop
Tahun aktif2019 (2019)–sekarang
LabelSony Music Japan
Situs webwww.yoasobi-music.jp
Anggota

Yoasobi (bergaya dalam semua huruf besar) [YOASOBI] adalah duo musik Jepang yang terdiri dari pemain Vocaloid (voice synthesizer software) yaitu produser Ayase dan penyanyi-penulis lagu Ikura (Rira Ikuta).[1] Grup ini telah merilis lagu berdasarkan cerita pendek yang diposting di Monogatary.com, sebuah situs web yang dioperasikan oleh Sony Music Entertainment Japan, kemudian juga dari berbagai novel dan ikatan buku.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Nama "Yoasobi" berasal dari bahasa Jepang 夜遊び, yang berarti "kehidupan malam". Ayase, yang merupakan produser dari grup tersebut mengatakan bahwa ia menamakannya sebagai harapan bahwa ia dapat menghadapi berbagai tantangan yang menyenangkan dengan membandingkan penampilan akting sebagai individu dengan penampilan siang hari dan penampilan dua orang yang berperan sebagai Yoasobi sebagai penampilan. dari malam.[2]

Grup ini memiliki slogan "novel into music" (小説を音楽にする, shōsetsu o ongaku ni suru).[3][4]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

2019[sunting | sunting sumber]

Dibentuk pada 1 Oktober 2019 (tahun pertama Reiwa) , debutnya dengan single pertama (Bab 1) "Yoru ni Kakeru" berdasarkan novel Mayo Hoshino "The Temptation of Tanatos". Video musiknya akan dirilis pada 16 November. Kurang lebih lima bulan setelah dirilis, jumlah penayangan di YouTube melebihi 10 juta kali, dan pada Oktober 2020 melampaui 100 juta penayangan. Lagu tersebut menduduki peringkat pertama Viral Top 50 Spotify (Jepang, Januari 2020) dan peringkat bulanan LINE MUSIC (April 2020), dan menjadi lagu perwakilannya.

2020[sunting | sunting sumber]

Diumumkan untuk berpartisipasi dalam proyek kolaborasi "IMERSIVE SONG PROJECT" dengan merek minuman energi Suntory "ZONe" pada tanggal 20 April. Di hari yang sama, video teaser single ke-3 "Halzion" dirilis. Aslinya adalah Shunki Hashizume "Still, Happy End". Video musiknya dirilis pada 11 Mei 2020

Pada tanggal 15 Mei, "Yoru ni Kakeru" dirilis sebagai aransemen asli dari THE FIRST TAKE di YouTube

Foto artis baru akan dirilis untuk pertama kalinya di majalah "NYLON JAPAN edisi Agustus" yang dirilis pada tanggal 27 Juni, dan foto dua wajah tersebut akan dirilis secara resmi (di media seperti TV, akhir Mei). waktu itu, dia sudah muncul. Pada "JC / JK Buzzword Awards di paruh pertama tahun 2020" yang diumumkan oleh AMF Co., Ltd. pada tanggal 30 Juni, ia memenangkan tempat pertama dalam kategori manusia.

Pada bulan Juli, "Yoru ni Kakeru" akan diputar di chart Lagu Streaming Billboard JAPAN "Streaming Songs" tanggal 20 Juli 2020 (periode agregasi: 6 Juli 2020 hingga 12 Juli 2020) dan telah melampaui 100 juta kali (catatan bahwa "Yoru ni Kakeru" adalah lagu ke-19 yang telah diputar lebih dari 100 juta kali menurut penelitian Billboard JAPAN). Video teaser dari single ke-4 (Bab 3) "Mungkin" dirilis pada tanggal 4 Juli. Pada tanggal 19 Juli (27: 00-29: 00 pada tanggal 18), ia bertanggung jawab atas program mahkota pertama di "All Night Nippon 0 (ZERO)", dan single ke-4 "Mungkin" ditayangkan untuk pertama kalinya di programnya. Pada tanggal 20 dan 21 Juli, ia membuat penampilan jarak jauh di "Say You to Yo Asobi (Connect)" yang didistribusikan di ABEMA [19]. Dia tampil di SEKAI NO OWARI "Tik Tok Live" yang diadakan di Tik Tok pada tanggal 28 Juli dan membawakan "RAIN".

Muncul di TV Asahi "Seki Jam Complete Burn Show" pada 16 Agustus. Memutar rekaman studio pertama.

Merilis single ke-5 "Gunsei" pada 1 September. Di bagian chorus Gunjo, unit sesi akustik yang dimiliki oleh vokalis ikura, anggota Prasonika (masa, Tetsuto, Akiyo Nishiyama, Ayori Narita, Maria MIki, Saki, Hikari Kodama, Miku Motomatsu, Natsumi, suzu) juga berpartisipasi.

Pada tanggal 30 Oktober, ia memenangkan Penghargaan Musik Terbaik untuk "Yoru ni Kakeru" di "MTV Video Music Awards Japan 2020".

Pada bulan Desember, "Yoru ni Kakeru" memenangkan posisi teratas keseluruhan "Billboard Japan Hot 100" Billboard JAPAN. Pada tanggal 27 Desember, video teaser Bab 4 "Angkor" yang direkam dalam EP pertama "THE BOOK" dirilis . Pada tanggal 31 Desember, ia berpartisipasi dalam NHK Kouhaku Uta Gassen untuk pertama kalinya dan menyanyikan "Run at Night" di Tokorozawa Sakura Town (Museum Kadokawa Musashino). Kouhaku adalah yang pertama bernyanyi di media.

2021[sunting | sunting sumber]

Pada tanggal 6 Januari, CD pertama "THE BOOK" dirilis pada waktu yang sama, dan lagu pembuka "Monster" untuk musim kedua dari anime TV "BEASTARS" dirilis pada waktu yang sama. Selanjutnya, pada hari yang sama, situs fan club "CLUB Night Tour" telah dibuka dan resmi dibuka pada 20 Januari.

Pada tanggal 14 Februari, live pertama "KEEP OUT THEATER" dibawakan dari dalam gedung yang sedang dibangun di bekas lokasi Shinjuku Milano. Pada tanggal 24 Februari, lagu baru "Sangenshoku" dipilih sebagai lagu CM untuk rencana tarif baru DoCoMo "ahamo", dan diangkat dalam iklan TV baru "ahomo Hajimaruyo" dari "ahamo" yang ditayangkan secara nasional mulai 24 Februari. "Gunjo" dirilis dari THE FIRST TAKE di YouTube pada 26 Februari, dan "Yasashii Suisei" dirilis pada 10 Maret. Pada tanggal 24 Maret, ia merilis CD single pertamanya "Kaibutsu / Yasui Comet" .

Mulai tanggal 29 Maret, "A little more" akan ditayangkan sebagai lagu tema untuk program informasi pagi "Mezamashi TV" dari serial Fuji TV. Selain itu, lagu ini dirilis pada 10 Mei setelah larangan tayang pertama di "YOASOBI's All Night Nippon X (Cross)" pada 4 Mei. Pada tanggal 30 Maret (24:00 hingga 24:53 pada tanggal 29), "Bitter Sweet Samba -Ayase Remix-" yang diaransemen oleh Ayase akan mengudara sebagai lagu pembuka umum untuk program baru "All Night Nippon X (Cross)", radio reguler pertama "YOASOBI's All Night Nippon X (Cross)" akan mulai mengudara dari tanggal 31 Maret (24:53 hingga 24:53 pada tanggal 30).

Pada tanggal 2 Juli, singel ke-10 "Sangenshoku", versi bahasa Inggris dari "Yoru ni Kakeru" "Into The Night", dan singel "Encore" dari EP pertama "THE BOOK" dirilis pada waktu yang bersamaan. Pada 16 Juli, ia merilis versi bahasa Inggris dari "RGB", "tiga warna primer". Juga, pada tanggal 2 Juli, "YOASOBI UT" dirilis bekerja sama dengan UNIQLO "UT". Selain itu, "SING YOUR WORLD", distribusi langsung untuk memperingati perilisan, didistribusikan secara gratis di You Tube pada tanggal 4 Juli. Selain itu, versi bahasa Inggris dari "Monster", "Monster," ditayangkan untuk pertama kalinya pada 27 Juli, "YOASOBI's All Night Nippon X (Cross)," dan dirilis pada 30 Juli.

"Love Letter" yang diproduksi dari "Letter Song Project", yang merupakan proyek bersama dengan "Nippon Post SUNDAY'S POST" yang disiarkan di TOKYO FM pada tanggal 9 Agustus, telah dirilis (klub band brass SMA Osaka Toin untuk lagu ini). pertunjukan).

Merilis single ke-12 "Taisho Roman" pada tanggal 15 September. Pada tanggal 16 September, buku "YOASOBI" Taisho Roman "Novel Asli" dirilis.

Mulai 1 Oktober, "Tsubame" akan disiarkan sebagai lagu tema untuk program anak-anak SDGS "Hirogareiro Toridori".

Pada tanggal 1 Desember, ia merilis CD keduanya, EP ke-2 "THE BOOK 2". Selain single yang dirilis setelah perilisan karya sebelumnya ("THE BOOK"), juga disertakan lagu tema panggung "If You Can Draw Life" berdasarkan karya asli Osamu Suzuki (judul sama dengan judulnya panggung). Pada tanggal 4 dan 5 Desember, ia mengadakan live pertamanya "NICE TO MEET YOU" dengan penonton. Sejak jadwal penampilan "ROCK IN JAPAN FESTIVAL" dibatalkan, itu adalah pertama kalinya pertunjukan langsung itu sendiri di hadapan penonton. Pada pukul 23:00 tanggal 12 Desember, video musik untuk "Bagaimana jika saya bisa menggambar hidup saya" akan ditayangkan perdana di YouTube. Selain itu, video teaser yang dirilis sebelum rilis video musik menggunakan video pembacaan "NICE TO MEET YOU".

Daftar Lagu[sunting | sunting sumber]

No Album Judul Lagu Tahun
1 The Book
  • Yoru ni Kakeru
  • The First Take
  • Tabun
  • Haruka
2019
2 The Book 2
  • Mou Sukoshi Dake
  • Love Letter
  • Kaibutsu
  • Tsubame
  • Nice To Meet You
2021
3 E-Side
  • Romance
2021

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "幾田りら (@lilasikuta)". Instagram. Diakses tanggal April 2, 2021. 
  2. ^ TBS News (August 16, 2020). "【ノーカット】YOASOBI をNスタ井上キャスターがインタビュー". YouTube (dalam bahasa Jepang). Diakses tanggal March 7, 2021. 
  3. ^ "YOASOBI / Profile". Yoasobi Official Website (dalam bahasa Jepang). Sony Music Entertainment Japan. Diakses tanggal March 7, 2021. 
  4. ^ ""小説を音楽にする" YOASOBIが新曲の原作小説を募集開始". Moshimoshi Nippon (dalam bahasa Jepang). Moshimoshi Nippon. January 20, 2021. Diakses tanggal March 7, 2021.