Yeon Ja-yu

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Yeon Ja-yu (Hangul: 연자유, Hanja: 淵子遊, ?-?) merupakan seorang Magniji (Perdana Menteri) Goguryeo selama masa jayanya menurun, dan merupakan kakek Yeon Gaesomun, yang adalah seorang Dae Magniji dan diktator Goguryeo sebelum keruntuhannya. Yeon Ja-yu adalah ayah Yeon Taejo, ayah Yeon Gaesomun, dan Magniji setelah Ja-yu. Di dalam catatan sejarah tidak menyatakan tanggal kehidupannya atau aksinya sebagai Magniji.

Latar Belakang[sunting | sunting sumber]

Tidak banyak yang diketahui tentang latar belakang Yeon Ja-yu kecuali bahwa leluhurnya konon "lahir di dalam air." Para sejarawan berusaha untuk menterjemahkan teks tersebut, dan telah diputuskan bahwa leluhur Yeon kemungkinan dilahirkan di atas laut atau di dekat sebuah sungai. Kelihatannya ia berasal dari keluarga yang sangat berkuasa di Goguryeo, telah memimpin provinsi Timur di kerajaan Goguryeo selama beberapa generasi yang tidak terhitung jumlahnya.

Warisan[sunting | sunting sumber]

Setelah kematian Yeon Ja-yu, putra tertuanya Yeon Taejo menggantikan posisinya sebagai Magniji dan Daedaero provinsi Timur Kerajaan Goguryeo. Setelah kematian Yeon Taejo, putra tertuanya Yeon Gaesomun ditolak posisi sahnya oleh para nobel yang lainnya di Goguryeo, dan harus melancarkan kudeta yang menggulingkan Raja Yeongnyu pada saat itu. Gaesomun menjadi Dae Magniji pertama di dalam sejarah Goguryeo. Setelah kematian Yeon Gaesomun, putra-putranya memecah belah kerajaan dengan pertikaian di antara mereka sendiri. Dengan ini, Goguryeo akhirnya jatuh ke tangan Dinasti Tang dan kerajaan selatan Silla pada tahun 668. Yeon Ja-yu kemudian disinggung di dalam prasasti buyutnya Yeon Namsaeng dan Yeon Namgeon.

Nama Akhir[sunting | sunting sumber]

Di dalam prasasti Yeon Namsaeng dan Yeon Namgeon mencatat nama akhir Yeon Ja-yu sebagai "Cheon." Ini diketahui sebagai hasil karya para sejarawan Tang yang mengganti nama akhir "Yeon" menjadi "Cheon" karena nama Tang Gaozu adalah Yuan, yang memiliki persamaan ucapan seperti nama akhir "Yeon".

Lihat Pula[sunting | sunting sumber]

Didahului oleh:
?
Daedaero Provinsi Barat Goguryeo
? - ?
Diteruskan oleh:
Yeon Taejo
Didahului oleh:
Chang Jo-ri
Magniji (Perdana Menteri) Goguryeo
? - ?
Diteruskan oleh:
Yeon Taejo