Yelp

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Yelp, Inc.
URLhttps://www.yelp.com/ dan https://www.yelp.co.uk
TipePerusahaan tebruka
Languebanyak bahasa
PembuatJeremy Stoppelman dan Russel Simmons
Service entry2004
Lokasi kantor pusat140 New Montgomery
NegaraAmerika Serikat
Total omsetKenaikan US$550 juta (2015)[1]
Peringkat Alexa212 (29 November 2017)
Blog resmihttps://www.yelpblog.com/
Facebook: yelp Twitter: Yelp Instagram: yelp LinkedIn: yelp-com Youtube: UCYEYJyqnEkI1ZnkgWeQOdAg Pinterest: yelp TikTok: yelp

Yelp adalah perusahaan multinasional Amerika Serikat yang berkantor pusat di San Francisco, California. Perusahaan ini mengembangkan, menginangi, dan memasarkan Yelp.com dan aplikasi telepon Yelp. Yelp menerbitkan penilaian badan usaha di lingkungan sekitar pengguna dengan bantuan urun daya. Yelp juga memiliki layanan pemesanan daring Yelp Reservations dan layanan pengiriman makanan daring Eat24. Perusahaan ini juga melatih UKM untuk membalas penilaian pengunjung, mengadakan acara sosial untuk para pengunjung, dan menyediakan data tentang badan usaha tersebut seperti skor inspeksi kesehatan.

Yelp didirikan tahun 2004 oleh mantan karyawan PayPal Russel Simmons dan Jeremy Stoppelman. Yelp tumbuh besar dalam waktu singkat dan mendapat kucuran dana yang banyak. Pada tahun 2010, Yelp meraup pendapatan sebesar $30 juta dan situsnya mengumpulkan 4,5 juta penilaian pengunjung. Sejak tahun 2009 sampai 2012, Yelp memperluas wilayah operasinya di Eropa dan Asia. Tahun 2009, Yelp merundingkan akuisisi dengan Google. Yelp menjadi perusahaan terbuka pada bulan Maret 2012 dan meraup untung untuk pertama kalinya dua tahun kemudian. Per 2016, Yelp.com dikunjungi oleh 135 juta orang setiap bulan dan memiliki 95 juta penilaian pengunjung. Pendapatan perusahaan berasal dari iklan bisnis.

Menurut BusinessWeek, Yelp memiliki hubungan yang rumit dengan usaha kecil dan menengah.[2] Kritik terhadap Yelp berfokus pada keabsahan penilaian, pernyataan terbuka tentang manipulasi dan pemblokiran penilaian oleh Yelp untuk mendongkrak pendapatan iklan, serta persoalan privasi pengunjung toko.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Yelp Fact Sheet, Yelp, diakses tanggal March 16, 2016 [pranala nonaktif permanen]
  2. ^ Clark, Patrick (September 9, 2013). "Yelp's Newest Weapon Against Fake Reviews: Lawsuits". Bloomberg BusinessWeek. Diakses tanggal July 1, 2014. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]