Yeh Embang, Mendoyo, Jembrana

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Yeh Embang
Desa
Negara Indonesia
ProvinsiBali
KabupatenJembrana
KecamatanMendoyo
Kodepos82261
Luas35,49 km² [1]
Jumlah penduduk6.753 jiwa (2016)[2]
7.078 jiwa (2010)[3]
Kepadatan200 jiwa/km² (2010)

Yeh Embang adalah desa yang berada di Kecamatan Mendoyo, Kabupaten Jembrana, Provinsi Bali, Indonesia.

Pembagian Dusun/Banjar[sunting | sunting sumber]

Yeh Embang terdiri dari dari lima dusun:

  1. Dusun Pasar, Merupakan daerah Yeh Embang bagian selatan yang berhadapan langsung dengan Samudera Hindia. Daerah ini memiliki garis pantai yang panjang yang cocok digunakan sebagai daerah pariwisata walaupun sampai sekarang masih belum begitu populer di kalangan wisatawan domestik maupun wisatawan asing. Sebagian daerahnya merupakan lahan pertanian yang subur yang sangat cocock untuk budidaya pertanian.
  2. Dusun Baleagung, Merupakan daerah Yeh Embang bagian tengah yang setengah wilayahnya merupakan pemukiman penduduk dan setengahnya lagi merupakan lahan pertanian, di sini merupakan pusat pemerintahan desa Yeh Embang (kantor perbekel). Serta daerah ini dilengkapi dengan pusat sarana olahraga (lapangan bola), namun akhir-akhir ini karena kurangnya perawatan serta bantuan dari pemerintah kesannya lapangan olahraga ini kurang terawat serta diperlukan fasilitas yang menunjang serta perbaikan yang berkala.
  3. Dusun Wali, Merupakan daerah Yeh Embang bagian tengah yang sebagian besar wilayahnya merupakan lahan pertanian. Tanaman perkebunan sangat cocok ditananam di daerah ini. Banyak sekali kita jumpai tanaman kakau maupun kelapa di setiap perkebunan penduduk. Daerahnya yang landai cocok juga digunakan sebagai tempat pemukiman penduduk. Kita juga bisa melihat hamparan sawah yang luas di daerah ini.Sebagian besar penduduknya berprofesi sebagai petani dan buruh tani.
  4. Dusun Kaleran, Merupakan salah satu daerah Yeh Embang bagian utara yang paling luas di antara dusun-dusun yang ada di yehembang. wilayahnya terdiri dari perkebunan, yang banyak didominasi oleh tanaman seperti kakao, cengkih, kelapa, dan tanaman perkebunan lain.
  5. Dusun Bungbungan, Merupakan dusun yang terletak paling utara di Desa Yeh Embang, berbatasan langsung dengan hutan lindung dan Kabupaten Buleleng. Karena letaknya tersebut maka mata pencaharian penduduknya sebagian besar bertani tanaman perkebunan rakyat, dahulu kopi robusta, tetapi sejak 1980-an berubah menjadi cengkih, kakao dan kelapa. Sebagian besar penduduknya merupakan pendatang dari Kabupaten Klungkung, terutama dari Desa Bungbungan di Kecamatan Banjarangkan.

Demografi[sunting | sunting sumber]

Penduduk desa Yeh Embang sampai dengan tahun 2016 berjumlah 6.753 jiwa terdiri dari 3.231 laki-laki dan 3.522 perempuan dengan sex rasio 91,74.[4]

Tempat Wisata[sunting | sunting sumber]

  • Pantai Yeh Embang

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]