Yayasan Peduli Psoriasis Indonesia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas



Yayasan Peduli Psoriasis Indonesia (YPPI) adalah sebuah komunitas daring yang didirikan oleh ODPA (orang yang hidup dengan psoriasis/psoriatik arthritis) dengan dukungan beberapa ODPA lainnya serta didukunng oleh beberapa orang dokter juga masyarakat yang perduli dengan penyakit autoimun kronis di Indonesia.

YPPI di deklarasikan bertepatan dengan peringatan World Psoriasis Day 2006 dan telah mendapatkan persetujuan Menteri Kesehatan Indonesia sebagai “HARI PSORIASIS NASIONAL”.

Dengan terbentuknya wadah Peduli PSORIASIS, diharapkan ODPA menyadari bahwa mereka tidak sendiri namun ada komunitas yang mewadahi para ODPA di Indonesia. PSORIASIS “tidak menular” karena tidak di karenakan oleh virus melainkan faktor genetik dan gangguan autoimun, yang tampak dipermukaan kulit dengan warna kemerahan dan bersisik.

YPPI juga memiliki Koperasi kecil dengan menyediakan beberapa produk perawatan kulit psoriasis yang tidak terdapat di Indonesia, dan khusus hanya ODPA yang terdaftar sebagai anggota YPPI guna memperoleh obat topikal dan obat lainnya dengan harga terjangkau.

Program jangka pendek yang sudah dilakukan YPPI di antaranya: talkshow di beberapa media elektronik, wawancara di media cetak, seminar awam bagi ODPA oleh dokter - dokter berbagai keahlian terkait dengan penyakit kronis ini, kegiatan donor darah untuk umum. Sedangkan jangka panjang yaitu memberikan pelatihan oleh para ahli yang sudah teredukasi baik dokter ataupun awam kepada ODPA serta masyarakat umum yang perduli dengan ODPA dan akan berkerjasama dengan klinik dan puskesmas atau rumah-rumah sakit di beberapa kota dengan mensosialisasikan jenis psoriasis dan mempopulerkan psoriasis kepada lapisan masyarakat luas.

YPPI bernaung dibawah payung International Federation of Psoriasis Association (IFPA) sebuah organisasi nirlaba bagi organisasi pasien psoriasis diseluruh dunia yang berpusat di Swedia[1]. IFPA & WHO telah sepakati untuk menyuarakan pentingnya perhatian dalam pengobatan dan perawatan PSORIASIS & PSORIATIC ARTHRITIS.

Seiring dengan perjalanan YPPI hingga saat ini, YPPI terus memotivasi ODPA agar bangkit dari keterpurukan mental, membangun kepercayaan diri kembali, tidak mengurung diri, bahkan pihak keluarga ODPA diberikan informasi agar tidak mengucilkan ODPA dari keluarga maupun masyarakat dan tidak pula mengasihani ODPA dengan tidak memberikan kegiatan baik di dalam maupun di luar rumah, karena ini tidak akan menyelesaikan masalah bagi ODPA bahkan dapat memperburuk kondisinya jika dibebas tugaskan.

YPPI ingin memberikan sumbangsih kepada negara dan masyarakat dengan mengupayakan pemuda pemudi Indonesia menjadi penerus bangsa yang sehat, memiliki kedamaian dihati dalam mengendalikan psoriasis dan psoriatika artitis agar dapat menjadi bangsa yang maju dan makmur

Pranala luar[sunting | sunting sumber]