Yayasan Cinta Anak Bangsa

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari

Informasi Umum[sunting | sunting sumber]

YCAB Foundation Logo

Yayasan Cinta Anak Bangsa

Abbreviation : YCAB Foundation

Tahun didirikan : 13 Agustus 1999

Pendiri : Veronica Colondam

Tipe : Perusahaan Sosial (Social Enterprise)

Program : Kesehatan, Pendidikan, Pemberdayaan Ekonomi

Kantor Pusat : Jalan Surya Mandala I No 8D, Jakarta – Indonesia

Area Operasional : Asia Tenggara

Visi[sunting | sunting sumber]

  • Mencintai anak muda Indonesia dengan membantu mereka menemukan harapan dan memberikan kesempatan

Misi[sunting | sunting sumber]

  • Membantu anak-anak muda untuk terus mandiri melalui program pengembangan anak muda yang menyeluruh dengan edukasi dan akses finansial yang memadai.
  • Mengimplementasikan pendekatan yang inklusif dan inovatif demi memberi hasil yang nyata dan dampak yang terukur.
  • Mengembangkan kemitraan publik-pribadi untuk menginspirasi dan membantu organisasi lain yang sevisi.

Sejarah YCAB Foundation[sunting | sunting sumber]

YCAB berdiri pada 13 Agustus 1999, bermula dari sosok Veronica Colondam yang prihatin terhadap banyaknya anak muda yang terlibat dalam perilaku berisiko serta jutaan anak muda putus sekolah.

YCAB Foundation, merupakan singkatan dari Yayasan Cinta Anak Bangsa. Didasari kata “Cinta”, YCAB ingin selalu mencintai sebagian kecil dari anak-anak bangsa. Kata “Cinta” ini diwujudkan dengan memberikan harapan dan kesempatan untuk anak muda prasejahtera.

YCAB fokus di bidang pengembangan anak muda. YCAB percaya bahwa kemandirian ekonomi dapat dibangun dengan pembinaan pemuda yang melekat pada visi. YCAB memberdayakan pemuda untuk menjadi mandiri melalui pemberian akses edukasi, bantuan ekonomi, dan penciptaan kesejahteraan demi masa depan yang lebih baik dan berkelanjutan.

Evolusi YCAB Foundation[sunting | sunting sumber]

Selama bertahun-tahun, YCAB telah berevolusi dari "impact only" menjadi organisasi "impact first"; dari non-profit yang berbasis donasi hingga menjadi perusahaan sosial yang berkelanjutan. YCAB memiliki beberapa perusahaan unit bisnis dan sebuah koperasi untuk menjalankan keuangan mikro yang bersyarat pendidikan.

Model usaha ini menjadi model perubahan yang mengaitkan pemberdayaan ekonomi dengan pendidikan karena YCAB percaya pendidikanlah yang dapat memotong siklus kemiskinan. Koperasi YCAB telah berhasil menjangkau lebih dari 80,000 keluarga prasejahtera dengan memberikan mereka akses kapital mikro untuk meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan mereka, tetapi bahkan telah membantu menutupi biaya program pendidikan YCAB seperti Rumah Belajar dan beasiswa. 

Di tahun 2007, YCAB International Inc. didirikan di Atlanta, Georgia, Amerika Serikat, terstruktur sebagai organisasi non-profit 501(c)(3) dengan kantor pusat di New York City. Tahun 2013, proyek internasional YCAB telah berjalan di enam negara lainnya: Afghanistan, Mongolia, Myanmar, Pakistan, Uganda, dan Laos. Pada awal 2013, YCAB  menduduki peringkat #74 dari Top 100 LSM di dunia oleh Global Journal (Jenewa). Tahun 2015, YCAB naik ke peringkat #63 dan peringkat #49 di Top 500 NGO Global di tahun 2016. Tahun 2017, YCAB kembali naik ke peringkat #44.

Ketika YCAB didirikan di Indonesia tahun 1999, semua diawali dengan enam pegawai dan lima penasihat serta sejumlah pakar sebagai relawan. Saat ini YCAB telah berkembang menjadi perusahaan sosial dengan lebih dari 800 pegawai dan terus mendapatkan dukungan lebih dari 3,000 relawan setiap tahun. Dalam hal program, YCAB juga telah tumbuh secara eksponensial. Diawali dengan menjangkau sekitar 2.000 anak muda di tahun 1999, kini YCAB telah melebarkan sayapnya untuk melayani lebih dari 3 juta anak muda yang berada di dasar piramida sosial. YCAB memiliki misi untuk bisa menjangkau dan menyentuh kehidupan dari lima juta anak muda di akhir 2020.

YCAB ada di antara sedikit organisasi nirlaba di Asia bahkan di dunia pada umumnya yang diapresiasi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) melalui pemberian status UN-ECOSOC General Consultative Status. YCAB juga merupakan NGO pertama di Indonesia yang menerima sertifikasi ISO9001: 2008 sebagai jaminan kualitas manajemen dan telah berhasil menerapkan balance score card Norton-Kaplan untuk terus meningkatkan kualitas manajemen. Didukung oleh layanan pro bono dari beberapa konsultan dunia seperti Accenture, BCG, EY, Palladium dan PWC, YCAB sekarang berada di jalur untuk terus tumbuh dengan kepercayaan diri.

Program Kerja[sunting | sunting sumber]

3 main focus of YCAB and how it contributes to Sustainable Development Goals from United Nation

Dengan menitikberatkan pada edukasi dan pengembangan kapasitas individu, program YCAB Foundation terdiri dari:

  • Healthy Lifestyle Promotion (HeLP): yang berarti Promosi Gaya Hidup Sehat, adalah pencegahan pertama dalam perilaku berisiko termasuk penyalahgunaan narkoba dan HIV/AIDS melalui edukasi dan mengadopsi gaya hidup positif;
  • House of Learning and Development (HoLD): yang berarti Rumah Pengetahuan dan Pembinaan, adalah pendidikan terjangkau bagi pemuda yang kurang mampu dan putus sekolah, menyediakan Pendidikan Dasar, Inklusi Digital, dan kursus Bahasa Inggris;
  • Hands-on Operation for Entrepreneurship/Economic (HOpE): yang berarti Pembalajaran Langsung Wirausaha/Ekonomi, adalah program dengan dua bagian. Pertama adalah untuk membantu lulusan HoLD dalam mencari pekerjaan dan memulai bisnis mikro dengan memberikan pelatihan kewirausahaan serta modal usaha. Kedua adalah untuk membantu para ibu dari siswa yang menjalankan usaha kecil untuk meningkatkan pendapatan mereka melalui kredit mikro dan modal mikro.

Pendanaan Program YCAB Foundation[sunting | sunting sumber]

funding mechanism in ycab group

Pendanaan utama YCAB datang dari kemitraan dengan perusahaan lokal dan perusahaan multinasional melalui dana CSR yang diinvestasikan secara berkesinambungan dalam program-program YCAB. Hal ini yang kami sebut sebagai “investasi sosial”. Namun secara internal, cara shared services diatas tersebut, telah memampukan YCAB mengalokasikan 100% dari donasi publik sehingga dapat langsung digunakan untuk mendukung program-programnya.

Selama bertahun-tahun, YCAB telah berevolusi menjadi sebuah grup yang terdiri dari beberapa unit bisnis. Sejumlah unit bisnis YCAB, yang terdiri dari PT YADA Indonesia, PT Terrazone, Klinik Kecantikan Beauty Inc., dan Koperasi YCAB dan Modal Ventura YCAB yang menjalankan kegiatan pinjaman mikro yang terkait dengan dan bersyarat pendidikan. Pertumbuhan YCAB grup cukup baik, dengan total aset lebih dari seratus milyar rupiah di tahun 2015 yang didukung oleh lebih dari 800 karyawan yang menjadi bagian dari Perusahaan Sosial YCAB.

Konsep Perubahan YCAB[sunting | sunting sumber]

Melalui program Koperasi, YCAB berfokus pada memutuskan kesenjangan finansial terhadap pendidikan.YCAB memberikan pinjaman mikro bersyaratkan pendidikan. Pinjaman inklusif diberikan kepada para ibu pra sejahtera sehingga mereka dapat mendukung anaknya untuk kembali bersekolah.

Saat anak-anak ini lulus pendidikan, YCAB membantu untuk memberikan akses kepada lapangan pekerjaan atau melatih mereka dengan keterampilan berwirausaha. Bagi para lulusan juga diberikan akses kepada pinjaman mikro untuk memulai usaha kecil mereka. Dengan demikian, YCAB bukan hanya memberikan akses kepada pendidikan, namun juga membuat para penerima manfaat dapat mandiri secara finansial. Inilah yang menjadi keunikan program YCAB.

Pendiri YCAB Foundation[sunting | sunting sumber]

Veronica Colondam mendirikan YCAB di tahun 1999 dan menjadi perusahaan sosial dengan berdirinya beberapa unit usaha termasuk Koperasi dan berbagai perusahaan di awal tahun 2000. Melalui unit usahanya, YCAB menjadi cukup berkesinambungan dengan membagi beban sumber dayanya. Ini adalah model bisnis yang berkelanjutan yang memampukan YCAB menjangkau lebih dari tiga juta anak muda.

Hal ini dicapai melalui pemberdayaan dalam bidang pendidikan dan ekonomi untuk anak muda kurang mampu dan keluarganya. YCAB berharap dapat menjangkau lima juta anak muda di tahun 2020 dan menargetkan pengumpulan dana lewat Impact Investment (investasi berdampak) sebesar U$50 juta untuk menjalankan program kredit mikro bersyarat, di mana pendidikan menjadi prasyarat peminjaman.

Veronica mendapatkan gelar S1 dalam bidang komunikasi dan S2 dalam bidang Ilmu Sosial dari Imperial College, London dan The London of Hygiene and Tropical Disease. Beliau juga adalah alumni program Global Leadership di Harvard’s Kennedy School (2009); Leadership Lab di MIT; Social Entrepreneurship di INSEAD dan Impact Investment, SAID Business School, Oxford.

Veronica telah meluncurkan sejumlah buku bertemakan pengembangan dan perilaku remaja. Beliau juga menjadi yang termuda untuk menerima penghargaan PBB bernama UN-Vienna Civil Society Award (2001) dan ditunjuk sebagai salah satu Young Global Leaders untuk World Economic Forum (2006). Beliau adalah anggota Asia Society’s 21 Young Leaders (2007), dan Channel News Asia Change Maker (2009) & Asian of the Year (2010). Pemenang Ernst & Young Social Entrepreneur of the Year (2011) dan Schwab Foundation’s Social Entrepreneur of 2012. Di 2014, majalah Forbes Asia menobatkan dia sebagai 48 Asian Philanthropist dan satu dari Ten Most Inspiring Women in Indonesia.

Veronica tinggal di Jakarta dengan suami dan tiga anaknya. Dua anak pertamanya bersekolah di UC Berkeley dan yang bungsu masih di bangku SMA. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]