Yayasan Cinta Anak Bangsa

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari

Informasi Umum[sunting | sunting sumber]

YCAB Foundation Logo

Yayasan Cinta Anak Bangsa

Abbreviation : YCAB Foundation

Tahun didirikan : 13 Agustus 1999

Pendiri : Veronica Colondam

Tipe : Perusahaan Sosial (Social Enterprise)

Program : Kesehatan, Pendidikan, Pemberdayaan Ekonomi

Kantor Pusat : Jalan Surya Mandala I No 8D, Jakarta – Indonesia

Area Operasional : Asia Tenggara


Sejarah[sunting | sunting sumber]

YCAB berdiri pada 13 Agustus 1999, bermula dari keprihatinan Veronica Colondam terhadap banyaknya anak muda yang terlibat dalam perilaku berisiko serta jutaan anak muda putus sekolah.

YCAB Foundation, merupakan singkatan dari Yayasan Cinta Anak Bangsa. Didasari kata “Cinta”, YCAB ingin selalu mencintai anak bangsa. Kata “Cinta” ini diwujudkan dengan memberikan harapan dan kesempatan untuk anak muda prasejahtera.

YCAB fokus di bidang pengembangan anak muda. YCAB percaya bahwa kemandirian ekonomi dapat dibangun dengan pembinaan pemuda yang melekat pada visi. YCAB memberdayakan pemuda untuk menjadi mandiri melalui pemberian akses edukasi, bantuan ekonomi, dan penciptaan kesejahteraan demi masa depan yang lebih baik dan berkelanjutan.

Evolusi[sunting | sunting sumber]

Selama bertahun-tahun, YCAB telah berevolusi dari "impact only" menjadi organisasi "impact first"; dari non-profit yang berbasis donasi hingga menjadi perusahaan sosial yang berkelanjutan. YCAB memiliki beberapa perusahaan unit bisnis dan sebuah koperasi untuk menjalankan keuangan mikro yang bersyarat pendidikan.

Model usaha ini menjadi model perubahan yang mengaitkan pemberdayaan ekonomi dengan pendidikan karena YCAB percaya pendidikanlah yang dapat memotong siklus kemiskinan. Koperasi YCAB telah berhasil menjangkau lebih dari 80,000 keluarga prasejahtera dengan memberikan mereka akses kapital mikro untuk meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan mereka, tetapi bahkan telah membantu menutupi biaya program pendidikan YCAB seperti Rumah Belajar dan beasiswa. 

Di tahun 2007, YCAB International Inc. didirikan di Atlanta, Georgia, Amerika Serikat, terstruktur sebagai organisasi non-profit 501(c)(3) dengan kantor pusat di New York City. Tahun 2013, proyek internasional YCAB telah berjalan di enam negara lainnya: Afghanistan, Mongolia, Myanmar, Pakistan, Uganda, dan Laos. Pada awal 2013, YCAB  menduduki peringkat #74 dari Top 100 LSM di dunia oleh Global Journal (Jenewa). Tahun 2015, YCAB naik ke peringkat #63 dan peringkat #49 di Top 500 NGO Global di tahun 2016. Tahun 2017, YCAB kembali naik ke peringkat #44.

Ketika YCAB didirikan di Indonesia tahun 1999, semua diawali dengan enam pegawai dan lima penasihat serta sejumlah pakar sebagai relawan. Saat ini YCAB telah berkembang menjadi perusahaan sosial dengan lebih dari 800 pegawai dan terus mendapatkan dukungan lebih dari 3,000 relawan setiap tahun. Dalam hal program, YCAB juga telah tumbuh secara eksponensial. Diawali dengan menjangkau sekitar 2.000 anak muda di tahun 1999, kini YCAB telah melebarkan sayapnya untuk melayani lebih dari 3 juta anak muda yang berada di dasar piramida sosial. YCAB memiliki misi untuk bisa menjangkau dan menyentuh kehidupan dari lima juta anak muda di akhir 2020.

YCAB ada di antara sedikit organisasi nirlaba di Asia bahkan di dunia pada umumnya yang diapresiasi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) melalui pemberian status UN-ECOSOC General Consultative Status. YCAB juga merupakan NGO pertama di Indonesia yang menerima sertifikasi ISO9001: 2008 sebagai jaminan kualitas manajemen dan telah berhasil menerapkan balance score card Norton-Kaplan untuk terus meningkatkan kualitas manajemen. Didukung oleh layanan pro bono dari beberapa konsultan dunia seperti Accenture, BCG, EY, Palladium dan PWC, YCAB sekarang berada di jalur untuk terus tumbuh dengan kepercayaan diri.

Pendanaan[sunting | sunting sumber]

funding mechanism in ycab group

Pendanaan utama YCAB datang dari kemitraan dengan perusahaan lokal dan perusahaan multinasional melalui dana CSR yang diinvestasikan secara berkesinambungan dalam program-program YCAB. Hal ini yang kami sebut sebagai “investasi sosial”. Namun secara internal, cara shared services diatas tersebut, telah memampukan YCAB mengalokasikan 100% dari donasi publik sehingga dapat langsung digunakan untuk mendukung program-programnya.

Selama bertahun-tahun, YCAB telah berevolusi menjadi sebuah grup yang terdiri dari beberapa unit bisnis. Sejumlah unit bisnis YCAB, yang terdiri dari PT YADA Indonesia, PT Terrazone, Klinik Kecantikan Beauty Inc., dan Koperasi YCAB dan Modal Ventura YCAB yang menjalankan kegiatan pinjaman mikro yang terkait dengan dan bersyarat pendidikan. Pertumbuhan YCAB grup cukup baik, dengan total aset lebih dari seratus milyar rupiah di tahun 2015 yang didukung oleh lebih dari 800 karyawan yang menjadi bagian dari Perusahaan Sosial YCAB.

Konsep[sunting | sunting sumber]

Melalui program Koperasi, YCAB berfokus pada memutuskan kesenjangan finansial terhadap pendidikan.YCAB memberikan pinjaman mikro bersyaratkan pendidikan. Pinjaman inklusif diberikan kepada para ibu pra sejahtera sehingga mereka dapat mendukung anaknya untuk kembali bersekolah.

Saat anak-anak ini lulus pendidikan, YCAB membantu untuk memberikan akses kepada lapangan pekerjaan atau melatih mereka dengan keterampilan berwirausaha. Bagi para lulusan juga diberikan akses kepada pinjaman mikro untuk memulai usaha kecil mereka. Dengan demikian, YCAB bukan hanya memberikan akses kepada pendidikan, namun juga membuat para penerima manfaat dapat mandiri secara finansial. Inilah yang menjadi keunikan program YCAB.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]