Yasmin Ahmad

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Yasmin binti Ahmad
Yasmin Ahmad.jpg
Yasmin Ahmad pada 2006, tiga tahun sebelum ia meninggal.
Lahir 07 Januari 1958[1]
Kampung Bukit Treh,
Muar, Johor, Federasi Malaya (sekarang Malaysia)
Meninggal 25 Juli 2009 (umur 51)
Damansara Specialist Hospital, Petaling Jaya, Selangor, Malaysia
Pekerjaan Sutradara, penulis film, penulis naskah
Pasangan Tan Yew Leong (2003–2009, kematiannya)
Orang tua Ahmad Hashim (ayah)
Inom Yon (ibu)

Yasmin Ahmad (lahir 7 Januari 1958 – meninggal 25 Juli 2009 pada umur 51 tahun) adalah seorang sutradara, penulis dan penulis naskah dari Malaysia dan juga direktur kreatif eksekutif di Leo Burnett Kuala Lumpur. Iklan-iklan televisinya dan film-film buatannya dikenal di Malaysia karena unsur humor dan cintanya yang melintasi batas-batas lintas budaya, terutama keterkaitannya dengan Petronas, perusahaan gas dan minyak negara. Karya-karyanya memenangkan penghargaan berganda baik di Malaysia maupun di luar negeri. Namun di Malaysia itu sendiri, film-filmnya sangat kontroversial semenjak film-film tersebut menggambarkan peristiwa-peristiwa dan hubungan-hubungan yang dipandang terlarang oleh kaum konservatif, khususnya kelompok Islam garis keras.[2]

Kehidupan awal dan karier[sunting | sunting sumber]

Yasmin lahir di Kampung Bukit Treh, Muar, Johor pada 7 Januari 1958. Sebagai lulusan jurusan politik dan psikologi[3] dari Universitas Newcastle di Inggris,[4] ia bekerja sebagai bankir magang pada 1982 selama dua minggu kemudian bekerja untuk IBM sebagai perwakilan pemasaran sementara pada malam hari bekerja sebagai pianis dan penyanyi blues. Yasmin memulai kariernya dalam periklanan sebagai penulis salinan di Ogilvy & Mather dan pada 1993, ia berpindah ke Leo Burnett sebagai direktur kreatif bersama dengan Ali Mohammed, kemudian naik pangkat menjadi direktur kreatif di cabang Kuala Lumpur firma tersebut.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Mukshin" (PDF). The Berlinale. 2006. Diakses tanggal 24 July 2009. 
  2. ^ Malaysian filmmaker struggles with hardline Islam.
  3. ^ Harben, Ayesha (25 April 1993). "New apples in the Burnett barrel". New Straits Times. Diakses tanggal 23 July 2009. 
  4. ^ "Yasmin Ahmad". AdAsia. 23 January 2009. Diakses tanggal 23 July 2009. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]