Yan Ji

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Permaisuri Yan Ji (閻姬) (†126), secara resmi Ratu Ansi (安思皇后, yang berarti "permaisuri yang damai dan berpikir dalam"), merupakan seorang permaisuri pada masa Dinasti Han. Suaminya adalah Kaisar An. Dia dikenal karena perilaku konspirasi dan nepotistiknya, baik sebagai permaisuri dan (sekilas) sebagai janda permaisuri. Namun, rencananya, bersama dengan saudara laki-lakinya, untuk memegang kekuasaan untuk waktu yang lama akhirnya mengakibatkan kegagalan dan kematian anggota klannya.

Latar belakang keluarga dan pernikahan dengan Kaisar Yang[sunting | sunting sumber]

Ayahanda Yan Ji, Yan Chang (閻暢) adalah putra Yan Zhang (閻章), seorang pejabat di bawah Kaisar Ming yang dua saudarinya adalah selir kekaisaran, dan yang digambarkan sebagai pejabat yang cakap namun promosinya dihentikan oleh Kaisar Ming, yang tidak mau tampil nepotistik.

Ketika Ji masih muda, ia digambarkan sebagai seorang wanita yang cerdas dan cantik, dan pada tahun 107, ia dipilih sebagai permaisuri kekaisaran untuk Kaisar An, yang berusia 13 tahun, dan ia dengan cepat menjadi favoritnya. Pada tahun 108, ia menciptakan permaisurinya — meskipun ia juga digambarkan cemburu, sampai-sampai tahun itu, ia meracuni Permaisuri Li, yang telah melahirkan seorang putra kaisar, Liu Bao (劉保).

Sebagai permaisuri[sunting | sunting sumber]

Selama sebagian besar pemerintahan Kaisar An, ia kebanyakan dibayangi oleh wali penguasanya, Janda Permaisuri Deng Sui, tetapi setelah Janda Permaisuri Deng meninggal pada tahun 121, ia menegaskan otoritasnya dan menempatkan sejumlah orang yang dipercayanya berkuasa untuk menggantikan keluarga mendiang janda permaisuri dan banyak dari mereka dipaksa bunuh diri. Di antara individu-individu yang dipercayakan itu saudara-saudara Ratu Yan Xian (閻顯), Yan Jing (閻景), Yan Yao (閻耀), dan Yan Yan (閻晏), terutama Xian. Permaisuri Yan sendiri sangat mempengaruhi suaminya dalam tindakannya, yang banyak merugikan kekaisaran. Pada tahun 124, ia keliru menuduh Pangeran Bao yang berusia sembilan tahun, yang telah menjadi putra mahkota karena ia adalah putra tunggal Kaisar An, kejahatan, dan Kaisar An memecat Pangeran Bao dan membuatnya menjadi Pangeran Jiyin.

Sebagai janda permaisuri[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 125, Kaisar An mati mendadak ketika sedang dalam perjalanan ke Wancheng (宛城, Nanyang modern, Henan). Permaisuri, yang bersamanya, tidak segera mengumumkan kematiannya, tetapi bersekongkol dengan saudara-saudaranya dan para kasim kuat Jiang Jing (江京) dan Fan Feng (樊豐), untuk mencari alternatif bagi Pangeran Bao, yang jika tidak akan muncul menjadi penerus alami ayahnya. Mereka memilih sepupu muda Kaisar An, Liu Yi (劉懿) Markis Beixiang, dan Markis Yi dijadikan kaisar atas Pangeran Bao. (Mereka telah membuat keputusan ini karena Markis Beixiang masih muda dan mudah dikendalikan.)

Klan Yan, yang bekerja dengan Jiang, dengan cepat pindah untuk mengambil lebih banyak kekuatan. Mereka memfitnah beberapa orang kepercayaan Kaisar An lainnya — termasuk pamanda tirinya, Geng Bao (耿寶), ibu susu Wang Sheng (王聖), dan kasim Fan dari kejahatan. Fan dieksekusi, sementara Geng dan Wang diasingkan dengan keluarga mereka. Klan Yan kuat dalam kekuasaan — atau begitulah yang mereka kira. Penyakit utama bagi kaisar muda akan menggagalkan rencana mereka.

Kasim Sun Cheng (孫程), percaya bahwa Pangeran Bao adalah kaisar yang tepat dan mengetahui bahwa kaisar muda sakit, membentuk konspirasi dengan asisten Pangeran Bao, Changxing Qu (長興渠) dan sejumlah kasim lainnya dengan maksud untuk mengembalikan Pangeran Bao. Ketika, pada akhir tahun, kaisar muda meninggal, Permaisuri Yan dan saudara-saudaranya lagi tidak mengumumkan kematiannya tetapi anak-anak dari para pangeran kaisar ke ibu kota, berniat untuk kembali melewati Pangeran Bao. Beberapa hari kemudian, Sun dan 18 rekan kasimnya melakukan serangan mendadak di istana, membunuh Jiang dan beberapa kasim di partainya dan memaksa rekannya Li Run (李閏) untuk memimpin kudeta mereka. Mereka menyambut Pangeran Bao ke istana dan menyatakannya sebagai kaisar (sebagai Kaisar Shun). Selama beberapa hari, pasukan kasim bertempur dengan pasukan permaisuri, akhirnya mengalahkan janda permaisuri dan saudara-saudaranya. Klan Yan dibantai, sementara Janda Permaisuri Yan terbatas di istananya.

Beberapa pejabat menyarankan Kaisar Shun untuk menurunkan Janda Permaisuri Yan dari gelar janda permaisuri. Setelah beberapa pertimbangan, Kaisar Shun menolak tindakan tersebut dan terus memperlakukannya dengan kehormatan karena seorang janda permaisuri. Namun, mungkin dalam ketakutan dan berkabung atas kematian keluarganya, dia meninggal pada awal tahun 126 dan dimakamkan bersama suaminya, Kaisar An.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Daftar pustaka[sunting | sunting sumber]

Keluarga Aisin Gioro
Didahului oleh:
Permaisuri Deng Sui
Permaisuri Dinasti Han Timur
108–125
Diteruskan oleh:
Permaisuri Liang Na