Yamaha Nouvo

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Yamaha Nouvo
ProdusenYamaha Motor Company
Tahun Produksi2002 - 2008
Model berikutnyaYamaha Nouvo Z
KelasSkuter
MesinYamaha 113,7 cc
Sistem transmisiOtomatis
Jarak sumbu roda1.280 mm
Dimensi keseluruhanP 1.935 mm
L 675 mm
T 1.070 mm
Sepeda motor terkaitYamaha Mio

Yamaha Nouvo adalah skuter otomatis yang diproduksi oleh Yamaha Motor Company.

Latar belakang[sunting | sunting sumber]

Indonesia merupakan pasar sepeda motor terbesar ketiga di dunia, tetapi pangsa pasar terbesar adalah motor berkapasitas mesin kecil dengan motor bebek (underbone) dengan karakter khas Asia Tenggara. Hal ini agak kurang menguntungkan bagi produsen motor, karena kecenderungan pasar sepeda motor dunia untuk sepeda motor berkapasitas mesin kecil adalah jenis skuter. Alasan ini menjadi dasar dari Yamaha Motor Indonesia untuk mencoba memopulerkan skuter di Indonesia melalui Yamaha Nouvo sejak tahun 2003. Sampai saat itu beberapa perusahaan lain yang mencoba memopulerkan skuter belum pernah sukses. Tercatat Vespa pernah mengeluarkan skuter otomatis Vespa Corsa, dan Kymco melalui Jetmatic Kymco Trend.

Desain bodi[sunting | sunting sumber]

Desain bodi Yamaha Nouvo merupakan perpaduan antara skuter dan motor bebek, pengaruh motor bebek terlihat pada ukuran roda yang digunakan (lebih ramping dan lebih besar dari skuter) dan masih adanya gundukan yang memisahkan tempat pijakan kaki kanan dan kaki kiri.

Mesin[sunting | sunting sumber]

Mesin otomatis penuh khas skuter dimiliki motor ini, berkapasitas 113cc cukup bertenaga dan pas dengan pasar Indonesia. Transmisi otomatis menjadi poin utama dalam kampanye penjualan dengan jargon 'unjuk gigi tanpa gigi'.

Penjualan[sunting | sunting sumber]

Penjualan tidak terlalu menggembirakan, pangsa pasar utamanya adalah pengguna laki-laki dewasa usia muda (terlihat dari model iklannya) yang menginginkan motor bertenaga tanpa repot. Di kemudian hari, Yamaha Nouvo membuka jalan bagi kesuksesan Yamaha Mio.

Model pertama (2003-2005)[sunting | sunting sumber]

Warna bodi polos dan sebuah lampu utama besar di bagian dasi motor menyatu dengan fairing depan menjadi ciri khasnya.

Model kedua (2005-2008)[sunting | sunting sumber]

Mempunyai nama pasar Yamaha Nouvo Z, secara umum sama dengan model pertama, hanya sedikit perubahan pada bodi. Perbedaan terdapat pada lampu utama menjadi 2 (mirip mata belalang), penambahan kantong penyimpan di balik fairing, lampu belakang lebih tajam, dan striping bodi baru.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]