Yajurweda

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Yajurveda)

Yajurweda atau Yayurveda (Sanskrit यजुर्वेदः yajurveda) adalah yang ketiga dari empat Kitab Suci Weda. Kitab ini memuat sastra suci yang terfokus pada ritual dan pengorbanan suci.

Yajurweda mengandung panduan bagi pendeta yang berkategori adhvaryú, pemilihan lokasi altar, kumpulan rumusan persembahan yang diucapkan dalam upacara di depan api yajñá (api yadnya), konsep prāṇá, konsep mánas, dan matematika[1]. Teks ini memberikan pemahaman mendalam mengenai kehidupan religius dan sosial masyarakat Weda dan menyertakan informasi geografis yang relevan.[2]

Yajurweda berbeda dari Regweda dan Samaweda karena sebagian besarnya berbentuk prosa.

Tidak diketahui dengan pasti kapan Yajurweda diciptakan tapi diperkirakan antara tahun 1200 dan 1000 SM, sezaman dengan Samaweda dan Atharvaweda.[1]

Api Yajna
Api Yajna

Etimologi[sunting | sunting sumber]

Istilah "Yajurweda" berasal dari dua kata dari bahasa Sanskerta: "yajus" dan "weda".[3] "Yajus" memiliki dua arti utama:

  1. Aspek sembahyang. Dalam konteks ini, "yajus" merujuk pada penghormatan, penyembahan, dan pengorbanan.
  2. Aspek gaya sastra. "Yajus" menandakan mantra atau rumusan dalam bentuk prosa, berbeda dengan "ṛc" (mantra-mantra Regweda) dan "sāman" (nyanyian-nyanyian Samaweda).[4]

Kata "weda" dalam "Yajurweda" berarti pengetahuan atau kebijaksanaan.

Kesusastraan[sunting | sunting sumber]

  • (Inggris)Ralph Thomas Hotchkin Griffith, The Texts of the White Yajurveda. Translated with a Popular Commentary (1899).
  • (Inggris)Devi Chand, The Yajurveda. Sanskrit text with English translation. Third thoroughly revised and enlarged edition (1980).
  • (Inggris)The Sanhitâ of the Black Yajur Veda with the Commentary of Mâdhava ‘Achârya, Calcutta (Bibl. Indica, 10 volumes, 1854-1899)
  • (Inggris)Kumar, Pushpendra, Taittiriya Brahmanam (Krsnam Yajurveda), 3 vols., Delhi (1998).

Pranala luar[sunting | sunting sumber]


  1. ^ a b Relevance of Shulbasūtras of the Yajurveda: Modern Context (PDF). 
  2. ^ "Yajurveda | Vedic Heritage Portal". vedicheritage.gov.in. Diakses tanggal 2023-11-28. 
  3. ^ "Sanskrit Dictionary - Yajurveda". 
  4. ^ "Sanskrit Dictionary - Yajus".