Yahudi Pengembara

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Yahudi Pengembara karya Gustave Doré

Yahudi Pengembara (bahasa Inggris: Wandering Jew) adalah sebuah mitos keabadian yang legenda-nya mulai menyebar di Eropa pada abad ke-13.[1]

Legenda aslinya mengisahkan tentang seorang Yahudi yang mencerca Yesus pada jalan menuju Penyaliban-Nya dan kemudian dikutuk untuk mengarungi Bumi sampai Kedatangan-Nya yang kedua kali. Terkadang ia dikatakan merupakan seorang pembuat sepatu atau pedagang lainnya, sementara terkadang ia merupakan seorang penjaga pintu di tempat Pontius Pilatus.

Asal muasal dan evolusi[sunting | sunting sumber]

Catatan Alkitab[sunting | sunting sumber]

Asal muasal legenda tersebut tidak jelas; diyakini salah satu unsurnya adalah kisah dalam Kitab Kejadian tentang Kain, yang dikenai dengan hukuman yang sama – untuk mengembara ke seluruh bumi, meskipun bukanlah sebuah hukuman abadi. Menurut Jehoshua Gilboa, beberapa komentator mengutip Hosea 9:17 sebagai pernyataan "Yahudi pengembara/abadi".[2] Menurut beberapa sumber, legenda tersebut berasal dari firman Yesus yang disebutkan dalam Matius 16:28:

Ἀμὴν λέγω ὑμῖν, εἰσίν τινες ὧδε ἑστῶτες, οἵτινες οὐ μὴ γεύσωνται θανάτου, ἕως ἂν ἴδωσιν τὸν υἱὸν τοῦ ἀνθρώπου ἐρχόμενον ἐν τῇ βασιλείᾳ αὐτοῦ.
"Kata-Nya lagi kepada mereka: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya di antara orang yang hadir di sini ada yang tidak akan mati sebelum mereka melihat bahwa Kerajaan Allah telah datang dengan kuasa."

Sebuah kepercayaan bahwa murid yang dikasihi Yesus tidak akan mati menjadi populer pada kalangan gereja perdana disebutkan dalam Injil Yohanes:

"Ketika Petrus berpaling, ia melihat bahwa murid yang dikasihi Yesus sedang mengikuti mereka, yaitu murid yang pada waktu mereka sedang makan bersama duduk dekat Yesus dan yang berkata: "Tuhan, siapakah dia yang akan menyerahkan Engkau?" Ketika Petrus melihat murid itu, ia berkata kepada Yesus: "Tuhan, apakah yang akan terjadi dengan dia ini?" Jawab Yesus: "Jikalau Aku menghendaki, supaya ia tinggal hidup sampai Aku datang, itu bukan urusanmu. Tetapi engkau: ikutlah Aku." Maka tersebarlah kabar di antara saudara-saudara itu, bahwa murid itu tidak akan mati. Tetapi Yesus tidak mengatakan kepada Petrus, bahwa murid itu tidak akan mati, melainkan: "Jikalau Aku menghendaki supaya ia tinggal hidup sampai Aku datang, itu bukan urusanmu."" (Yohanes 21:20-23)

Pasal lainnya dalam Injil Yohanes menyebutkan tentang penjaga imam agung yang menampar Yesus (Yohanes 18:19-23). Sebelumnya, Injiil Yohanes memperbincangkan tentang Simon Petrus yang memotong telinga dari pelayan imam tinggi, yang bernama Malkhus (Yohanes 18:10). Walau pelayan tersebut bukanlah penjaga yang sama dengan yang mencerca Yesus, Malchus merupakan salah satu dari beberapa nama yang diberikan kepada Yahudi pengembara dalam legenda-legenda berikutnya.[3]

"Yahudi Pengembara", karya Samuel Hirszenberg (1899).

Gereja perdana[sunting | sunting sumber]

Manuskrip-manuskrip yang masih ada menunjukan bahwa pada masa Tertullian, beberapa orang Kristen memandang orang Yahudi sebagai "Kain baru", yang mereka anggap akan "diusir dan mengembarai Bumi".[4]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ seperti yang disebutkan dalam bab pertama Curious Myths of the Middle Ages dimana Sabine Baring-Gould mengatributkan bukti pengartian terawal dari Yahudi Pengembaran kepada Matthew Paris. Bab tersebut dimulai dengan sebuah rujukan dari serial dua belas ilustrasi karya Gustave Doré terhadap legenda tersebut. Mula-mula diterbitkan dalam dua bagian pada 1866 dan 1868, karya tersebut diterbitkan kembali pada 1877 dan dalam beberapa edisi lainnya.[1]
  2. ^ Sweeney, Marvin Alan; Cotter, David W.; Walsh, Jerome T.; Franke, Chris (October 2000). The Twelve Prophets: Micah, Nahum, Habakkuk, Zephaniah, Haggai, Zechariah, Malachi. Liturgical Press. hlm. 102. ISBN 978-0-8146-5095-0. Diakses tanggal 13 December 2011. 
  3. ^ Salo Wittmayer Baron, Social and Religious History of the Jews, 18 vols., 2d ed., Columbia University Press, 1952–1983. Volume titles [2]

Daftar pustaka[sunting | sunting sumber]

  • Anderson, George K. The Legend of the Wandering Jew. Providence: Brown University Press, 1965. xi, 489 p.; reprint edition ISBN 0-87451-547-5 Collects both literary versions and folk versions.
  • Camilla Rockwood, ed. (2009). Brewer's Dictionary of Phrase and Fable (edisi ke-18th). Edinburgh: Chambers Harrap. hlm. 1400. ISBN 9780550104113. 
  • Hasan-Rokem, Galit and Alan Dundes The Wandering Jew: Essays in the Interpretation of a Christian Legend (Bloomington:Indiana University Press) 1986. 20th-century folkloristic renderings.
  • Manning, Robert Douglas Wandering Jew and Wandering Jewess ISBN 978-1-895507-90-4
  • Gaer, Joseph (Fishman) The Legend of the Wandering Jew New American Library, 1961 (Dore illustrations) popular account.
  • Richard I. Cohen, "The "Wandering Jew" from Medieval Legend to Modern Metaphor," in Barbara Kirshenblatt-Gimblett and Jonathan Karp (eds), The Art of Being Jewish in Modern Times (Philadelphia, University of Pennsylvania Press, 2007) (Jewish Culture and Contexts),

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Public Domain Artikel ini menyertakan teks dari suatu terbitan yang sekarang berada pada ranah publikChisholm, Hugh, ed. (1911). "Wandering Jew". Encyclopædia Britannica (edisi ke-11). Cambridge University Press.