Yahudi Georgia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Yahudi Georgia
ქართველი ებრაელები
Total populasi
250,000 (perkiraan)
Kawasan dengan populasi yang signifikan
 Israel200,000
 Georgia13,000
 Amerika Serikat10,000
 Rusia1800[1]
 Belgia1200
 Austria800
 Azerbaijan500
Bahasa
Ibrani, Georgia, Inggris, Yudeo-Georgia, Rusia
Agama
Yudaisme
Kelompok etnis terkait
(Sefardim, Ashkenazi, Mizrahi, dll)

Yahudi, bangsa Georgia.

divisi etnis Yahudi lainnya
Bagian dari sebuah serial tentang
Bangsa Georgia
ქართველები
Negara
Georgia
Suku Kartvelian kuno
Subgrup
Budaya
Bahasa
Agama
Simbol
Sejarah Georgia

Yahudi Georgia (bahasa Georgia: ქართველი ებრაელები) berasal dari Georgia, Kaukasus. Yahudi Georgia adalah salah satu komunitas tertua di Georgia, yang bermula dari migrasi mereka ke negara tersebut saat pembuangan ke Babilonia pada abad ke-6 SM.[2] Sebelum aneksasi Georgia oleh Rusia, selama 2600 tahun Yahudi Georgia hampir tidak mengalami anti-semitisme dan asimilasi dalam bahasa dan budaya Georgia.[3] Yahudi Georgia dianggap berbeda secara kebudayaan dan etnis dari Yahudi Pegunungan yang menjadi tetangga mereka.[4] Mereka juga biasangat sangat terpisah dari kelompok Yahudi Ashkenazi di Georgia, yang datang setelah Rusia menganeksasi Georgia.

Akibat arus emigrasi besar pada 1990an, sebagian besar Yahudi Georgia sekarang tinggal di Israel.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Yahudi Georgia biasanya hidup terpisah, tak hanya dari bangsa Georgia, namun juga dari Yahudi Ashkenazi di Tbilisi, yang memiliki praktik dan bahasa yang berbeda.

Komunitas tersebut, yang berjumlah sekitar 80,000 jiwa pada 1970an, sebagian besar beremigrasi ke Israel, Amerika Serikat (AS), Federasi Rusia dan Belgia (di Antwerp). Hingga 2004, hanya sekitar 13,000 Yahudi Georgia yang masih berada di Georgia. Menurut Sensus Nasional Umum Pertama Georgia 2002, terdapat 3,541 penganut Yahudi di negara tersebut.[5] Contohnya, cabang Lezgishvili dari Yahudi Georgia memiliki keluarga di Israel, Moskwa, Baku, Düsseldorf, dan Cleveland, Ohio (AS). Beberapa ratus keluarga Yahudi Georgia tinggal di Kawasan tri-state New York, sebagian besar di New York City dan Long Island.

Diaspora[sunting | sunting sumber]

Beberapa Yahudi Georgia sekarang tinggal di Israel. Di Amerika Serikat, sinagoge Yahudi Georgia utama adalah Kongregasi Yahudi Georgia di Forest Hills, Queens, New York City. Di Belgia, sebagian besar Yahudi Georgia adalah anggota komunitas Yahudi Antwerp. Salah satu Yahudi Georgia terkenal adalah Tamir Sapir, yang lahir dengan nama Temur Sepiashvili, seorang imigran supir taksi imigran yang beralih menjadi pengusaha di New York. Yahudi Georgia terkenal lainnya adalah Dr. Yuri Busi (lahir dengan nama Yuri Busiashvili), yang dikenal menjadi dokter untuk aktris Lucille Ball.[6] Dr. Busi mengembangkan kesuksesan kariernya sebagai Kardiolog yang melayani sebagian besar komunitas emigran Soviet di Los Angeles.

Di Israel, sebagian besar Yahudi Georgia bermukim di dekat pesisir kota seperti Lod, Bat Yam, Ashdod, dan Holon. Terdapat juga Yahudi Georgia di Yerusalem, dengan beberapa sinagoge berpengaruh.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Russian Census 2010: Population by ethnicity (Rusia)
  2. ^ The Wellspring of Georgian Historiography: The Early Medieval Historical Chronicle The Conversion of Katli and The Life of St. Nino, Constantine B. Lerner, England: Bennett and Bloom, London, 2004, p. 60
  3. ^ Forget Atlanta - this is the Georgia on my mind By Jewish Discoveries and Harry D. Wall Feb. 7, 2015, Haaretz
  4. ^ Mountain Jews: customs and daily life in the Caucasus, Leʼah Miḳdash-Shemaʻʼilov, Liya Mikdash-Shamailov, Muzeʼon Yiśraʼel (Jerusalem), UPNE, 2002, page 9
  5. ^ Statistics of Georgia
  6. ^ http://www.people.com/people/archive/article/0,,20120220,00.html

Sumber[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]