Xu Zhiyong

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Xu Zhiyong
Nama asal许志永
Lahir2 Maret 1973 (umur 51)
Kabupaten Minquan, Henan, Tiongkok
AlmamaterUniversitas Lanzhou, Universitas Peking
PekerjaanCendekiawan hukum
Dikenal atasAdvokasi hak sipil
Suami/istriCui Zheng (bercerai)

Xu Zhiyong (Hanzi: 许志永; Pinyin: Xǔ Zhìyǒng; lahir 2 Maret 1973) adalah seorang aktivis hak sipil dan dulunya dosen Tiongkok di Universitas Pos dan Telekomunikasi Beijing. Ia adlah salah satu pendiri organisasi non-pemerintahan Open Constitution Initiative dan pengacara HAM aktif di Tiongkok yang membantu orang-orang kurang mampu. Ia adalah pendiri utama dan ikon Gerakan Warga Baru di Tiongkok. Pada Januari 2014, ia dihukum empat tahun penjara karena "mengumpulkan kerumunan untuk mengganggu tatanan masyarakat".[1] Ia ditahan lagi pada 15 Februari 2020, di kota setelah Guangzhou setelah dua bulan bersembunyi, karena ikut serta dalam pertemuan para aktivis dan pengacara HAM di Xiamen pada Desember 2019 yang membahas "peralihan demokratik di Tiongkok", dan menulis esai daring yang menyerukan agar Xi Jinping mundur atas penanganannya terhadap pandemi COVID-19 di Tiongkok.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "China court sentences Xu Zhiyong to four years in jail". BBC News. January 25, 2014. Diakses tanggal March 19, 2021. 
  2. ^ Xue, Xiaoshan (December 25, 2020). "China to Tighten Political Security Operations Targeting 'Potential' Dissent". Translated and edited by Luisetta Mudie. Radio Free Asia. Diakses tanggal March 19, 2021. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]