Xu Mu

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Nyonya Xu Mu (Hanzi: 許穆夫人; skt. abad ke-7 SM) merupakan seorang putri negara Wey yang menikah dengan Adipati Mu dari Xu (許穆公; Xu Mu Gong), penguasa Negara Xu. Ia merupakan penyair wanita pertama di dalam sejarah Tiongkok.

Kehidupan[sunting | sunting sumber]

Seorang putri dari negara Wey dengan nama marga Ji, ia menikah dengan Adipati Mu dari Xu dan dikenal sebagai Nyonya Xu Mu atau kadang-kadang Adipati Xu. Ketika Wey diserbu pada tahun 660 SM oleh orang-orang barbar di Utara, ia mencoba kembali ke negara asalnya dan meminta bantuan dari negara-negara lain di perjalanan. Namun para bangsawan dari Xu menyusulnya dan memaksanya kembali ke Xu. Meski begitu, permintaannya untuk bantuan berhasil, dan negara Qi menyelamatkan Wey dari krisisnya. Rakyat Wey mengingatnya karena membawa persediaan, mendapatkan bantuan militer dan membangun kembali negara. Ia menyusun puisi "Kereta yang cepat" (載馳; Zaichi) yang mengungkapkan kegelisahannya yang mendalam tentang takdir negara asalnya. Puisi ini dikumpulkan di dalam Puisi Klasik.[1]

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Bennet Peterson, Barbara (2000). Notable Women of China: Shang Dynasty to the Early Twentieth Century. M.E. Sharpe, Inc. hlm. 21. 

Sumber[sunting | sunting sumber]