Xiao'erjing

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Xiao'erjing

Sebuah kamus Tionghoa-Arab-Xiaoerjing dari masa-masa awal Republik Rakyat Tiongkok.
Hanzi tradisional: 小兒經
Hanzi sederhana: 小儿经
Makna harfiah: aksara anak-anak
Xiao'erjin
Hanzi tradisional: 小兒錦
Hanzi sederhana: 小儿锦
Sebuah buku berbahasa Arab mengenai ritual Islam, dengan terjemahan bahasa Tionghoa paralel dalam aksara Xiao'erjing, diterbitkan di Tashkent pada tahun 1899

Xiao'erjing atau Xiao'erjin atau Xiaor jin atau dalam bentuk singkatnya Xiaojing, secara harfiah berarti "aksara anak-anak" atau "aksara minor" (cf. "aksara orisinal" mengacu kepada aksara Persia-Arab orisinal, Hanzi sederhana: 本经; Hanzi tradisional: 本經; Pinyin: Běnjīng, Xiao'erjing: بٌکٍْ; bahasa Dungan: Бынҗин, Вьnⱬin), adalah praktik penulisan rumpun bahasa Tionghoa seperti Mandarin (khususnya dialek-dialek Lanyin, Zhongyuan, dan Timur Laut) atau bahasa Dungan dalam aksara Persia-Arab.[1][2][3][4] Aksara ini kadang-kadang digunakan oleh banyak etnis minoritas yang memeluk kepercayaan Islam di Tiongkok (terutama Hui, namun juga Dongxiang, dan Salar), dan sebelumnya oleh para keturunan Dungan mereka di Asia Tengah. Reformasi ortografi memperkenalkan aksara Latin dan kemudian aksara Kiril ke bahasa Dungan, yang terus digunakan saat ini.

Xiao'erjing ditulis dari kanan ke kiri, sebagaiman halnya dengan sistem penulisan lainnya yang menggunakan aksara Persia-Arab. Sistem penulisan Xiao'erjing tidak lazim di antara sistem penulisan berdasarkan aksara Arab dalam hal semua vokal, panjang dan pendek, secara eksplisit ditandai setiap saat dengan diakritik, tidak seperti beberapa penulisan berdasarkan bahasa Arab lainnya seperti aksara Arab Uighur yang menggunakan huruf penuh dan bukan diakritik untuk menandai vokal pendek. Hal ini menjadikannya sebuah abugida sejati. Kedua praktik ini bertentangan dengan praktik menghilangkan vokal pendek di sebagian besar bahasa-bahasa di mana aksara Arab telah digunakan (seperti Arab, Persia, dan Urdu). Hal ini mungkin disebabkan oleh sangat pentingnya vokal dalam suku kata bahasa Tionghoa.

Penamaan[sunting | sunting sumber]

Xiao'erjing tidak memiliki suatu nama tunggal dan standar. Di Shanxi, Hebei, Henan, Shandong, Shaanxi bagian timur, dan juga Beijing, Tianjin, dan provinsi-provinsi timur laut, aksara ini disebut sebagai "Xiǎo'érjīng", yang jika disingkat menjadi "Xiǎojīng" atau "Xiāojīng" ("Xiāo" yang disebut terakhir memiliki arti "untuk meninjau" di wilayah-wilayah tersebut di atas). Di Ningxia, Gansu, Mongolia Dalam, Qinghai, Shaanxi bagian barat, dan provinsi-provinsi barat laut, aksara ini disebut sebagai Xiǎo'érjǐn. Suku Dongxiang menyebutnya sebagai "aksara Dongxiang" atau "aksara Huihui"; suku Salar menyebutnya sebagai "aksara Salar"; suku Dungan di Asia Tengah menggunakan suatu variasi Xiao'erjing yang disebut "aksara Hui", sebelum memutuskan untuk mengganti aksara Arab dengan Latin dan Kiril. Menurut A. Kalimov, seorang ahli bahasa Dungan yang terkenal, suku Dungan di bekas Uni Soviet menyebut aksara ini щёҗин (şjoⱬin; 消經).

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Michael Dillon (1999). China's Muslim Hui community: migration, settlement and sects. Richmond: Curzon Press. hlm. 155. ISBN 0-7007-1026-4. Diakses tanggal 2010-06-28. 
  2. ^ Howard Yuen Fung Choy (2008). Remapping the past: fictions of history in Deng's China, 1979–1997. BRILL. hlm. 92. ISBN 90-04-16704-8. Diakses tanggal 2010-11-30. 
  3. ^ Daftar-i Muṭālaʻāt-i Siyāsī va Bayn al-Milalī (Iran) (2000). The Iranian journal of international affairs, Volume 12. Institute for Political and International Studies. hlm. 52. Diakses tanggal 2010-11-30. 
  4. ^ Centre for the Study of Religion and Communism (2003). Religion in communist lands, Volume 31. Centre for the Study of Religion and Communism. hlm. 13. Diakses tanggal 2010-11-30. 
  • A. Forke. Ein islamisches Tractat aus Turkistan // T’oung pao. Vol. VIII. 1907.
  • O.I. Zavyalova. Sino-Islamic language contacts along the Great Silk Road: Chinese texts written in Arabic Script // Chinese Studies (漢學研究). Taipei: 1999. № 1.
  • Xiaojing Qur'an (《小經古蘭》), Dongxiang County, Lingxia autonomous prefecture, Gansu, PRC, 1987.
  • Huijiao Bizun (Xiaojing) (《回教必遵(小經)》), Islam Book Publishers, Xi'an, Shaanxi, PRC, 1993, 154 pp, photocopied edition.
  • Muhammad Musa Abdulihakim. Islamic faith Q&A (《伊斯兰信仰问答》) 2nd ed. Beiguan Street Mosque, Xining, Qinghai, PRC, appendix contains a Xiao'erjing–Pinyin–Arabic comparison chart.
  • Feng Zenglie. Beginning Dissertation on Xiao'erjing: Introducing a phonetic writing system of the Arabic script adopted for Chinese in The Arab World (《阿拉伯世界》) Issue #1. 1982.
  • Chen Yuanlong. The Xiaojing writing system of the Dongxiang ethnicity in China's Dongxiang ethnicity (《中国东乡族》). People's Publishing House of Gansu. 1999.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]