Władysław IV Vasa

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Władysław IV Vasa
Lukisan Władysław IV karya Rubens
Raja Polandia
Haryapatih Lituania
Berkuasa8 November 1632 –
20 Mei 1648
Penobatan6 Februari 1633
PendahuluSigismund III Vasa
PenerusJan II Kazimierz
Tsar Seluruh Rusia
Berkuasa19 Juli 1610 –
21 Februari 1613
PendahuluVasili IV
PenerusMikhail I
Informasi pribadi
Kelahiran9 Juni 1595
Łobzów, di dekat Kraków, Polandia
Kematian20 Mei 1648(1648-05-20) (umur 52)
Merkinė, Persemakmuran Polandia-Lituania
Pemakaman
WangsaVasa
AyahSigismund III Vasa
IbuAnne dari Austria
PasanganCecilia Renata dari Austria
Marie Louise Gonzaga
AnakZygmunt Kazimierz
Maria Anna Isabella
Władysław Konstanty (tidak sah)
AgamaKatolik Roma
Tanda tanganWładysław IV Vasa

Władysław IV Vasa (bahasa Polandia: Władysław IV Waza; bahasa Rusia: Владислав IV Ваза, tr. Vladislav IV Vaza; bahasa Latin: Vladislaus IV Vasa atau Ladislaus IV Vasa; bahasa Lituania: Vladislovas Vaza; 9 Juni 1595 – 20 Mei 1648) adalah seorang pangeran Polandia dari Wangsa Vasa. Ia berkuasa sebagai Raja Polandia dan Haryapatih Lituania dari tanggal 8 November 1632 hingga kematiannya pada tahun 1648.

Władysław IV adalah anak kandung Sigismund III Vasa (Polandia: Zygmunt III Waza) dan istrinya, Anna dari Austria (juga dikenal dengan nama Anna dari Habsburg). Pada tahun 1610, Władysław yang masih remaja terpilih sebagai Tsar Rusia oleh Tujuh Boyar, tetapi ia tidak dapat naik tahta Rusia akibat penolakan dari ayahnya dan pemberontakan di Rusia. Meskipun begitu, ia menggunakan gelar Haryapatih Moskwa hingga tahun 1634.

Ia terpilih sebagai Raja Polandia pada tahun 1632. Władysław cukup berhasil mempertahankan perbatasan Persemakmuran Polandia-Lituania dari serangan musuh, terutama selama Perang Smolensk pada tahun 1632–34. Ia mendukung toleransi beragama dan melancarkan reformasi militer, seperti pendirian Angkatan Laut Persemakmuran. Ia juga menjadi termahsyur setelah mengalahkan Kesultanan Utsmaniyah, memperkuat wewenang raja, dan mereformasi Persemakmuran.

Ia meninggal tanpa penerus laki-laki yang sah dan digantikan oleh saudara tirinya, Jan II Kazimierz. Kematian Władysław mengakhiri periode kestabilan di Persemakmuran Polandia-Lituania, karena konflik dan ketegangan yang sudah memanas dalam beberapa dasawarsa terakhir mulai meletus, terutama pemberontakan Cossack terbesar - pemberontakan Khmelnytsky (1648) — dan serangan Swedia ("air bah", 1655–60).

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Catatan[sunting | sunting sumber]

a ^ After some discussions early on, he chose the title of elected Grand Duke of Moscow (electus Magnus Dux Moscoviae) rather than that of a tsar.[1]

b ^ Władysław had no children with his second wife, and his first wife bore him only two children (Maria Anna Izabela and Zygmunt Kazimierz), both of them died in their youth. He had at least one known illegitimate son, Władysław Konstanty Vasa, but he played no significant role in the Polish politics.[2]

c ^ The confusion stems from an undisambiguated use of the Polish medical term kamica in the cited reference work (Czapliński 1976).[3] Czapliński also mentions that Władysław suffered from ill health throughout his life, related to obesity, rheumatism and kidney issues.[4] There were months-long periods, particularly in 1635 and 1639, he could not walk.[4]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Władysław Czapliński, Władysław IV i jego czasy (Władysław IV and His Times). PW "Wiedza Poweszechna". Warszawa 1976, p. 55
  2. ^ Kajetan Kwiatkowski (1823). Dzieje narodu polskiego za panowania Władysława IV. krola polskiego i szweckiego. N. Glücksberg. hlm. 359. Diakses tanggal 24 June 2011. 
  3. ^ Władysław Czapliński, Władysław IV i jego czasy (Władysław IV and His Times). PW "Wiedza Poweszechna". Warszawa 1976, pp. 379–380
  4. ^ a b Władysław Czapliński, Władysław IV i jego czasy (Władysław IV and His Times). PW "Wiedza Poweszechna". Warszawa 1976, pp. 120–121

Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Czap64-71" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Czaplinski-102-118" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Czaplinski-11" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Czaplinski-121-122" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Czaplinski-122" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Czaplinski-122-123" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Czaplinski-123" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Czaplinski-124" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Czaplinski-125" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Czaplinski-128-133" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Czaplinski-138" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Czaplinski-169" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Czaplinski-170" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Czaplinski-171-176" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Czaplinski-179-180" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Czaplinski-18" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Czaplinski-183" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Czaplinski-183-184" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Czaplinski-185-186" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Czaplinski-186-187" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Czaplinski-187" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Czaplinski-19-21" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Czaplinski-190-191" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Czaplinski-193-194" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Czaplinski-196-197" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Czaplinski-200-201" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Czaplinski-202" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Czaplinski-205" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Czaplinski-205-208" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Czaplinski-208-211" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Czaplinski-211-212" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Czaplinski-213" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Czaplinski-214" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Czaplinski-214-215" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Czaplinski-217-218" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Czaplinski-218" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Czaplinski-219-220" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Czaplinski-22" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Czaplinski-222-223" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Czaplinski-224" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Czaplinski-225-228" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Czaplinski-229-233" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Czaplinski-23" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Czaplinski-240-258" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Czaplinski-272-274" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Czaplinski-291-292" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Czaplinski-323" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Czaplinski-324-326" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Czaplinski-327" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Czaplinski-329" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Czaplinski-330-333" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Czaplinski-333-335" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Czaplinski-336" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Czaplinski-336-337" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Czaplinski-337-342" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Czaplinski-347" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Czaplinski-348-349" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Czaplinski-348-352" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Czaplinski-353-356" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Czaplinski-357" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Czaplinski-359" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Czaplinski-360-361" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Czaplinski-366-368" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Czaplinski-374-378" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Czaplinski-379" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Czaplinski-384-385" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Czaplinski-52" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Czaplinski-56-59" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Czaplinski-63-66" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Czaplinski-69-70" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Czaplinski-70" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Czaplinski-74" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Czaplinski-80-81" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Czaplinski-84" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Czaplinski-88-89" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Czaplinski-89-90" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Czaplinski-95" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Gierowski" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "JanAlb" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Jasienica" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "RzeczMW" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "wladcy11" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "wladcy12a" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "wladcy12b" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "wladcy3" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "wladcy4" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "wladcy5" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "wladcy8" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.

Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "wladcy9" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.

Bacaan selanjutnya[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Władysław IV Vasa
Lahir: 9 Juni 1595 Meninggal: 20 Mei 1648
Gelar
Didahului oleh:
Sigismund III
Raja Polandia
Adipati Agung Lituania

1632–1648
Diteruskan oleh:
Jan II Kazimierz
— TITULER —
Raja Swedia
1632–1648
Didahului oleh:
Vasili IV
Tsar dan Pangeran Agung Seluruh Rusia
1610–1613
Diteruskan oleh:
Mikhail I